Pondok Pesantren an-Nur Darunnajah 8 | Dok Pesantren an-Nur Darunnajah 8

Muhibah

Bentuk Santri Lewat Kurikulum Tersembunyi

Pendidikan di Ponpes an-Nur Darunnajah 8 merujuk kepada kearifan Islam.

OLEH IMAS DAMAYANTI

Pondok Pesantren an-Nur Darunnajah 8 Cidokom, Gunung Sindur, Bogor, merupakan referensi sekolah Islam yang menjadi rujukan banyak orang. Betapa tidak, sekolah ini menerapkan 100 persen visi agama dan 100 persen visi pendidikan umum. 

Dalam hal sistem pendidikan, Ponpes an-Nur Darunnajah 8 Cidokom, Gunung Sindur, Bogor, menerapkan sistem satuan pendidikan muadalah mu'allimin, dengan nama Tarbiyatul Mu'allimin/Mu'allimat Al Islamiyah (TMI).

“Adapun kurikulum yang digunakan sebagaimana kurikulum yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta dan Pondok Modern Darussalam Gontor,” kata Perwakilan Ponpes an-Nur Darunnajah 8 Ustaz Towil Akhirudin kepada Republika, Selasa (29/11).

photo
Pondok Pesantren an-Nur Darunnajah 8 - (Dok Pesantren an-Nur Darunnajah 8)

Jenjang pendidikan di pesantren ini berlangsung selama enam tahun untuk santri tamatan SD/MI. Terdiri dari jenjang wustha (setingkat dengan SMP/MTs) dan jenjang ulya (setingkat dengan SMA/MA). Serta empat tahun untuk santri tamatan SMP/MTs.

Pesantren an-Nur Darunnajah 8 Cidokom juga memiliki pendidikan dasar, yaitu SDI Darunnajah 8. Ustaz Towil mengatakan, visi pesantren ini mencetak manusia yang mutafaqqih fiddin untuk menjadi kader pemimpin umat/bangsa.

Tak hanya itu, ponpes ini juga mendidik kader umat dan bangsa, membekali mereka dengan ilmu agama. Kader tersebut meliputi ulama, zuama, aghniya, cendekiawan Muslim yang bertakwa, berakhlak mulia, berpengetahuan, jasmani yang sehat, terampil, dan ulet.

 
Dalam aspek pendidikan dan pengajaran, kita mempertahankan berbagai tradisi peninggalan ulama.
USTAZ TOWIL AKHIRUDIN Pengasuh Pesantren An-Nur Darunnajah 8
 

Beranjak dari kebesaran nama Darunnajah sebagai pesantren ternama di Indonesia, Ustaz Towil menceritakan, pendidikan pesantren ini adalah pendidikan yang bernyawa, yang tak sekadar membekali anak dengan pengetahuan rasional, tapi juga bekal rohani berupa ibadah dan doa. Pendidikan yang bertumpu pada proses yang baik dan matang. “Walau dalam aspek pendidikan dan pengajaran, kita mempertahankan berbagai tradisi peninggalan ulama,” kata dia.

Menurut dia, pendidikan di Ponpes an-Nur Darunnajah 8 merujuk kepada kearifan Islam, berkenaan dengan Alquran, dan sunah. Bisa dikatakan sebagai pengajaran studi Islam. Sehingga, pola pendidikan yang ditawarkan tidak hanya pada aspek kognitif, tapi juga afektif dan psikomotoriknya.“Desain kurikulum akademiknya pun unik, berbeda dengan kurikulum akademik pada umumnya. Pengetahuan Islam 100 persen dan pengetahuan umum 100 persen,” kata Ustaz Towil.

 
Desain kurikulum akademiknya pun unik.
USTAZ TOWIL AKHIRUDIN Pengasuh Pesantren An-Nur Darunnajah 8
 

Kurikulum tersebut, kata dia, termasuk mengasah keterampilan teknis (hard skill), dan keterampilan lunak seperti kepemimpinan, dan lain-lain. Yang khas dalam sistem pendidikan Pesantren an-Nur Darunnajah 8 dan menjadi keunggulannya, kata dia, justru berada di kurikulum tersembunyi (hidden curriculum).

Kurikulum yang dalam rangka pembentukan pola hidup, pola pikir, kepribadian dan mentalitas santri sesuai dengan tahapan perkembangan anak. Mulai dari kegiatan shalat berjamaahnya sebagai inti pendidikannya dan kegiatan lainnya.

Harapannya, dengan menjiwai kegiatan tersebut, ditambah ilmu pengetahuan, mereka menjadi insan berakhlak mulia. Dengan perangai yang menyejukkan hati, mereka menguatkan persatuan dan menjaga keutuhan bangsa.

Pondok Pesantren an-Nur Darunnajah 8 Cidokom berawal dari wakaf atas nama (alm) Muhammad Yusuf Gayo seluas 2,5 hektare pada 2006. Kemudian, wakaf tersebut, kata Ustaz Towil, berkembang hingga saat ini mencapai 14 hektare. 

PROFIL

Nama sekolah: Ponpes An-Nur Darunnajah 8

Alamat: Jln. Intan 1 No. 50 Desa Cidokom, Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat, 16430.

Prestasi: Juara umum silat Tapak Suci I Depok Open International Championship, juara umum silat Tapak Suci tiga tingkat umur remaja di Kampung Silat Jampang Championsip, juara umum silat kejuaraan daerah se-Kabupaten Bogor, juara umum silat Tapak Suci invitasi dan seleksi se-Kota Depok, juara II Darunnajah Open

Jumlah guru: Berdasarkan data awal tahun ajaran baru 2022/2023 bahwa jumlah guru adalah 127 yang terdiri atas 64 ustaz dan 63 ustazah.

Jumlah murid: Jumlah santri 1.324, terdiri atas 665 santri putra, dan 659 santri putri.

Uang pangkal: Berkenaan dengan biaya masuk bagi santri baru sejumlah Rp 9.302.000

Uang SPP: Rp 850 ribu

Nasyiatul Aisyiyah Dorong Wanita Berperan Strategis

Memajukan perempuan bukan berarti perempuan mengalami ketertinggalan.

SELENGKAPNYA

Adab-Adab Nobar Piala Dunia

Dengan adab itu, Muslim bisa menyaksikan nobar Piala Dunia, tetapi dalam koridor tuntunan syariah.

SELENGKAPNYA

Stok Kedelai Menipis, Harga Tahu dan Tempe Melonjak

Masalah tingginya harga kedelai saat ini dikatakan menjadi perhatian serius pemerintah.

SELENGKAPNYA