Ribuan pengunjung memadati ruang pamer kendaraan di ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) ke-27 tahun 2019 di ICE BSD, Tangerang, Banten. | ANTARA FOTO

Otomotif

Sebar Stimulan Jelang Akhir Tahun

Untuk tahun depan, perusahaan menyiapkan stategi terkait produk ramah lingkungan.

OLEH ERIC ISKANDARSJAH Z

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) meyakini penjualan mobil pada tahun ini akan jauh lebih baik dibanding tahun lalu. Asosiasi menargetkan penjualan nasional pada 2022 bisa mencapai 900 ribu mengingat kondisi ekonomi dan daya beli yang terus mengalami pemulihan.

Untuk mendukung tercapainya target tersebut, sejumlah pabrikan pun menyajikan stimulan agar penjualan akhir tahun bisa terus terkatrol. Beberapa merek seperti Suzuki dan Wuling bahkan telah mempersiapkan stimulan lewat beragam program penjualan.

Brand & Marketing Director Wuling Motors Dian Asmahani mengatakan, perusahaan melihat antusiasme dan kebutuhan masyarakat untuk membeli kendaraan baru menjelang akhir tahun terus meningkat. "Kami memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin memiliki lini produk Wuling pilihannya melalui program YES atau Year End Sale yang berlaku di seluruh Indonesia," kata Dian Asmahani dalam keterangan pers kepada Republika, beberapa waktu lalu.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Suzuki Indonesia (@suzuki_id)

Penawaran ini berlaku mulai November hingga akhir tahun. Dengan program ini, konsumen dapat menikmati penawaran khusus, seperti uang muka ringan, cicilan terjangkau, hingga gratis biaya servis berkala.

Untuk Wuling Almaz RS, konsumen dapat memiliki kendaraan ini dengan uang muka mulai dari Rp 20 juta dan cicilan mulai dari Rp 7 juta. Sedangkan, untuk Wuling New Cortez bisa dimiliki dengan uang muka mulai Rp 13 juta dan cicilan mulai Rp 5 juta.

Menurutnya, produk ini bisa menjadi alternatif menarik karena hadir sebagai smart MPV berkat penerapan fitur perintah suara berbahasa Indonesia atau Wuling Indonesian Command (WIND) dan remote control app via internet of vehicle (IoV). Apalagi, New Cortez hadir dengan powertrain 1,5 liter 140 daya kuda yang dipadukan bersama transmisi CVT with 8 speed manual simulation.

"Sebagai MPV yang identik dengan mobil keluarga, New Cortez juga menghadirkan kenyamanan di ruang interior lewat adanya multipurpose seat tray," ucapnya.

Suzuki juga menghadirkan stimulan akhir tahun lewat program “Pesta Akhir Tahun”. Asst to Dept Head Four Wheels Sales PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Randy R Murdoko mengatakan, ada banyak keuntungan untuk calon konsumen. Mulai dari uang muka rendah, bunga rendah, extra cashback, hingga kesempatan memperoleh hadiah langsung berupa logam mulia dan sepeda motor Suzuki NEX Crossover.

"Promo ini berlaku bagi calon konsumen di seluruh Indonesia. Promo ini dapat dinikmati tidak hanya oleh calon konsumen Suzuki, namun juga konsumen setia Suzuki yang melakukan tukar tambah melalui Auto Value,” ucap Randy.

 
 
Tantangan untuk menghadirkan kendaraan yang lebih ramah lingkungan menjadi salah satu hal yang akan dijawab oleh Suzuki.
 
 

Produk yang tercakup dalam program ini adalah mobil penumpang seperti XL7, All New Ertiga, SX4 S-Cross, dan Baleno. Termasuk juga pembelian mobil niaga seperti New Carry.

Lewat beragam stimulan tersebut, Suzuki pun meyakini akhir tahun ini mampu mencatat capaian positif. Dengan begitu, bisa membuat Suzuki makin percaya diri dalam menghadapi pasar tahun depan.

Four Wheels Marketing Director SIS Donny Saputra menambahkan, perusahaan siap untuk kembali menerapkan beberapa strategi untuk menghadapi pasar dan ketatnya kompetisi pada tahun depan. "Sesuai dengan strategi besar Suzuki, tahun depan kami tetap menghadirkan produk-produk berkualitas tinggi namun memiliki nilai ekonomi dan efisiensi yang tinggi juga. Tentunya, dengan model yang menarik dan sesuai tren 2023," kata Donny kepada Republika, Rabu (23/11).

Dia pun optimistis, strategi itu bisa efektif mengingat produk Suzuki telah dikenal memiliki keunggulan, seperti dimensi kompak, tangguh, dan mesin yang efisien. Terlebih, pabrikan Jepang itu juga telah siap untuk kembali memperkuat posisi pasar lewat produk baru.

