Presiden Joko Widodo saat menghadiri Rakernas V Pro Jokowi (Projo) Magelang, Jawa Tengah Sabtu (21/5) | Twitter/Dewan Pimpinan Pusat Projo

Kisah Dalam Negeri

Jokowi dan Keinginan Pulang Kampung Usai 2024

Solo merupakan kampung halaman Jokowi dan tempat di mana ia pernah bertugas sebagai wali kota.

OLEH NAWIR ARSYAD AKBAR

Presiden Joko Widodo mengaku ingin rehat dari dunia politik setelah melepas jabatan pada 2024 mendatang. Dalam wawancara khusus dengan The Economist, Jokowi mengungkap keinginannya untuk pulang kampung ke Solo, Jawa Tengah.

Dalam sebuah wawancara yang diunggah di Youtube, Presiden Jokowi ingin kembali menjadi rakyat biasa setelah dua periode menduduki kursi nomor satu di Indonesia. "Saya akan kembali ke kota saya, Solo. sebagai rakyat biasa," tutur Jokowi, dalam wawancara yang diungga di akun Youtube pada Ahad (13/11).

Mantan wali Kota Solo dua periode ini terpilih sebagai presiden pada Pilpres 2014 dan 2019. Pada periode pertama, Jokowi berpasangan dengan Jusuf Kalla. Di periode kedua pada Pilpres 2019, Jokowi menggandeng Kiai Ma’ruf Amin untuk melenggang sebagai presiden dan wakil presiden.

Uniknya, dua periode pertarungan di Pilpres dimenangkan Jokowi dari Prabowo Subianto. Prabowo sendiri saat ini masuk dalam Kabinet Indonesia Maju Jokowi.

Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad menilai pernyataan Presiden Jokowi yang mengaku ingin rehat dan kembali ke Solo usai 2024 merupakan keputusan pribadi Jokowi sendiri.

"Apa yang disampaikan oleh Presiden Jokowi adalah rencana beliau sesudah 2024. Namun apapun itu kita serahkan kepada beliau yang akan menjalani sesudah 2024," ujar Dasco di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (15/11).

Menurutnya, tidak ada payung hukum atau undang-undang yang melarang presiden yang telah habis masa jabatnya untuk rehat dari perpolitikan Indonesia. Dasco mengapresiasi keinginan Jokowi yang sudah memiliki rencana pribadinya usai tak lagi menjabat sebagai orang nomor satu di Indonesia.

"Tidak juga batasan-batasan di dalam undang-undang yang mengatur bahwa presiden yang sudah selesai masa jabatan itu kemudian tidak boleh beraktivitas," tegas Dasco.

"Ya kita apresiasi apa yang disampaikan Pak Jokowi, namun apakah itu kita lihat perkembangan keadaan dan situasi serta 2024 tentunya kan gitu," sambung Wakil Ketua DPR itu.

Sementara, Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia Tandjung menilai keputusan Jokowi merupakan sesuatu yang wajar bagi seorang Jokowi. "Kita memberikan apresiasi apapun yang nanti akan diambil, langkah-langkah Pak Jokowi atau aktivitas-aktivitas yang dilakukan. Itu kan sepenuhnya hak individunya Pak Jokowi ya, memang kan beliau berasal dan besar dari Solo," ujar Doli.

Solo, tutur Doli, merupakan kampung halaman Jokowi dan tempat di mana ia pernah bertugas sebagai wali kota. Namun, Golkar menilai Jokowi tetap dapat memberikan sumbangsih bagi Indonesia lewat pemikiran-pemikirannya.

"Sebesar, sekecil apapun peran manusia, Indonesia itu pasti dibutuhkan untuk pembangunan bangsa dan negara. Apalagi Pak Jokowi yang presiden dua periode," ujar Doli.

"Saya kira kita tetap membutuhkan semua sumbangsih kontribusi, minimal pemikiran-pemikiran dari tokoh-tokoh bangsa kita, mantan-mantan presiden kita, tokoh-tokoh nasional yang lain semua pasti dibutuhkan," sambung Ketua Komisi II DPR itu. 

Biden-Xi Buka Dialog di KTT G-20

Presiden Jokowi menilai Presidensi G-20 Indonesia merupakan presidensi terberat sepanjang sejarah.

SELENGKAPNYA

Masjid Sheikh Zayed Jadi Pengikat Indonesia dan UEA

Masjid Sheikh Zayed akan menjadi tempat berbagai aktivitas keagamaan maupun sosial, sekaligus sarana penyebarluasan pemahaman agama yang moderat.

SELENGKAPNYA

Senyum Warga Bali Usai Badai Pandemi

Kontribusi rangkaian KTT G-20 mencapai sekitar Rp 7,5 triliun terhadap PDB Indonesia tahun 2022.

SELENGKAPNYA