CEO Tesla Elon Musk berbicara pada KTT B-20 secara virtual di Nusa Dua, Bali, Senin (14/11/2022). | AP Photo/Aaron Favila

Kabar Utama

Batik Bomba dari Desa Nikel untuk Elon Musk

Kehadiran Musk secara virtual menjadi tambah menarik karena busana yang dikenakannya

CEO Tesla Motors Elon Musk merupakan salah satu pembicara dalam rangkaian acara Konferensi TIngkat Tinggi (KTT) G-20, yaitu Bussiness20 (B-20) pada Senin (14/11). Kehadiran Musk secara virtual di acara dialog komunitas bisnis global tersebut menjadi tambah menarik karena busana yang dikenakannya.

Musk tampak mengenakan kemeja berwarna hijau yang ternyata merupakan kain batik Sulawesi Tengah. Ketua Dewan Pertimbangan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Anindya Bakrie yang mewawancarai Musk menjelaskan bahwa kemeja batik bomba itu diterbangkan hampir 15 ribu kilometer dari Indonesia ke Amerika Serikat, khusus untuk Musk.

“Terima kasih, ini bagus. Saya menyukainya,” kata Musk, yang hadir secara virtual saat KTT B-20 di Nusa Dua, Bali.

Anindya memberitahu Musk bahwa kemeja dari bahan yang dipakainya berasal dari sebuah desa kecil di Sulawesi Tengah yang memiliki banyak cadangan nikel, dan menginginkan untuk menjadi taman industri rendah karbon dengan pemanfaatan energi bersih. “Jadi mungkin suatu hari Anda akan tertarik untuk berkunjung ke sana,” kata Anindya.

photo
CEO Tesla Elon Musk berbicara pada KTT B-20 secara virtual di Nusa Dua, Bali, Senin (14/11/2022).  - (AP Photo/Aaron Favila)

Sebelumnya Elon Musk dijadwalkan untuk hadir secara fisik dalam rangkaian KTT G-20, termasuk di antaranya KTT B20. Namun, karena banyaknya urusan yang tak bisa ditinggalkan di negaranya, Musk batal mengunjungi Indonesia dan memilih berpartisipasi secara daring. "Beban kerja saya sedang meningkat akhir-akhir ini," kata Musk.

Pemilik beberapa lini bisnis seperti kendaraan listrik Tesla, bisnis transportasi luar angkasa SpaceX, dan baru-baru ini juga membeli salah satu platform media sosial, Twitter, dikabarkan tertarik untuk berinvestasi di Indonesia. Indikasi tersebut disampaikan oleh Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang menemui Musk di pabrik Tesla di Austin, Texas, AS, pada April lalu.

Dari pertemuan itu, Luhut mengatakan Indonesia sudah memiliki non disclosure agreement (NDA) dengan Tesla mengenai perkembangan rencana investasi. Namun hingga kini rencana tersebut belum berhasil terwujud, meskipun Luhut sempat mengemukakan minat Tesla untuk berinvestasi di Indonesia yang adalah negara penghasil nikel terbesar di dunia. Nikel merupakan bahan baku utama baterai kendaraan listrik, bisnis yang melambungkan nama Musk.

Batik bomba selama ini menjadi salah satu wastra unggulan Kota Palu, Sulawesi Tengah, bersama beragam kain tenun khas wilayah itu. Pandemi membuat perajin dan penjual batik bomba terpuruk.

Batik bomba merupakan batik khas lokal dengan motif tenun. Selama ini penjualan batik bomba dipengaruhi oleh pesanan dari pemerintahan hingga laris di kalangan tamu-tamu yang datang ke Palu terkait pekerjaan. Penjual saat itu terpaksa menurunkan harga batik bomba agar bisa bertahan.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Adaro Minerals Pasok Aluminium ke Hyundai

Suplai dan permintaan aluminium telah menjadi tidak stabil karena variabel-variabel situasional tak terduga.

SELENGKAPNYA

PLN Bentuk Unit Khusus Transisi Energi

PLN percaya kolaborasi dan inovasi adalah kunci masa depan energi bersih dan terjangkau.

SELENGKAPNYA

Pembangunan IKN Incar Dana ESG

Skema blended finance diperlukan untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan perubahan iklim.

SELENGKAPNYA