Mikel Arteta | AP/Peter Dejong

Sepak Bola

Respons Arsenal dan Kejutan Newcastle

City dan Arsenal terus bergantian menempati peringkat teratas klasemen sementara.

LONDON -- Keberhasilan Manchester City mengambil alih puncak klasemen sementara Liga Primer Inggris direspons Arsenal dengan sempurna. Melawat ke markas salah satu anggota the big six, Chelsea, the Gunners membawa pulang tiga poin dengan kemenangan tipis 1-0 di Stamford Bridge, Ahad (6/11).

Gol semata wayang Gabriel Magalhaes melanjutkan sepak pojok Bukayo Saka sudah cukup membawa Arsenal kembali ke puncak. Dengan koleksi 34 poin dari 13 laga, the Gunners kembali mengantongi keunggulan dua poin atas City yang bersusah payah memetik kemenangan 2-1 atas Fulham.

Kemenangan itu sekaligus memperpanjang laju tanpa kekalahan  Arsenal menjadi tujuh laga sejak dibekap Manchester United, 1-3, awal September silam. Tim asuhan Mikel Arteta hanya kehilangan dua poin dalam perjalanannya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Arsenal (@arsenal)

The Gunners pun mulai dilirik sebagai salah satu kandidat terkuat pesaing Manchester City untuk menjuarai Liga Primer Inggris musim ini. Keyakinan Arteta terhadap kemampuan anak-anak asuhnya untuk bisa bersaing dalam perebutan gelar pun semakin tebal, menilik performa pada laga kontra the Blues. 

Namun, pelatih asal Spanyol itu tidak mau jemawa. "Lihatlah apa yang City lakukan dalam enam musim terakhir. Mereka konsisten hampir di semua kompetisi, kami harus menghormati itu," kata Arteta, seperti dilansir Sky Sports, Senin (7/11).

Ia menilai penampilan timnya terus berkembang menjadi jauh lebih baik. Namun, ia mengingatkan, kompetisi ini merupakan pertunjukan panjang.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Manchester City (@mancity)

Hingga Liga Primer Inggris telah menuntaskan pekan ke-14, City dan Arsenal terus bergantian menempati peringkat teratas klasemen sementara. Keduanya pun tidak pernah absen dalam mengisi dua posisi teratas papan klasemen sejak menginjak pekan keempat, akhir Agustus silam.

Di tengah persaingan dua tim tersebut, secara mengejutkan ada tim lain yang menyelinap di papan atas, yakni Newcastle United. Perlahan tapi pasti, the Toon Army terus menapak dari papan tengah hingga sekarang menempati peringkat ketiga, menggeser Tottenham Hotspur. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Newcastle United FC (@nufc)

Sama-sama telah merumput di 14 laga, Newcastle unggul satu poin dari the Lilywhites. Kemenangan 4-1 atas Southampton, ditambah kegagalan Spurs memetik poin usai dibekap Liverpool 1-2, membawa tim besutan Eddie Howe itu membuntuti City.

Sembilan laga terakhir di pentas Liga Primer Inggris dilalui Miguel Almiron dan kawan-kawan tanpa kekalahan. Kemenangan 2-1 atas Tottenham Hotspur dan menahan imbang Manchester United tanpa gol menjadi dua raihan hasil apik Newcastle sepanjang periode tersebut. Dalam empat laga terakhir, klub yang diakuisisi oleh lembaga investasi asal Arab Saudi itu tidak pernah kehilangan poin.

Ketajaman lini serang yang ditandai produktivitas gol menjadi salah satu keunggulan the Magpies pada musim ini. Dari 14 laga yang telah dilakoni, Newcastle telah mengemas 28 gol. Catatan gol itu hanya bisa dilampaui oleh Arsenal dan City. Untuk urusan mencetak gol ini, Newcastle jauh lebih baik daripada Chelsea, Manchester United, Liverpool, dan Tottenham.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Tottenham Hotspur (@spursofficial)

Meski berhasil membungkam the Saints, 4-1, pelatih Newcastle Eddie Howe mulai mencium adanya kecenderungan penurunan performa dari anak-anak asuhnya. Kondisi itu harus dihindari the Magpies agar bisa tampil konsisten dan bertahan di persaingan papan atas Liga Primer Inggris musim ini.

“Kami mungkin terlihat tampil cukup nyaman. Namun, para pemain tahu, mereka tidak tampil maksimal," ujar Howe, seperti dilansir BBC. 

BPS: Pemulihan Ekonomi Makin Kuat

Belanja masyarakat menengah atas menjadi pendorong pertumbuhan.

SELENGKAPNYA

Indonesia Serukan Kolaborasi Hadapi Krisis Iklim Bumi

Kolaborasi dinilai sebagai hal yang mutlak diperlukan untuk menghadapi perubahan iklim.

SELENGKAPNYA

Prokes Delegasi G-20 Diterapkan Berlapis

Pemerintah akan menerapkan protokol kesehatan berlapis untuk memastikan kesehatan para delegasi.

SELENGKAPNYA