Para anggota kelompok separatis bersenjata Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) di Kabupaten Puncak, Papua, Rabu (9/3/2022). | Dok TPNPB

Nasional

Prajurit TNI Tertembak Saat Diserang KKB

Kontak senjata personel TNI dengan kelompok bersenjata Papua sudah kerap terjadi.

JAYAPURA—Seorang prajurit TNI Serka Iskan Dwi Wardana tertembak dalam serangan yang dilancarkan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pada Ahad (13/11) sekitar pukul 11.37 WIT. KKB menyerang patroli aparat keamanan.

Akibat serangan tersebut, Serka Iskan Dwi Wardana dilaporkan terkena luka tembak di bagian paha kanan. "Memang benar ada laporan KKB menyerang aparat keamanan di sekitar Kampung Yenggernok, Distrik Gome, Kabupaten Puncak, Papua Tengah. Memang benar ada laporan anggota terluka tembak dan saat ini sudah dievakuasi ke Puskesmas Ilaga," kata Danrem 173/PVB Brigjen TNI Sri Widodo kepada, Ahad (13/11).

Danrem 173 mengaku, anggotanya yang mengalami luka tembak itu dalam kondisi sadar, dan akan segera dievakuasi ke Timika. "Prajurit TNI AD itu sudah mendapat pertolongan pertama di Puskesmas Ilaga," ujar Sri Widodo.

Ketika ditanya pelaku penyerangan dari kelompok mana, Danrem 173/PVB mengaku masih menunggu laporan lengkap dari Ilaga. "Kalau sudah ada info lengkapnya nanti disampaikan," kata Danrem 173/PVB.

Sersan Kepala Iskan Dwi Wardana, prajurit yang mengalami luka tembak akibat diserang kelompok kriminal bersenjata saat berpatroli di sekitar Kampung Yenggernok, Distrik Gome, Kabupaten Puncak, Papua Tengah, dievakuasi ke Timika pada Ahad sore. Korban yang mengalami luka tembak di paha sebelah kanan itu dievakuasi menggunakan helikopter Caracal.

Dandim 1714 Puncak Jaya Letkol Infanteri Deni Salurerung menuturkan, wilayahnya termasuk Kabupaten Puncak itu mengatakan dari laporan yang diterimanya, korban mengalami luka-luka setelah ditembaki anggota KKB saat berpatroli. "Kondisi korban stabil dan sempat mendapat penanganan medis di Puskesmas Ilaga," ujar Letkol Inf Deni.

Mengenai pelaku penyerangan, Dandim Puncak Jaya mengatakan dari laporan prajurit di lapangan, pelaku penembakan adalah KKB pimpinan Numbuk Telenggen.

Sebelumnya, baku tembak antara KKB dengan anggota Batalion Infantri Para Raider 431/SSP, Rabu (29/6) petang di Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, menyebabkan seorang prajurit gugur. "Memang benar ada laporan terkait meninggalnya anggota Batalion Infantri PR 431/SSP, yaitu Prajurit Dua Beryl Kholif Al Rohman, di Kiwirok," kata Komandan Korem 172/PWY, Brigadir Jenderal TNI Jo Sihombing.

photo
Sejumlah tenaga kesehatan (Nakes) korban penyerangan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) turun dari helikopter milik TNI AD di Lapangan Frans Kaisepo Makodam XVII Cenderawasih, Kota Jayapura, Papua, Jumat (17/9/2021). - (ANTARA FOTO/Indrayadi TH)

Kontak senjata antara personel TNI dengan kelompok bersenjata Papua sudah kerap terjadi, di antaranya pada 26 Maret 2022. Saat itu kelompok bersenjata menyerang Pos Marinir Perikanan Quari Bawah, Distrik Kenyam, Nduga. Satu perwira pertama Korps Marinir TNI AL, Letnan Dua Marinir Mohamad Iqbal, gugur. Adapun sembilan anggotanya yang lainluka berat dan ringan.

Menjelang akhir 2021, Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa, mengaku akan mengevaluasi berbagai hal tentang aktivitas TNI di banyak wilayah Tanah Air. Ia dilantik menjadi panglima TNI menggantikan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, pada 17 November 2021. Andika menyatakan ingin TNI memperlakukan Papua sebagaimana provinsi lain di Indonesia.

"Saya akan lakukan evaluasi, lakukan perubahan dalam hal bagaimana kita beraktivitas, bukan hanya di Papua, tapi juga di seluruh wilayah NKRI," kata dia. Walau begitu, baku tembak antara tentara dengan kelompok bersenjata terjadi juga, di antaranya di Distrik Sugapa, Intan Jaya, penembakan Kantor Polsek Sugapa, Intan Jaya, serta penembakan di Kabupaten Yahukimo. 

Tiga Tahap Kaven Siddique Lim Menuju Hidayah

Mualaf asal Singapura ini terkesan pada akhlak dan ajaran agama Islam.

SELENGKAPNYA

Masjid Besar al-Hidayah, Cermin Toleransi di Pulau Dewata

Masjid Besar al-Hidayah menjadi “saksi” kerukunan antarumat beragama.

SELENGKAPNYA

Haji Abdurrahman Sjihab, Teladan Sang Pendidik

Haji Sjihab menaruh perhatian besar pada upaya-upaya menjaga akidah umat.

SELENGKAPNYA