Louis van Gaal (kanan) | EPA-EFE/Leszek Szymanski POLAND OUT

Piala Dunia

Penentuan di Laga Pemungkas

Belanda, Ekuador, dan Senegal sama-sama berpeluang ke babak 16 besar.

DOHA -- Tim nasional Belanda akan menjalani laga pemungkas kontra tuan rumah Qatar pada matchday ketiga Grup A Piala Dunia 2022 di Al Bayt Stadium, Selasa (29/11), pukul 20.00 WIB. Belanda masih menduduki peringkat pertama dengan perolehan angka empat, sama dengan milik timnas Ekuador, dari dua pertandingan yang telah dimainkan.

Wakil Afrika, Senegal, menempati posisi ketiga dengan nilai tiga dari sekali kekalahan dan satu kemenangan. Qatar sendiri dipastikan sudah tidak bisa berpartisipasi pada babak lanjutan Piala Dunia karena tim besutan Felix Sanchez sama sekali tidak mendapatkan poin dari dua partai terakhir. Praktis, ketiga tim, yaitu Belanda, Ekuador, dan Senegal, masih sama-sama berpeluang menggenggam tiket lolos ke putaran 16 besar Piala Dunia.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by OnsOranje (@onsoranje)

Meski meladeni Qatar yang notabene sudah tidak memiliki kepentingan besar, pelatih Belanda Louis van Gaal menolak untuk memandang sebelah mata. "Jika kami ingin menjadi juara dunia, kami masih harus banyak melakukan perbaikan. Karena level lawan yang akan kami hadapi akan lebih besar dari fase grup," kata Van Gaal, dilansir Soccer News, Senin (28/11).

Belanda sejauh ini memiliki skuad yang memadai untuk bersaing meraih gelar Piala Dunia edisi ke-22. Saat ini, persoalan produktivitas lini depan menjadi sorotan tajam Van Gaal agar pasukannya mampu mempersembahkan kemenangan besar. Oranje harus meningkatkan dan memperbaiki permainannya untuk memastikan tiga poin bisa direbut dari laga kali ini.

"Butuh kerja keras jika kami benar-benar ingin mendapatkan sesuatu yang diinginkan. Saya harap kami menunjukkannya saat melawan Qatar," kata Van Gaal.

 
 
Target kami adalah bisa kompetitif di turnamen ini. Kami telah melakukan persiapan berbulan-bulan untuk menyajikan performa terbaik.
 
 

Sementara itu, penyerang Belanda Memphis Depay kerasaan timnya dapat memastikan tiket lolos ke babak 16 besar. Apalagi, Belanda memiliki catatan positif saat berjumpa tim-tim Asia. "Kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk bisa memenangkan pertandingan penting ini," kata pemain Barcelona.

Di kubu seberang, Qatar mengalami kekalahan kedua beruntun. Kepastian tersingkirnya Qatar terjadi usai hasil imbang Belanda kontra Ekuador. Karena fase grup menyisakan satu partai, maka armada Felix Sanchez tidak memiliki peluang besar.

"Target kami adalah bisa kompetitif di turnamen ini. Kami telah melakukan persiapan berbulan-bulan untuk menyajikan performa terbaik," kata Felix Sanchez.

Pada laga lain, Senegal akan menantang Ekuador di Stadion Internasional Khalifa, Selasa malam. Duel dua tim kuda hitam itu dipastikan bakal berlangsung sengit.

 
 
Jika pelatih mengizinkan saya memainkan pertandingan melawan Senegal, saya berharap pertandingan nanti bakal berjalan jauh lebih baik dan kami memastikan tiket lolos.
 
 

Ekuador punya motivasi lebih untuk menantang Senegal. Sebab, La Tri baru saja menahan imbang Belanda di pertandingan kedua. Mereka hanya membutuhkan hasil imbang untuk bisa lolos ke fase gugur.

Di sisi lain, Senegal ada dalam posisi sebaliknya. Singa Teranga wajib mendapatkan kemenangan demi bisa memperpanjang jalan mereka di Piala Dunia tahun ini.

Penyerang Ekuador Enner Valencia bisa kembali menjadi andalan mesin gol La Tri. Sebab, ia terus menunjukkan performa apik dalam dua partai terakhir mencetak dua gol ke gawang Qatar dan sebiji gol saat melawan Belanda.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by OnsOranje (@onsoranje)

Valencia sempat ditarik keluar pada pertandingan versus Belanda karena mengalami kesakitan pada kakinya. Namun, pelatih Gustavo Alfaro memastikan sang pemain tersedia dan tidak mengalami cedera serius.

"Jika pelatih mengizinkan saya untuk memainkan pertandingan melawan Senegal, saya berharap pertandingan nanti bakal berjalan jauh lebih baik dan kami memastikan tiket lolos," kata Enner Valencia menegaskan.

Ki Bagoes Hadikoesoemo, Penggagas Tegaknya Syariat Islam

Ia telah merumuskan pokok-pokok pikiran KH Ahmad Dahlan hingga menjadi Mukaddimah Anggaran Dasar Muhammadiyah.

SELENGKAPNYA

Bagaimana Pandangan Syariah Menonton Piala Dunia?

Saat kopi disebut sebagai minuman sejuta umat, menonton sepak bola itu tontonan sejuta umat.

SELENGKAPNYA

Dubes Belanda Ingin Kembangkan Depok Lama

Pemkot ingin pengembangan kawasan Depok Lama dilakukan melalui kolaborasi.

SELENGKAPNYA