Menteri BUMN Erick Thohir (tengah) dan Pimpinan Komite II DPD Yorrys Raweyai (kanan) saat mengikuti Rapat Kerja dengan Komisi VII DPR di kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (29/11/2022). | Republika/Prayogi

Nasional

Drone Emprit: Ganjar-Erick Banyak Dibincangkan Publik

Nama Erick juga menempati posisi kedua tokoh yang paling banyak dibincangkan.

JAKARTA—Drone Emprit menemukan nama Menteri BUMN Erick Thohir menjadi salah satu tokoh yang paling banyak dibincangkan publik di media sosial. Bahkan, nama Erick juga banyak dijagokan warganet untuk maju dalam Pilpres 2024.

Berdasarkan temuan Drone Emprit, Erick menjadi salah satu tokoh yang paling banyak dibincangkan dengan nada positif, yaitu sebanyak 89 persen. Pendiri Drone Emprit, Ismail Fahmi, menuturkan, uniknya, percakapan tentang Ganjar Pranowo, hampir semua lekat dengan percakapan tentang Erick Thohir.

"Peta percakapan tentang Ganjar, hampir sepenuhnya lekat dengan percakapan tentang Erick Thohir," ujar Ismail Fahmi, dalam keterangan, Jumat (9/12).

Drone Emprit menemukan, rentang 1-30 November 2022, pergerakan tren yang tinggi ditemukan pada nama Erick Thohir. Hal ini terutama didorong aktivitas partisipasi BUMN dalam acara G20. Selain tu juga terkait dukungan-dukungan agar Erick Thohir berkompetisi pada Pilpres 2024.

Ismail menyebut, Erick Thohir berada di posisi ketiga tokoh yang paling banyak dibincangkan dengan 197.050 mention di media sosial. Nama Erick menyusul nama tokoh lain seperti mantan gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan 745.501 mention dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 389.787 mention.

Nama Erick juga menempati posisi kedua tokoh yang paling banyak dibincangkan dengan nama positif dengan 89 persen. Nama Erick Thohir terpaut tidak jauh dari posisi pertama, Muhaimin Iskandar, dengan 94 persen.

"Posisi kedua diraih Erick Thohir dengan 89 persen positif dan Airlangga Hartarto di posisi ketiga dengan 84 persen positif," kata dia.

Pembahasan tentang Erick Thohir dinilai sangat fluktuatif. Kenaikan signifikan terjadi pada enam kesempatan dengan total mention pada enam hari tersebut lebih dari 8.000 mention. Dukungan Pertamina untuk acara-acara G20 memberi dampak.

Itu jadi pendorong utama tinggi pembahasan Erick Thohir pada 15 November atau puncak pembahasan selama November. Dukungan untuk maju pada pilpres mendatang terlihat tinggi pada 10-11 November, dipicu pujian dari petinggi-petinggi PAN.

"Erick Thohir dipercaya mampu membawa kemajuan bagi bangsa dan negara Indonesia, sukses ciptakan dampak positif besar pada penguatan ekonomi dan semakin diminati oleh masyarakat," tulis Ismail Fahmi, Jumat (9/12).

Di medan pertempuran antara pendukung, ada klaster-klaster yang beririsan erat. Interaksi lebih natural terjadi, klasternya relatif tidak eksklusif menyendiri. Pendukung Erich-Ganjar bersatu, head to head dengan pendukung Anies-AHY.

Di sela-sela tektokan antara kedua klaster besar Erick-Ganjar vs Anies-AHY, tampak pendukung Puan Maharani, Prabowo Subianto, Ridwan Kamil dan Susi Pudjiastuti. Percakapan tentang Airlangga dibangun oleh klaster sendiri.

"Erick-Ganjar selain memiliki klaster dalam battle ground, juga memiliki klaster sendiri yang terpisah untuk mengangkat percakapan secara positif," tulis Ismail. 

Sebelumnya, hasil survei nasional Poltracking Indonesia pada Kamis (8/12) mencatat tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Erick mencapai 59,4 persen atau tertinggi kedua setelah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Pengamat dari Pusat Studi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Syamsul Anam menilai persepsi positif masyarakat tidak lepas dari sejumlah gebrakan yang dilakukan mantan Presiden Inter Milan tersebut di BUMN.

"Keberpihakan BUMN dalam ikut mendorong bangkitnya UMKM dan merangsang penyediaan lapangan kerja adalah langkah besar di tengah keraguan publik atas performa BUMN," ujar Syamsul, Jumat (9/12).

Dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, BUMN telah menciptakan lapangan kerja bagi 45 juta orang, antara lain melalui program BRI sebanyak 32,7 juta orang, dan lapangan kerja melalui program PNM Mekar bagi 13 juta orang, serta ada 160 ribu petani yang terlibat dalam program Makmur. 

Luis Enrique Bakal Tinggalkan Tim Matador

Spanyol tidak tampil menjanjikan saat Piala Dunia 2022 Qatar berlangsung.

SELENGKAPNYA

Kroasia tak Gentar

Kroasia siap menghadapi permainan menyerang tim Samba.

SELENGKAPNYA

Ombudsman: Impor Beras Harus Sesuai Aturan

Pemerintah perlu memperhatikan penetapan waktu impor agar tak merugikan petani.  

SELENGKAPNYA