Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (tengah), mengikuti peluncuran Lembaga Saksi Pemenangan Nasional DPP PKB di Kantor DPP PKB, Jakarta, Senin (21/11/2022). | ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Nasional

Survei: Persaingan Elektabilitas Parpol di Jatim Ketat

PKB masih berada di posiai teratas dengan raihan elektabilitas 17,8 persen.

SURABAYA -- Survei yang dilakukan Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) menunjukkan persaingan elektabilitas partai politik di Jawa Timur berjalan ketat, menjelang Pemilu 2024. PKB masih berada di posiai teratas dengan raihan elektabilitas 17,8 persen.

"PKB masih teratas, tetapi angkanya belum aman. PDIP kedua, selisihnya nggak begitu jauh," kata Direktur ARCI Baihaqi Siraijt di Surabaya, Rabu (30/11).

Baihaqi melanjutkan, di posisi ke tiga ada Gerindra dengan elektabilitas yang selisihnya juga tidak terlalu jauh. Elektabilitas Gerindra berada di angka 13,9 persen.

Peta elektabilitas parpol di luar tiga besar juga mulai bergeliat. Tergambar dari elektabilitas Golkar yang mulai memangkas jarak dengan PKB, PDIP, dan Gerindra, dengan raihan 12,6 persen.

photo
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyampaikan pidato dalam acara PKB Road To Election 2024 di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Ahad (30/10/2022). - (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

"Golkar mulai menunjukkan progres. Mungkin efek Ketua Golkar Jatim Sarmuji yang rajin turun ke daerah-daerah mulai membuahkan hasil," ujarnya.

Baihaqi melanjutkan, pada survei ARCI yang dilakukan Agustus 2022, elektabilitas Golkar di Jawa Timur masih 10,2 persen. Artinya dalam tiga bulan mengalami kenaikkan lebih dari dua persen.

Di posisi kelima ada Demokrat dengan elektabilitas 11,4 persen. Di luar itu, partai-partai seperti PPP, PKS, PAN, Nasdem, elektabilitasnya di Jatim tidak sampai 5 persen.

Persaingan parpol di Jatim sangat dinamis, khususnya untuk memperebutkan posisi tiga besar. Menurut Baihaqi, belum ada partai di jajaran tiga besar yang aman, termasuk PKB di posisi teratas. Itu tak lain karena selisihnya yang terbilang tipis dengan para pesaingnya.

Survei ARCI dilakukan pada 10 November hingga 20 November 2022. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 1.200 responden, dan angka margin of error di kisaran 2,8 persen.

Jika di Jatim PKB menjadi parpol dengan elektabilitas tertinggi, berdasarkan survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang dirilis pekan lalu menunjukkan, PKB hanya meraih elektabilitas 5,6 persen di tingkat nasional. Berdasarkan survei SMRC, hanya PDIP partai yang mengalami penguatan angka elektabilitas.

" PDIP menjadi satu-satunya partai yang mengalami penguatan dibanding hasil Pemilu 2019, bergerak dari 19,3 persen menjadi 25,6 persen," kata Direktur Riset SMRC, Deni Irvani. 

Elektabilitas parpol di Jatim:

1. PKB 17,8 persen

2. PDI Perjuangan 14,1 persen

3. Gerindra 13,9 persen

4. Golkar 12,6 persen

5. Demokrat 11,4 persen

6. Nasdem 4,2 persen

7. PPP 3,8 persen

8. PKS 3,5 persen

9.Perindo 3,2 persen

10. PAN 2,1 persen

11. PSI 1,2 persen

Tidak menjawab/tidak mengetahui: 12,2 persen

Sumber: ARCI

Pedagang: Pasokan Beras Menurun

Mentan optimistis produksi beras lokal tetap mencukupi kebutuhan dalam negeri.

SELENGKAPNYA

Erick: Jangan Tergesa Pensiunkan PLTU

Tantangan pengembangan pembangkit EBT di Indonesia adalah investasi yang mahal

SELENGKAPNYA

LKPP Bekukan 14 Ribu Produk Impor

Pembekuan itu dilakukan demi melindungi produk lokal.

SELENGKAPNYA