Argentina | AP Photo/Ariel Schalit

Piala Dunia

Pertarungan Sesungguhnya Buat Albiceleste

Lionel Messi menegaskan Piala Dunia 2022 sesungguhnya baru dimulai untuk Argentina.

DOHA -- Babak penyisihan Grup C menyajikan kejutan pertama di Piala Dunia 2022, tepatnya saat Arab Saudi membungkam Argentina, 2-1, awal pekan lalu. Tiga laga telah berlalu sejak kejutan di Stadion Lusail tersebut.

Wajah persaingan di Grup C mulai terbentuk. Polandia memimpin klasemen sementara dengan koleksi empat poin, diikuti Argentina di peringkat kedua, Arab Saudi dan Meksiko di peringkat ketiga dan keempat secara beruntun.

Namun, sorotan terbesar di putaran terakhir Grup C tentu saja tertuju ke Argentina, terlebih usai kegagalan memetik poin pada laga pembuka Grup C. Lionel Messi dan kawan-kawan dijadwalkan menghadapi Polandia pada laga pamungkas Grup C, yang bakal digelar di Stadion 974, Doha, Kamis (1/12) dini hari WIB.

photo
Pelatih Kepala Polandia Czeslaw Michniewicz (EPA-EFE/Leszek Szymanski )



Kemenangan 2-0 atas Meksiko pada laga kedua membuat tim besutan Lionel Scaloni itu bisa sedikit bernapas terkait menjaga peluang lolos ke babak 16 besar. Berada di peringkat kedua dan terpaut satu poin dari Polandia, Argentina bisa melaju ke babak 16 besar sebagai juara Grup C via kemenangan dalam laga ini.

Albiceleste masih bisa lolos apabila gagal memetik poin penuh pada partai ini. Namun, hal itu harus diiringi dengan kegagalan Arab Saudi memetik poin kala berduel dengan Meksiko dalam laga lainnya. Skenario ini yang sepertinya ingin dihindari Albiceleste.

 
Kami tidak bisa menyerah sekarang.
LIONEL MESSI
 

Bintang timnas Argentina, Lionel Messi, pun menegaskan, Piala Dunia 2022 baru dimulai bagi Argentina. ''Kami tidak bisa menyerah sekarang. Kami masih harus menjalani satu partai final lagi, dan kami tidak boleh membuat satu pun kesalahan lagi,'' ujar Messi, yang menyumbang satu gol dan satu assist dalam laga kontra Meksiko, seperti dilansir Reuters, Selasa (29/11).

Dengan begitu, meski bisa masih melaju ke babak 16 besar dengan hasil imbang, Argentina akan menatap laga kontra Polandia dengan target kemenangan. Raihan tiga angka seolah menjadi opsi terakhir dan satu-satunya yang dimiliki Albiceleste pada laga ini.

Meski difavoritkan untuk bisa melewati adangan Polandia, Argentina tentu tidak akan melenggang begitu saja. Pelatih timnas Argentina, Lionel Scaloni, sadar dengan tantangan ini.

''Polandia adalah tim yang sulit untuk dikalahkan. Setiap tim seolah menerapkan gaya permainan berbeda setiap menghadapi Argentina. Tidak hanya karena kehadiran Messi, tapi juga untuk pemain lain. Satu hal yang paling penting, kami harus bisa menjaga keseimbangan permainan,'' kata Scaloni.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Selección Argentina (@afaseleccion)



Polandia juga memiliki motivasi lain. Tim berjuluk the Orly itu memiliki kesempatan terbesar untuk bisa tampil dalam babak 16 besar Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak Piala Dunia 1986. Kesempatan ini tentu tidak ingin dilewatkan oleh Robert Lewandowski dan kawan-kawan.

Selain itu, Polandia punya modal lain. Polandia menjadi satu dari dua tim dalam babak penyisihan grup Piala Dunia 2022 yang belum kebobolan. Secara keseluruhan, Polandia telah mencatatkan clean sheet di empat laga terakhir pada semua ajang. Bisa menahan imbang Argentina dalam laga ini, Polandia berhak melaju ke babak 16 besar.

Kendati begitu, pelatih Polandia, Czeslaw Michniewicz, menegaskan, membidik hasil imbang saat menghadapi tim sekelas Argentina justru menjadi blunder tersendiri.''Mereka adalah kandidat terkuat juara dunia. Pertahanan memang penting, tapi kami juga ingin mencetak gol. Kami pasti memiliki momen itu pada laga menghadapi mereka,'' ujar Michniewicz kepada Inertia, Selasa (29/11).

 
Pertahanan memang penting, tapi kami juga ingin mencetak gol.
CZESLAW MICHNIEWICZ Pelatih Polandia
 


Menghadapi Argentina, kata Michniewicz, Polandia harus siap di semua elemen permainan. Mulai dari tekanan terhadap lawan, posisi bermain saat menyerang, hingga aspek kecepatan dalam serangan balik.

''Ini seperti pertandingan tinju kelas dunia. Anda mungkin bisa sedikit berbaring, tapi Anda harus bisa bangkit dan melepaskan pukulan,'' tutur pelatih berusia 52 tahun itu.

Michniewicz kemungkinan besar tidak mengubah starting line-up Polandia pada laga ini. Arkadiusz Milik digadang-gadang kembali menjadi tandem Lewandowski di lini serang. Di sisi lain, Lionel Scaloni sepertinya akan kembali menurunkan Lisandro Martinez di jantung pertahanan, berduet dengan Nicolas Otamendi.

 

Namun, perubahan bisa dilakukan Scaloni di sisi bek sayap, baik bek kiri maupun bek kanan. Nicolas Tagliafico dan Nahuel Molina dikabarkan akan dipercaya menempati posisi bek kanan dan bek kiri.


Prediksi Susunan Pemain

 

Polandia

 

Pelatih: Czeslaw Michniewicz

Kiper: Szczesny

Belakang: Cash, Glik, Kiwior, Bereszynski

Tengah: Zielinski, Bielik, Krychowiak, Frankowski

Depan: Milik, Lewandowski

 

Argentina

 

Pelatih: Lionel Scaloni

Kiper: E Martinez

Belakang: Molina, Otamendi, Li. Martinez, Tagliafico

Tengah: Fernandez, Paredes, De Paul

Depan: Messi, La. Martinez, Di Maria

 

Pedagang: Pasokan Beras Menurun

Mentan optimistis produksi beras lokal tetap mencukupi kebutuhan dalam negeri.

SELENGKAPNYA

Bank Muamalat Targetkan Aset Rp 100 Triliun

Ekosistem haji dan umrah akan menjadi fokus utama, baik dari sisi pembiayaan maupun pendanaan.

SELENGKAPNYA

'Tuntaskan Persoalan Istithaah Haji'

Muzakarah Perhajian diharapkan menghasilkan konsep istithaah berkeadilan.

SELENGKAPNYA