Pengabdian masyarakat UIN Jakarta di Sekolah Indonesia Makkah | UIN Jakarta

Nasional

Siswa SI Makkah Ikuti Pengabdian Masyarakat UIN Jakarta

MAKKAH -- Sekolah Indonesia Mekkah menjadi lokasi program pengabdian kepada masyarakat oleh dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada 1-3 November 2022. Para siswa terlihat antusias saat menjadi peserta pada pelatihan-pelatihan yang diisi oleh para dosen tersebut. 

Wakil Kepala Sekolah Indonesia Mekkah, Mubarok, mengatakan bahwa antusiasme para siswa ini karena banyak ilmu yang baru yang mereka dapatkan dari para dosen UIN Jakarta. "Alhamdulillah kami mereka senang dengan kegiatan yang diinisiasi oleh UIN Jakarta untuk para siswa dan guru ini," ungkap pria kelahiran Makkah tersebut. 

Program pengabdian kepada masyarakat oleh Dosen UIN Jakarta berupa pelatihan dan workshop yang ditujukan untuk para siswa dan guru Sekolah Indonesia Makkah. 

Para siswa Sekolah Indonesia Mekkah mendapat pelatihan jurnalistik, pelatihan IT dasar dasar programing, pelatihan pengurusan  jenazah. Sementara untuk para guru adalah pelatihan IT dasar dasar programing dan workshop konseling. 

Koordinator Pengabdian kepada Masyarakat PPM UIN Jakarta Deden Mauli Darajat mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat internasional yang dilakukan di Arab Saudi. "Tema kegiatan ini adalah Pengabdian kepada masyarakat internasional untuk regoknisi global," kata Deden. 

Lebih lanjut, menurut Deden, program pengabdian kepada masyarakat yang diinisiasi oleh PPM UIN Jakarta ini bukan hanya yang dilakukan oleh para dosen, melainkan juga adalah kuliah kerja nyata (KKN) oleh para mahasiswa. 

Pelaksanaan KKN Internasional difokuskan di Sekolah Indonesia Riyadh dan Sekolah Indonesia Mekkah, sementara untuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh dosen dilaksanakan di Sekolah Indonesia Mekkah dan Sekolah Indonesia Jeddah.

Peserta KKN Internasional di Arab Saudi adalah Said Dary Rizfa, Nur Muh Al-Arroby (Fakultas Ushuluddin), dan Deni Maulana (Fakultas Diratas Islamiyah). Sementara pelaksana pengabdian kepada masyarakat oleh dosen dilakukan oleh Eva Khudzaeva (Koordinator PPM UIN Jakarta dan Dosen Fakultas Sains dan Teknologi), Ade Rina Farida, Nasichah, Nuriyah, Musfirah Nurlaily, dan Deden Mauli Darajat (Dosen Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi).