Kepala Islamic Relief Shahin Ashraf | Rep/Achmad Syalaby Ichsan

Khazanah

Islamic Relief: Perempuan Rentan terhadap Perubahan Iklim

Lombok menjadi salah satu pulau yang berisiko tinggi terhadap dampak perubahan iklim.

JAKARTA — Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), menjadi salah satu daerah di Indonesia yang mengalami dampak perubahan iklim. Berdasarkan studi dari Islamic Relief bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) pada April-November 2022, Lombok menjadi salah satu pulau yang berisiko tinggi terhadap dampak fenomena global tersebut dan perempuan menjadi faktor yang amat rentan.

Islamic Relief adalah sebuah organisasi Islam internasional yang memiliki perhatian besar pada permasalahan kemanusiaan. Kepala Islamic Relief Shahin Ashraf menyampaikan, Lombok menjadi daerah dengan tingkat risiko yang tinggi mengalami gagal panen karena terjadi peningkatan suhu udara dan perubahan periode musim hujan.

Hal itu menimbulkan terjadinya gangguan terhadap metabolisme tumbuhan dan meningkatnya penyakit tanaman dan hama karena tingkat kelembabannya. “Menurunnya hasil panen menjadi ancaman lanjutan yang dapat mengurangi taraf kehidupan petani dan memengaruhi ketahanan pangan,” kata Shahin saat menyampaikan sambutan dalam seminar internasional bertajuk "Women and Girls at The Front Line of The Climate Change" di Jakarta, Kamis (24/11). 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Islamic Relief Worldwide (@irworldwide)

Shahin menjelaskan, untuk meminimalkan dampak perubahan iklim pada masa depan, tindakan nyata harus dimulai sekarang untuk beradaptasi dan membangun ketahanan. Khususnya, ujar dia, kelompok rentan, seperti perempuan dan gadis yang kerap menghadapi beban untuk beradaptasi.

“Mengingat adanya dampak perubahan iklim yang meningkat, Islamic Relief bersama IPB melakukan studi di mana perempuan dan gadis menjadi kelompok rentan terhadap bencana perubahan iklim,” lanjut dia.

 
Islamic Relief bersama IPB melakukan studi di mana perempuan dan gadis menjadi kelompok rentan terhadap bencana perubahan iklim.
SHAHIN ASHRAF Kepala Islamic Relief
 

Menurut Shahin, dampak negatif dari perubahan iklim dalam studi tersebut yakni kerugian finansial, fisik, hingga kesehatan psikologis. Dari 311 responden yang diteliti, Shahin menjelaskan, hampir semua perempuan mengalami dampak kesehatan yang berkaitan dengan perubahan iklim. Sementara itu, lebih dari 50 persen dilaporkan mengalami pengurangan pendapatan. Sebanyak 40 persen lainnya dilaporkan mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan finansial.

Sementara itu, gadis remaja dilaporkan mengalami peningkatan risiko drop out alias keluar dari sekolah akibat pendapatan rumah tangga yang menurun. Orang tua pun harus bersusah payah membayar beban biaya pendidikan. Di samping perempuan dan gadis, Shahin menambahkan, penyandang disabilitas juga menjadi kelompok rentan.

“Penyandang disabilitas juga mendapatkan pengalaman fisik dan tantangan finansial akibat perubahan iklim,” ujar dia.

Shahin pun merekomendasikan Pemerintah Indonesia untuk mengembangkan regulasi yang terintegrasi mengenai adaptasi iklim dalam kebijakan nasional. Menurut dia, formula dari regulasi itu harus memperhatikan penerapan gender yang responsif terhadap sektor-sektor prioritas yang didukung dengan baik secara vertikal maupun horizontal.

Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Sitti Rohmi Djalilah menjelaskan, sebagai kelompok rentan, populasi perempuan mengungguli laki-laki di Pulau Seribu Masjid itu. Ada 50,7 persen perempuan yang hidup di NTB. Dia mengakui, perempuan rentan terhadap perubahan iklim, dan itu dalam berbagai bidang, dari pangan, kesehatan, sosial, lingkungan hingga perekonomian.

Dia menjelaskan, perubahan iklim menyebabkan penurunan angka harapan hidup juga kekurangan air bersih. Perempuan pun harus menanggung beban anak sakit. “Tantangan isu gender adalah pencapaian kesetaraan dan keadilan. Perempuan harus dilibatkan secara umum dengan tingkat interaksi yang tinggi. Kita harus memastikan penyusunan kebijakan dan anggaran dalam mendukung kesetaraan gender,” ujar dia.

Inspirasi dari Ayat Bencana

Akal manusia tak akan mampu menangkap maksud mengapa Allah mendatangkan gempa.

SELENGKAPNYA

Akhlak Muslimah Calon Tetangga Rasulullah SAW di Surga

Ada sepuluh akhlak bagi Muslimah yang ingin menjadi tetangga Rasulullah SAW kelak di surga.

SELENGKAPNYA

Muslim Melayu dan Prinsip Jalan Tengah

Islamisasi secara damai dan perlahan ini membentuk ciri muslim Asia Tenggara

SELENGKAPNYA