Karyawan melayani nasabah di kantor pusat Bank Muamalat, Jakarta, Jumat (5/2). PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. terus meningkatkan layanan berbasis digital sebagai bentuk adaptasi terhadap kebutuhan nasabah. Baru-baru ini Bank Muamalat meluncurkan fitur te | Prayogi/Republika.

Ekonomi

Bank Muamalat Targetkan Aset Rp 100 Triliun

Ekosistem haji dan umrah akan menjadi fokus utama, baik dari sisi pembiayaan maupun pendanaan.

JAKARTA -- PT Bank Muamalat Indonesia Tbk menargetkan aset mencapai Rp 100 triliun dan menembus 10 besar bank nasional. Direktur Pembiayaan Bank Muamalat Hery Syafril menyampaikan, target tersebut menjadi rencana jangka panjang.

"Berdasarkan arahan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), insya Allah kita akan kembali masuk jajaran top 10 bank nasional dengan total size Rp 100 triliun," kata Hery setelah RUPSLB Bank Muamalat di Muamalat Tower, Jakarta, Selasa (29/11).

Menurut dia, opsi meningkatkan aset tersebut dapat dilakukan dengan kombinasi pertumbuhan organik dan anorganik. Saat ini, pendekatan anorganik belum diputuskan. Akan tetapi, Muamalat dapat melakukannya dengan mengambil alih atau membeli aset bank lain.

photo
Direktur Utama PT Bank Muamalat Indonesia Tbk Achmad K. Permana (tengah), Direktur Keuangan PT Bank Muamalat Indonesia Tbk Hery Syafril dan Head of Digital Banking PT Bank Muamalat Indonesia Tbk Marjuki (dari kiri). Tahta Aidilla/Republika - (Tahta Aidilla/Republika)

Saat ini, aset Muamalat tercatat sekitar Rp 60 triliun. Ekosistem haji dan umrah akan menjadi fokus utama, baik dari sisi pembiayaan maupun pendanaan. Untuk pembiayaan, Muamalat masih akan menggarap sektor ritel dan wholesale. "Kita akan kombinasikan ritel dan wholesale karena tidak bisa menafikan salah satunya," katanya.

 
Kita akan kombinasikan ritel dan wholesale karena tidak bisa menafikan salah satunya.
HERY SYAFRIL Direktur Pembiayaan Bank Muamalat
 

Sementara itu, untuk pendanaan, Muamalat juga akan berfokus memperbesar porsi dana murah. CASA akan ditargetkan ke level 60-70 persen agar bisa memberikan pembiayaan yang kompetitif. 

Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Muamalat telah menyetujui perubahan susunan pengurus perseroan dan persetujuan perubahan anggaran dasar perseroan. Kepala Badan Pelaksana Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) Fadlul Imansyah mengatakan, dalam agenda yang pertama rapat menyetujui permohonan pengunduran diri Purnomo B Soetadi yang sebelumnya menjabat sebagai direktur bisnis ritel.

"RUPSLB juga menyetujui pengangkatan Indra Falatehan sebagai direktur utama yang baru menggantikan Achmad K Permana," katanya. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Bank Muamalat (@bank.muamalat)

Sebelumnya, Indra Falatehan pernah menjabat direktur utama KB Bukopin Syariah dan direktur utama BJB Syariah. BPKH juga menunjuk komisaris utama baru, yakni Mardiasmo untuk menggantikan Iggi H Achsien. Mardiasmo adalah wakil menteri Keuangan pada periode 2014-2019. Ia juga merupakan ketua Panitia Seleksi Pemilihan Anggota Badan Pelaksana BPKH. 

Susunan direksi dan komisaris yang baru diharapkan dapat lebih memaksimalkan potensi Muamalat ke depan. Jajaran baru itu akan membuat panduan yang lebih jelas untuk mencapai target-target bisnis dengan dukungan penuh dari BPKH.

 
BPKH dapat menjadi door opener bagi potensi dan peluang yang bisa diraih Bank Muamalat.
ACHMAD KUSNA PERMANA Mantan Direktur Utama Bank Muamalat
 

Mantan direktur utama Bank Muamalat Achmad Kusna Permana menyampaikan, BPKH harus mendukung penuh perseroan ke depan untuk dapat memaksimalkan potensinya. Contohnya, dengan meningkatkan rating Bank Muamalat menjadi AAA dari saat ini idA+. "BPKH dapat menjadi door opener bagi potensi dan peluang yang bisa diraih Bank Muamalat," katanya.

Dengan meningkatkan peringkat utang, dana-dana murah akan masuk dan membawa keuntungan bagi BPKH dan jamaah haji Indonesia. Permana memastikan transfer kepemimpinan berjalan dengan lancar. Ia akan mendedikasikan satu bulan ke depan untuk proses transfer dan transisi kepada direksi baru. 

Mantan komisaris utama Bank Muamalat Iggi H Achsien juga mengucapkan selamat kepada pengurus baru. "Semoga bisa menjalankan amanah dengan baik dan membuat Bank Muamalat jadi lebih kuat," katanya.

Penentuan di Laga Pemungkas

Belanda, Ekuador, dan Senegal sama-sama berpeluang ke babak 16 besar.

SELENGKAPNYA

Masa Pencarian Korban Gempa Cianjur Diperpanjang

Tren kasus penyakit pada warga yang mengungsi mulai mengalami penurunan.

SELENGKAPNYA

AS-Iran Saling Serang di Luar Lapangan 

FFIRI kemungkinan besar akan memperpanjang masalah penghapusan lambang di bendera Iran.

SELENGKAPNYA