Cristiano Ronaldo | AP Photo/Martin Meissner

Piala Dunia

Selebrasi Hambar Ronaldo

Ronaldo merasa telah bergabung dengan Eusebio sebagai pencetak gol terbanyak di Piala Dunia untuk Portugal.

Cristiano Ronaldo mungkin merasa telah bergabung dengan Eusebio sebagai pencetak gol terbanyak di Piala Dunia untuk Portugal. Selebrasi pun sempat dilakukannya.

Namun, perasaan senang itu hanya berlangsung selama beberapa menit. Ronaldo berselebrasi karena merasa telah menyundul bola hasil umpan dari Bruno Fernandes pada menit 54, ketika membuka keunggulan untuk Portugal saat mengalahkan Uruguay 2-0.

Padahal, gol yang membawa Portugal memastikan tempat ke babak 16 besar Piala Dunia itu akan menjadi yang kesembilan bagi CR7 di Piala Dunia sehingga membuatnya sejajar dengan legenda, Eusebio. Namun, ada kebingungan. Ronaldo yakin itu golnya. Tapi, tidak lama kemudian papan skor mengganti nama pencetak gol menjadi Fernandes.

photo
Cristiano Ronaldo (AP Photo/Martin Meissner)


Saat nama pencetak gol diganti menjadi Fernandes, Ronaldo yang disorot kamera hanya bisa tersenyum seolah bingung. Tapi, hal tersebut tidak terlalu dipikirkan lama bagi pemain Portugal. Fernandes kemudian menambah keunggulan juara Euro 2016 itu lewat titik putih pada injury time.

"Saya tidak yakin siapa yang menyentuh bola. Pada saat itu, saya pikir Cristiano menyentuh bola dan saya mengoper padanya. Tapi, yang terpenting adalah kami berhasil melewatinya," kata Fernandes, dikutip dari BBC, Selasa (29/11).

 
Saya tidak yakin siapa yang menyentuh bola. Pada saat itu, saya pikir Cristiano menyentuh bola dan saya mengoper padanya
BRUNO FERNANDES
 


Sebelum Piala Dunia Qatar dimulai, Ronaldo telah menyatakan keinginannya untuk mengalahkan rekor Eusebio. Langkah itu diawali dengan mencetak gol Portugal melawan Ghana, dalam kemenangan 3-2. Saat itu, ia menjadi pemain pertama yang mencetak gol pada lima edisi Piala Dunia.

Mantan bek West Ham, Matthew Upson, meyakini kalau gol tersebut memang milik Fernandes. Sebab, ia jika melihat tayangan ulang, bola tidak berubah arah. Sebab biasanya, jika tersentuh, bola akan berubah meski hanya sedikit, baik itu putaran maupun arahnya.

"Itu tidak akan tercatat sebagai gol Ronaldo dalam daftar pencetak gol. Itulah yang dia khawatirkan karena dia berkembang pesat dari rekor-rekor itu. Tapi, gol itu berkat posisi dan larinya di depan gawang," ujar Upson.

 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Cristiano Ronaldo (@cristiano)


Di sisi lain, pelatih Portugal, Fernando Santos, tidak ingin mempermasalahkan siapa yang menjadi pencetak gol pertama. Ia hanya menegaskan kalau timnya layak untuk menang.

"Saya pikir kami, itu adalah kemenangan yang pantas. Tim sepenuhnya mematuhi apa yang kami katakan," kata pelatih Portugal, Fernando Santos, dikutip dari laman resmi Federasi Sepak Bola Portugal (FPF).

 
Saya pikir kami, itu adalah kemenangan yang pantas. Tim sepenuhnya mematuhi apa yang kami katakan.
FERNANDO SANTOS Pelatih Portugal
 


Menurut Santos, timnya mengawali permainan dengan sangat baik. Meski banyak rotasi, Cristiano Ronaldo cs bisa tampil terorganisasi, bereaksi saat kehilangan bola, dan tidak membiarkan Uruguay mendapatkan momen penting. Ia menilai timnya sukses membendung serangan cepat dan serangan balik Uruguay.

Ia mengatakan, Uruguay masuk ke pertandingan dengan sangat agresif dan terus menekan timnya. Tapi, Portugal mampu menerapkan permainan yang diinginkan sehingga bisa meredam serangan Uruguay.

Meski pemainnya terlihat ada yang kelelahan, itu bisa ditutupi dengan pemain dari bangku cadangan. ''Satu atau beberapa periode kurang (tercapai). Tapi, fase pertama sudah berakhir, kami sudah lolos. Kami harus terus bekerja untuk melihat apa yang bisa diperbaiki,'' kata Santos.

Stok Sayuran di Pasar Kramat Jati Aman

Lancarnya distribusi membuat kebutuhan sayur wilayah Jabodetabek masih bisa terpenuhi.

SELENGKAPNYA

Bantu Korban Bencana, DD Gelar Konser Kemanusiaan

Beberapa musisi dan selebritas Tanah Air turut hadir dalam acara tersebut.

SELENGKAPNYA

Masjid Bukan Arena Politik Partisan

Boleh bicara politik di masjid, tapi politik yang mencerahkan dan menyatukan umat.

SELENGKAPNYA