Kereta Blambangan.Ekspres | Instagram/krd9jr

Ekonomi

Kereta Pertama dari Ketapang Hingga Semarang

KAI terus berinovasi dengan menghadirkan kereta api relasi baru untuk mempermudah konektivitas masyarakat.

 

 

PT Kereta Api Indonesia (Persero) meresmikan peluncuran kereta api baru, yakni KA Blambangan Ekspres rute Ketapang-Semarang Tawang. KA ini diharapkan dapat mendongkrak sektor pariwisata di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. 

Penamaan KA Blambangan Ekspres terinspirasi dari nama salah satu nama kerajaan yang pernah berkuasa di ujung timur Jawa, yakni Kerajaan Blambangan di Semenanjung Blambangan, Banyuwangi. 

Kerajaan Blambangan berdiri di akhir masa Kerajaan Majapahit yakni pada abad ke-13 Masehi hingga abad ke-18 Masehi. KAI berharap, KA Blambangan Ekspres akan besar dan berjaya seperti kerajaan tersebut. 

Peresmian pemberangkatan perdana KA Blambangan Ekspres dilakukan oleh Vice President KAI Daerah Operasi 9 Jember Broer Rizal dan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani di Stasiun Ketapang, Banyuwangi, Jumat (3/12) malam. 

"KAI terus berinovasi dengan menghadirkan kereta api relasi baru untuk mempermudah konektivitas masyarakat dari arah Ketapang menuju Surabaya hingga Semarang dan sebaliknya," kata Broer Rizal, akhir pekan lalu. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Komunitas Railfans Daop 9 Jember (krd9jr)

Menurutnya, perjalanan KA Blambangan Ekspres ditujukan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dengan makin banyak rute yang dilayani kereta api. Karena selama ini belum ada perjalanan kereta api yang menghubungkan Banyuwangi dengan Semarang secara langsung. 

"KA Blambangan Ekspres juga diharapkan dapat memberikan dampak positif di sektor pariwisata bagi Kabupaten Banyuwangi serta daerah-daerah lain yang dilalui," kata Broer Rizal. 

Ia mengatakan, hadirnya KA Blambangan Ekspres akan memberikan kemudahan bagi masyarakat ke destinasi wisata di Banyuwangi. Seperti Kawah Ijen, Pantai Boom, Jawatan Benculuk, Alas Purwo, Taman Nasional Baluran, dan lain-lain. 

KA Blambangan Ekspres diberangkatkan dari Stasiun Ketapang Banyuwangi pada pukul 19.30 WIB dan tiba di Stasiun Semarang Tawang pukul 05.44 WIB. Sedangkan, pemberangkatan dari Stasiun Semarang Tawang pada pukul 18.05 WIB dan tiba di Stasiun Ketapang pukul 04.40 WIB. 

Tiket KA Blambangan Ekspres dapat dibeli masyarakat dengan harga murah. Sebab, selama keberangkatan pada 2-18 Desember 2022, KAI memberikan diskon untuk kuota terbatas. 

Tarif tiket promo tersebut untuk kelas eksekutif hanya Rp 250 ribu dan kelas ekonomi hanya Rp 150 ribu. Pelanggan dapat membeli tiket promo itu melalui KAI Access, laman kai.id, dan seluruh kanal resmi penjualan tiket KAI lainnya.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, KAI menghadirkan KA Blambangan Ekspres untuk mempermudah masyarakat dari arah Semarang menuju Jember hingga Ketapang. KA Blambangan Ekspres merupakan KA pertama yang dioperasikan dari wilayah Semarang, Cepu menuju ke wilayah Jember, Banyuwangi, hingga Ketapang ataupun sebaliknya. 

"Hadirnya KA ini akan memberikan kemudahan kepada masyarakat yang ingin bepergian ke wilayah tersebut dengan transportasi yang aman, sehat, nyaman, dan tepat waktu," kata Joni. 

Adapun KA Blambangan Ekspres terdiri atas empat kereta eksekutif dan tiga kereta ekonomi dengan total 440 tempat duduk dalam sekali perjalanan. Pada tahap awal, KA Blambangan Ekspres akan beroperasi pada tanggal 2, 3, 4, 9, 10, 11, 16, 17, 18, dan 22 hingga 31 Desember 2022.

Pembatasan BBM Subsidi Ditunda

Pemerintah belum lagi melanjutkan rencana pembatasan konsumsi BBM bersubsidi, yaitu Pertalite.

SELENGKAPNYA

Samba Waspada Korea

Selecao mengantongi enam kemenangan dari tujuh laga persahabatan kontra Korsel.

SELENGKAPNYA

Konferensi Zakat Indonesia Hasilkan Lima Rekomendasi

Konferensi Zakat Indonesia tahun 2022 bertujuan menjadi wadah bagi para praktisi, akademisi, dan profesional.

SELENGKAPNYA