Hugo Lloris | AP Photo/Daniel Cole

Sepak Bola

Malam Dramatis di Marseille dan Lisbon

Frankfurt kali pertama tampil ke babak 16 besar Liga Champions.

MARSEILLE -- Tottenham Hotspur dan Eintracht Frankfurt memastikan diri melaju ke babak 16 besar Liga Champions sebagai wakil Grup D. Tottenham menggenggam status sebagai juara grup, lalu Frankfurt mengakhiri penyisihan Grup D di peringkat kedua.

Namun, tiket ke babak 16 besar Liga Champions itu didapatkan the Lilywhites dan Die Adler secara dramatis pada laga pemungkas penyisihan Grup D, Rabu (2/11) dini hari WIB. Sama-sama melakoni laga tandang dan sempat tertinggal lebih dulu, Spurs dan Frankfurt akhirnya menutup laga dengan kemenangan identik, 2-1.

Spurs mempermalukan Olimpique Marseille di Stadion Velodrome, sedangkan Frankfurt membungkam tuan rumah, Sporting Lisbon, di Stadion Jose Alvalade. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Tottenham Hotspur (@spursofficial)

Kiper sekaligus kapten Tottenham Hotspur Hugo Lloris menyatakan, kemenangan dari Marseille berhasil didapatkan karena kepribadian rekan-rekan setimnya telah berkembang. Lloris mengatakan, Stade Velodrome adalah tempat yang sulit untuk meraih kemenangan. Oleh karena itu, ia sangat bangga melihat timnya comeback untuk bisa menang.

"Itu adalah malam yang sulit, pertarungan yang hebat, dan bahkan pertarungan yang lebih psikologis karena kami bisa merasakan di babak pertama sebuah tim tanpa rasa takut untuk kalah, itu adalah Marseille," kata Lloris, dikutip dari Sky Sports

Buat Frankfurt, kemenangan di markas Sporting Lisbon menjadi torehan tersendiri dalam sejarah klub asal Jerman tersebut. Untuk pertama kalinya sejak berdiri pada 1899, Frankfurt bisa merasakan tampil di babak gugur Liga Champions. Prestasi tersebut seolah melengkapi keberhasilan tim besutan Olivier Glasner itu merebut titel Liga Europa musim lalu.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Eintracht Frankfurt Official (@eintrachtfrankfurt)

"Kami telah tumbuh menjadi tim yang lebih matang. Bagaimana kami bereaksi setelah tertinggal satu gol dan kalah dari Sporting di pertemuan pertama sudah menjadi perbedaan besar. Kami jauh lebih matang dan jauh lebih matang," kata kiper Frankfurt Kevin Trapp, seperti dilansir DW. 

Sementara Frankfurt menorehkan prestasi gemilang di pentas Liga Champions pada musim ini, Atletico Madrid justru mencatatkan rekor minor. Los Rojiblancos gagal melangkah ke babak 16 besar Liga Champions untuk pertama kalinya sejak musim 2013/2014. 

Digadang-gadang bakal melenggang mulus ke babak 16 besar karena bergabung bersama Porto, Bayer Leverkusen, dan Brugge, Los Rojiblancos malah menjadi pesakitan di Grup B. Runner-up Liga Champions musim 2015/2016 itu terpuruk di dasar klasemen akhir Grup B setelah hanya memetik lima poin, buah dari satu kemenangan, dua hasil imbang, dan tiga kekalahan dari enam laga. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Atlético de Madrid (@atleticodemadrid)

Satu-satunya kemenangan Los Rojiblancos di babak penyisihan Grup D adalah saat mampu membungkam Porto, 2-1, pada laga pembuka. Namun, di laga terakhir, tim besutan Diego Simeone itu gagal mengulangi torehan tersebut. Antoine Griezmann dan kawan-kawan bahkan dipaksa mengakui keunggulan Porto, 1-2, Rabu (2/11) dini hari WIB. 

Pelatih Atletico Madrid Diego Simeone hanya bisa pasrah dengan performa buruk anak-anak asuhnya di pentas Liga Champions musim ini. ''Kami kebobolan nyaris di semua laga dan tidak bisa mencetak gol lebih banyak. Setiap tim bisa dibilang lebih baik dari kami. Kami layak berada di posisi ini. Kami harus menerima kenyataan ini. Mulai besok, pekerjaan besar kami dimulai,'' kata Simeone, seperti dilansir Football Espana.

Dari laga lainnya, Liverpool membukukan kemenangan 2-0 saat menjamu Napoli di Stadion Anfield. Mohamed Salah berharap kemenangan dari laga pemungkas Grup A Liga Champions ini dapat menyuntikkan rasa percaya diri ke dalam timnya yang belakangan terombang-ambing karena hasil kurang optimal. Dalam laga terakhir, Liverpool kalah secara mengejutkan dari Leeds United.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Liverpool Football Club (@liverpoolfc)

"Kami sekarang harus melanjutkan ini. Ini hasil bagus, semoga saja bisa memberi kami rasa percaya diri lebih," ujar Salah. 

