Penjual mengabil baguette di salah satu toko roti di Paris, Senin (23/3/2022). | AP Photo/Michel Euler

Kisah Mancanegara

Roti Prancis Baguette Tercatat di UNESCO

Keputusan itu dibuat untuk menghormati lebih dari sekadar roti.

OLEH DWINA AGUSTIN

Baguette, ikon roti Prancis di seluruh dunia, telah ditambahkan ke daftar warisan budaya takbenda UNESCO. Artikel Associated Press edisi Rabu (30/11) menuliskan, makanan ini dinilai sebagai tradisi berharga yang harus dilestarikan oleh umat manusia.

Para pakar UNESCO yang berkumpul di Maroko pekan ini memutuskan bahwa roti panjang yang hanya terbuat dari tepung, air, garam, dan ragi ini layak mendapatkan pengakuan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Langkah ini diambil setelah Kementerian Kebudayaan Prancis memperingatkan tentang penurunan terus-menerus dalam jumlah toko roti tradisional, dengan sekitar 400 toko tutup setiap tahun selama setengah abad terakhir.

Kepala badan kebudayaan di PBB Audrey Azoulay mengatakan, keputusan itu dibuat untuk menghormati lebih dari sekadar roti. Penetapan itu mengakui para pengrajin pembuat roti dan ritual harian di Prancis.

UNESCO mendefinisikan warisan budaya takbenda sebagai tradisi atau ekspresi hidup yang diwariskan dari nenek moyang dan diwariskan kepada keturunannya. "Penting agar pengetahuan kerajinan dan praktik sosial semacam itu dapat terus ada di masa depan," ujar mantan menteri kebudayaan Prancis itu merujuk kepada keberadaan baguette.

photo
Penjual mengabil baguette di salah satu toko roti di Paris, Senin (23/3/2022). - (AP Photo/Michel Euler)

Dengan status baru bagi roti tersebut, Pemerintah Prancis mengatakan, akan membuat hari baguette yang disebut "Open Bakehouse Day". Acara ini untuk menciptakan ikatan antara warga Prancis dan warisan negara mereka.

Pembuat roti pun tampak bangga, meski tidak terkejut. "Tentu harus ada dalam daftar karena baguette melambangkan dunia. Ini universal," kata tukang roti di Julien's Bakery dekat jalan Champs-Elysees di Paris, Asma Farhat.

"Jika tidak ada baguette, Anda tidak bisa mendapatkan makanan yang layak. Di pagi hari Anda bisa memanggangnya, untuk makan siang menjadi sandwich, dan juga untuk menemani makan malam," ujarnya.

Meskipun tampak seperti produk klasik Prancis, baguette dikatakan telah ditemukan oleh pembuat roti kelahiran Wina, August Zang, pada 1839. Zang menggunakan oven uap Prancis, sehingga memungkinkan untuk menghasilkan roti dengan atasan yang renyah dengan bagian dalam yang lembut.

photo
Baguette yang baru dipanggang dijual di salah satu toko roti di Paris, Prancis. - (EPA-EFE/IAN LANGSDON)

Pamor baguette tidak langsung moncer. Lalu muncul pada 1920-an muncul undang-undang Prancis yang mencegah pembuat roti bekerja sebelum pukul 04.00 pagi. Bentuk baguette yang panjang dan tipis berarti dapat dibuat lebih cepat daripada roti lainnya, sehingga itu satu-satunya roti yang bisa disajikan tepat waktu untuk sarapan.

Terlepas dari penurunan jumlah toko roti tradisional saat ini, 67 juta orang Prancis masih tetap menjadi konsumen utama baguette. Roti ini dapat dibeli di berbagai titik penjualan, termasuk di supermarket. Masalahnya, kata para pengamat, seringkali kualitasnya buruk.

"Sangat mudah mendapatkan baguette jelek di Prancis. Ini adalah baguette tradisional dari toko roti tradisional yang dalam bahaya. Ini tentang kualitas bukan kuantitas,” kata seorang warga Paris, Marine Fourchier.

Pada Januari, jaringan supermarket Prancis Leclerc dikritik oleh pembuat roti dan petani tradisional. Alasannya, mereka menjual baguette seharga 29 sen euro, namun kurang berkualitas. Sebuah baguette biasanya berharga lebih dari 90 sen euro.

Baguette memang bisnis yang serius. Sebuah lembaga terhormat yang mengikuti dengan cermat sejarah baguette Bread Observatory Prancis mencatat, bahwa orang Prancis mengunyah 320 baguette dalam berbagai bentuk setiap detik. Jumlah tersebut menunjukan rata-rata setengah baguette per orang per hari dan 10 miliar setiap tahun. 

Kripto, Alat Bayar atau Komoditas?

Kripto merupakan alat bayar atau komoditas bergantung pada putusan otoritas fatwa dan regulator.

SELENGKAPNYA

Adu Strategi Hadapi Resesi

Ekonomi digital diharapkan bisa menjadi tumpuan berbagai sektor lain di tengah resesi.

SELENGKAPNYA

Tingkatkan Investasi, Piaggio Resmikan Pabrik

Piaggio Group berkomitmen untuk terus menghadirkan pengalaman mobilitas premium ala Italia yang unik di Asia.

SELENGKAPNYA