ILUSTRASI Gambar kaligrafi Nabi Muhammad SAW. Biografi tentang Rasulullah SAW disebut sebagai Sirah Nabawiyah. | dok piqsels

Fikih Muslimah

Akhlak Muslimah Calon Tetangga Rasulullah SAW di Surga

Ada sepuluh akhlak bagi Muslimah yang ingin menjadi tetangga Rasulullah SAW kelak di surga.

Setiap Muslim mendambakan ingin dekat dengan Rasulullah SAW, apalagi bisa berdekatan di surga yang hidup kekal di dalamnya. Untuk bisa menggapai tujuan itu, tentu saja tidak mudah. Banyak persyaratan yang harus dilakukan. DR Akram Ridha menguraikan panjang lebar lewat bukunya setebal 182 halaman berjudul Wanita Tetangga Rasulullah SAW di Surga.

Dalam buku yang diterbitkan Gema Insani Press ini, Akram menyebutkan sedikitnya ada sepuluh akhlak yang harus dimiliki seorang wanita Muslimah yang ingin menjadi tetangga Rasulullah SAW kelak di surga. Antara lain, mampu mencegah kejahatan. Dalam kaitan ini Rasulullah SAW bersabda, "Orang Muslim adalah orang yang selamat dari gangguan lidah dan tangannya." (Hadis riwayat Bukhari).

Mencegah kejahatan tak sekadar terhadap tetangga tetapi juga kepada lingkungan termasuk binatang yang ada di sekitarnya. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari, Rasulullah SAW pernah bersabda, ''Seorang wanita disiksa dalam neraka karena kucing yang ia kurung mati kelaparan.'' Lalu beliau bersabda, "Wallahu 'alam, kamu tidak memberinya makan dan minum ketika mengurungnya. Kamu juga tidak melepaskannya agar ia bisa memakan serangga tanah." (hal 27).

Diantara akhlak lain yang juga menjadi persyaratan mutlak agar seorang muslimah menjadi tetangga Rasulullah SAW kelak di surga adalah memiliki rasa malu. Rasa malu merupakan perhiasan wanita yang paling indah. Bahkan Rasulullah SAW menganggap malu sebagai cabang dari iman. Yang membedakan Rasulullah SAW dengan yang lainnya adalah rasa malunya yang sangat tinggi. Orang yang sudah tidak memiliki rasa malu, maka ia akan berbuat sesukanya.

Dalam bertutur dan berbicara, seseorang yang mendambakan bisa menjadi tetangga Rasulullah SAW di surga kelak, menurut Akram, adalah wanita yang memiliki adab dan sopan santun ketika berbicara. Bagaimana ia berbicara dengan anak-anak dan suaminya di rumah?

Bagaimana ia berkomunikasi dengan masyarakat di sekelilingnya? Ketika dialog merupakan simbol komunikasi antar manusia, maka dalam agama Islam ia memiliki kaidah-kaidah dan adab serta sopan santun. Karena itulah pentingnya akhlak adab dalam berbicara.

photo
Muslimah berdoa pada hari wukuf di Jabal Rahmah, Padang Arafah, Makkah, Jumat (8/7/2022). - (AP Photo/Amr Nabil)

Persyaratan lain yang menjadi salah satu kunci untuk bisa memasuki surga dan menjadi tetangga Rasulullah SAW kelak adalah menghidari dusta. ''Dusta merupakan pondasi kemunafikan dan dasar bagi tumbuhnya semua perilaku rusak. Bila muslimah komitmen dengan akhlak ini, artinya tidak berdusta, maka hal itu akan menjadi jalan baginya untuk memiliki rumah di tengah surga.''

Lewat bukunya ini DR Akram Ridha membeberkan contoh nyata dari perilaku wanita shalehah seperti istrinya Aisyah dan mertuanya Ummu Rumman yang tak lain adalah istri dari sahabat nabi, Abu Bakar Ash-shiddiq.

Dikisahkan, ketika Nabi memutuskan untuk berhijrah dan Abu Bakar yang akan menemani beliau, Abu Bakar pulang ke rumahnya untuk memberi kabar kepada Ummu Rumman. Sedikitpun Ummu Rumman tidak takut diri dan anak-anaknya di Makkah berada dalam bahaya, bahkan dengan tenangnya ia berkata, ''Sesungguhnya kita mempunyai suri tauladan kepada keluarga Rasulullah SAW di mana beliau pun juga meninggalkan keluarganya dan berhijrah.'' (hal 175).

Dilengkapi dengan hadis-hadis yang menerangkan ketinggian akhlak, buku ini sangat pas dan layak untuk dimiliki tak hanya kaum wanita, tapi juga mereka yang peduli ingin menjadikan anak-anaknya kelak sebagai Muslimah yang bisa menjadi tetangga Rasulullah SAW di surga.

Disadur dari Harian Republika Edisi Jumat 30 Desember 2005

Pendapatan Suami tidak Cukup, Apakah Istri Harus Bekerja?

Peran istri yang bekerja tetap dikategorikan sebagai ihsan seorang istri dan bukan menjadi kewajiban.

SELENGKAPNYA

Garuda Terus Tambah Penerbangan

Garuda saat ini melayani sedikitnya 10 penerbangan dari dan menuju Australia per pekan.

SELENGKAPNYA

Dahana Incar Peluang Bisnis Migas

SKK Migas mendorong kontraktor meningkatkan investasi.

SELENGKAPNYA