Pelanggan berbelanja di pusat perbelanjan Macys, Miami, Amerika Serikat, pada Jumat (25/11/2022). - (AP Photo/Julia Nikhinson) | AP Photo/Julia Nikhinson

Kisah Mancanegara

Gairah Belanja di Tengah Laju Inflasi

Thanksgiving tahun ini telah menjadi titik balik.

OLEH FERGI NADIRA

Inflasi tinggi yang terjadi di Amerika Serikat (AS) ternyata tak mengendurkan semangat berbelanja para warganya pada kesempatan Black Friday di tahun ini. Black Friday adalah hari Jumat setelah peringatan Thanksgiving, dan biasanya dihabiskan sebagian besar orang untuk berbelanja berbagai persiapan Natal.

Pada saat Black Friday, biasanya toko-toko atau penjual akan menggelar promo atau potongan harga dalam jumlah besar. Di AS, Black Friday juga menjadi salah satu hari belanja utama tahunan.

Meski tak diakui sebagai hari libur resmi AS, pada hari ini banyak juga karyawan menjadikannya hari libur, kecuali mereka yang bekerja di ritel. Tahun ini, Adobe Analytics mencatatkan rekor total belanja daring selama hari belanja nasional yang tahun ini jatuh pada 25 November 2022.

"Pengeluaran daring naik 2,3 persen pada Black Friday tahun ini," ungkap perwakilan dari Adobe Analytics, dikutip Reuters, Ahad (27/11). Adobe pada Sabtu (26/11) waktu setempat mencatat, penjualan daring pada tahun ini sebesar 9,12 miliar dolar atau setara Rp 143 triliun (kurs Rp15.600-Red).

photo
Pelanggan berbelanja di pusat perbelanjan Claires di Miami, Amerika Serikat pada Jumat (25/11/2022). - (AP Photo/Julia Nikhinson)

Meski begitu, Adobe tidak merinci volume dalam laporannya apakah angka-angka itu disebabkan oleh barang-barang yang harganya menjadi lebih mahal tahun ini karena inflasi, atau memang hasil dari peningkatan volume pembelian oleh para pembelanja.

Namun yang jelas, Adobe memastikan, penjualan perangkat elektronik menjadi kontributor utama bagi orang-orang yang mencari diskon pada Black Friday. Data yang dimiliki Adobe juga menunjukkan, adanya penjualan daring yang melonjak 221 persen dari rata-rata hari di Oktober 2022.

Selain elektronik, mainan menjadi kategori populer lainnya bagi pembeli dengan kenaikan hingga 285 persen. Selain itu, ada pula. peralatan olahraga yang juga naik 218 persen.

Kebiasaan belanja masyarakat pun kini berubah secara masif karena munculnya lokapasar. Belanja daring pun tak hanya memperpanjang hari dan jam untuk orang berbelanja, namun kehadiran fitur Buy Now Pay Later (BNPL) atau ‘Beli Sekarang Bayar Nanti’ juga ternyata menjadi daya tarik besar bagi para para konsumen.

Hadirnya fitur BNPL juga membuat lonjakan pembelian perangkat smartphone. Tercatat, tahun ini, sebanyak 48 persen dari seluruh total penjualan di lokapasar pada Black Friday adalah unuk membeli smartphone. Jumlah ini, meningkat dari 44 persen dibandingkan pada 2021.

"Belanja melalui aplikasi mobile telah berjuang untuk tumbuh selama bertahun-tahun, karena konsumen menemukan pengalaman yang kurang dibandingkan dengan desktop," kata analis utama, Adobe Digital Insights, Vivek Pandya dikutip dari laman Tech Crunch, Ahad, (27/11).

Namun, ia melanjutkan, Thanksgiving tahun ini telah menjadi titik balik, di mana smartphone ternyata menjadi pendorong pertumbuhan total belanja ritel. “Hal ini sekaligus menyoroti seberapa banyak teknologi telah meningkatkan pengalaman berbelanja,” imbuh Pandya. 

Black Friday tahun ini pun terbilang istimewa karena berlangsung di tengah tekanan inflasi tinggi yang terus melanda AS. Besarnya promo yang ditawarkan pun dianggap membantu konsumen mendapatkan diskon besar untuk segala hal yang diinginkan sebagai kado akhir tahun.

Adobe mengatakan, pihaknya menganalisis ada sekitar satu triliun kunjungan ke situs ritel AS, melacak penjualan untuk sekitar 100 juta stock-keeping unit atau (SKU) dan 18 kategori produk. Analitik dari Adobe juga mencakup data anonim dari beberapa pelanggannya. Diperkirakan, sejauh ini sekitar 77,74 miliar dolar AS telah dihabiskan secara daring oleh masyarakat AS, sejak pekan pertama November 2022. 

Mengoptimalkan Pasar Lokal

Selama masa pandemi belakangan ini, tren lamanya menginap para wisatawan bergeser semakin panjang. 

SELENGKAPNYA

Musibah Buka Peluang Pahala

SELENGKAPNYA

Bencana Alam, Azab atau Musibah?

Apa yang belum lama ini dialami masyarakat Cianjur dan sekitarnya adalah musibah.

SELENGKAPNYA