Senada dengan salah, manajer Liverpool Juergen Klopp juga menekankan pentingnya kemenangan atas Napoli sebagai reaksi terbaik setelah kekalahan melawan Leeds akhir pekan lalu. "Kami tahu kualitas Napoli. Kami hanya ingin memperlihatkan reaksi (dari kekalahan melawan Leeds) dan itu yang berhasil kami lakukan dengan baik," ujar Klopp.

 

Hasil Lengkap Pertandingan Liga Champions Rabu dini hari WIB 

  • *Porto 2-1 Atletico Madrid
  • Leverkusen 0-0 Club Brugge*
  • *Bayern Munchen 2-0 Inter Milan*
  • *Liverpool 2-0 Napoli*
  • Marseille 1-2 Tottenham*
  • Rangers 1-3 Ajax
  • Viktoria Plzen 2-4 Barcelona
  • Sporting CP 1-2 Frankfurt* 

*Lolos ke babak 16 besar Liga Champions

  

Pesona dari Mohammad Kudus

Sementara, Mohamad Kudus menjadi pusat perhatian musim ini. Penyerang Ajax itu mencetak gol saat kembali ke starting line-up, ketika tim juara Belanda itu melakukan perjalanan ke Skotlandia untuk mengalahkan Rangers. Pemain internasional Ghana itu juga memberikan assist dalam kemenangan 3-1 di Glasgow untuk membawa timnya finis di peringkat ketiga Grup A Liga Champions.

Kudus kini telah mencetak empat gol dalam enam pertandingan di Liga Champions. Kudus menjebol gawang Napoli juga Liverpool selama fase grup. Kudus pun menjadi man of the match dalam pertandingan melawan Rangers setelah kontribusi besarnya memastikan Ajax melaju ke Liga Europa.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by AFC Ajax (@afcajax)

"Saya sangat senang dan yang terpenting kami menang, penghargaan besar untuk semua tim," kata Kudus, dikutip dari laman resmi UEFA, Rabu (2/11).

Namun, perjalanannya di kompetisi kasta tertinggi antarklub Eropa itu harus berakhir karena Ajax gagal lolos ke babak 16 besar. Meski begitu, pemain berusia 22 tahun itu bisa melanjutkan performa impresifnya di Liga Europa. Ia pun berjanji bakal mengambil pelajaran penting dari enam pertandingan di fase grup Liga Champions kali ini.

"Liga Champions sudah berakhir, tapi kami akan belajar dari ini. Kami akan mengambil energi dan pelajar yang kami pelajari ke Liga Europa. Mudah-mudahan kami akan memiliki musim yang kuat di Liga Europa," ujar Kudus. 

 
 
Ini mengecewakan, secara keseluruhan pertandingan yang sangat sulit bagi kami. Kami mencoba menekan mereka, tetapi Anda melihat perbedaan tingkat energi.
 
 

Kudus menikmati musim yang bagus setelah mencetak lima gol di Eredivisie. Ia direkrut Ajax dari klub Denmark, Nordsjaelland, pada musim panas 2020 dan bermain di posisi gelandang. Namun, ia lebih sering digunakan sebagai nomor 10 oleh tim nasional Ghana dan mencetak lima gol dalam 16 penampilan. 

Di sisi lain, Rangers mengalami musim Liga Champions terburuk dalam 12 tahun terakhir. Rangers bahkan membutuhkan kemenangan dengan selisih lima gol dari Ajax untuk lolos ke Liga Europa. Namun, bukannya menang, skuad asuhan Giovanni van Bronckhorst itu malah tumbang dalam pertandingan yang digelar di Stadion Ibrox. 

Rangers menjadi tim Skotlandia pertama yang mengakhiri fase grup Liga Champions tanpa poin serta menjadi tim ke-22 dalam sejarah kompetisi tersebut. Rekor itu sebelumnya dipegang Dinamo Zagreb ketika selisih gol mereka minus 19 pada musim 2011/12.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Rangers Football Club (@rangersfc)

"Ini mengecewakan, secara keseluruhan pertandingan yang sangat sulit bagi kami. Kami mencoba menekan mereka, tetapi Anda melihat perbedaan tingkat energi," ucap Van Bronckhorst. 

Menurut pelatih asal Belanda itu, untuk bersaing melawan Ajax, timnya membutuhkan momen-momen tekanan untuk bisa menciptakan peluang. Namun, Rangers kekurangan energi untuk menjaga tekanan tetap tinggi. "Mereka memiliki enam hari libur, mereka segar, sedangkan kami bermain pada akhir pekan dan kami mengalami cedera,"ujar dia.

Pelunasan Utang Murabahah Sebelum Jatuh Tempo

Pelunasan utang murabahah lebih awal kesepakatan, apakah harus membayar semua utangnya?

SELENGKAPNYA

Industri Asuransi Syariah Incar Kerja Sama Lintas Negara

Inggris memiliki industri asuransi syariah yang cukup maju, tapi pasarnya rendah.

SELENGKAPNYA

Milan Menatap Akhir Penantian

Milan hanya butuh satu poin untuk bisa lolos ke babak 16 besar.

SELENGKAPNYA