"Tantangan untuk menghadirkan kendaraan yang lebih ramah lingkungan menjadi salah satu hal yang akan dijawab oleh Suzuki melalui model-model baru pada 2023. Suzuki juga akan lebih fokus kepada model-model yang diproduksi di Indonesia. Dari hal-hal tersebut, tim pemasaran dan penjualan Suzuki yakin dapat memberikan program yang sesuai dan menguntungkan bagi pelanggan," ujarnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Wuling Motors ID (@wulingmotorsid)

Salah satu strategi yang disiapkan adalah menyiapkan produk ramah lingkungan yang menerapkan teknologi smart hybrid. Akan tetapi, dia belum memastikan kapan produk baru dengan sistem itu akan diluncurkan.

"Ke depannya kami juga akan menghadirkan line-up lain yang juga ramah lingkungan melalui penerapan teknologi smart hybrid. Dengan begitu, akses market untuk mulai memiliki kendaraan ramah lingkungan bisa lebih mudah dan terjangkau," ujar dia.

Keyakinan Suzuki untuk menambah produk hibrida didasari oleh performa All New Ertiga Hybrid yang terus mendapatkan penerimaan positif. Ini seiring dengan terus adanya kebutuhan pelanggan terhadap kendaraan yang efisien, terjangkau, dan memiliki keunggulan dari aspek value.

Menurutnya, pemahaman pasar terhadap teknologi smart hybrid yang ada di All New Ertiga Hybrid juga makin meluas. "Maka dari itu penjualannya pun cukup stabil dan masih on the track sesuai perkiraan kami," ucapnya.

Sementara, untuk mendongkrak pasar kendaraan roda dua, main dealer Honda Jakarta Tangerang, PT Wahana Makmur Sejati (WMS), mencoba berkontribusi lewat sajian promo menarik. Head of Marketing WMS Olivia Widayasuwita mengatakan, akhir tahun memang menjadi kesempatan untuk berbagai promo menarik.

"Selain untuk kejar target, kami merasa perlu untuk berikan apresiasi kepada konsumen yang selama ini setia memilih Honda dan masih memiliki motor impian yang diinginkan,” kata Olivia.

 
 
Perlu diingat, untuk modifikasi dan pembelian aksesori di luar Honda perlu memperhatikan unsur keamanan.
 
 

Salah satu produk yang mendapat promo dari WMS adalah Beat. Menurutnya, promo spesial bisa dinikmati oleh karyawan swasta, PNS, maupun BUMN dengan penawaran potongan pembelian hingga Rp 444 ribu hingga akhir November 2022.

WMS juga menawarkan promo untuk pembelian CB150R dengan potongan harga hingga Rp 1 juta. Potongan ini bisa didapatkan kepada konsumen dengan pembelian repeat order.

"Konsumen cukup menunjukkan bukti berupa STNK produk Honda lain yang dimiliki konsumen yang berminat membeli CB150R. Promo ini berlaku hingga akhir Desember 2022 untuk pembelian cash dan kredit," ucapnya.

WMS juga menawarkan promo untuk pembelian CBR250RR. Untuk pembelian hingga periode Desember 2022, konsumen akan mendapat voucer hingga Rp 5 juta. Voucer ini dapat digunakan untuk pembelian aparel, modifikasi, hingga aksesori. Menariknya, voucer bisa digunakan untuk pembelian di tempat lain dan tinggal melaporkan bukti pembelian yang sah.

"Perlu diingat, untuk modifikasi dan pembelian aksesori di luar Honda perlu memperhatikan unsur keamanan yang kemungkinan dapat menggugurkan garansi produk akibat modifikasi atau penggunaan aksesori yang tidak tepat," ucapnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Wahana Honda (@wahanahonda)

Dia juga mengungkap bahwa WMS telah menyiapkan sejumlah strategi. Misalnya saja memastikan ketersediaan unit yang lebih baik sesuai dengan kebutuhan konsumen.

WMS juga menyiapkan strategi untuk menyambut komitmen Honda yang akan segera mulai memasarkan motor listrik. Antara lain, persiapan beragam infrastruktur terkait penjualan maupun layanan purnajual.

Menurutnya, WMS juga mempersiapkan sumber daya manusia lewat pelatihan yang spesifik terkait motor listrik. Dengan begitu, bisa benar-benar memiliki bekal pengetahuan serta keterampilan yang kompeten.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Pesan Merdu dari Bumi

Gesekan biola mengalun merdu pada komposisi lagu Ilmu Bumi.

SELENGKAPNYA

Syekh Abdul Karim, Pembawa Muhammadiyah ke Sumatra

Beliau merupakan yang pertama memperkenalkan Muhammadiyah ke Sumatra Barat.

SELENGKAPNYA

Menengok Gerbang Karier Steven Spielberg

Spielberg menggunakan bahasa film dan konvensi secara sejarah untuk mengangkat kehidupannya.

SELENGKAPNYA