Pengendara berhenti mengikuti isyarat lampu lalu lintas di kawasan yang terdapat kamera pengawas atau Closed Circuit Television (CCTV) di Jalan Tjilik Riwut, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Jumat (8/4/2022). | ANTARA FOTO/Makna Zaezar/wsj.

Nusantara

Polda Kalteng Tarik Seluruh Surat Tilang Manual

Dirlantas Polda Kalteng berharap dapat segera menindak pelanggaran lalu lintas secara ETLE.

PALANGKARAYA--Direktur Lalu Lintas Polda Kalimantan Tengah (Kalteng) Kombes Pol Heru Sutopo menarik seluruh surat tilang manual. Polda Kalteng akan memaksimalkan pencatatan pelanggaran secara eletronik (ETLE). Hal ini sesuai instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo terkait dengan peniadaan tilang manual.

"Menindaklanjuti instruksi itu bahwa penilangan kepada pelanggar lalu lintas tidak boleh dilakukan secara manual. Untuk itu, kami lakukan penarikan surat tilang dari seluruh personel dan Satlantas di jajaran Polda Kalteng," katanya di Palangka Raya, Rabu (26/10).

Menurut dia, Ditlantas Polda Kalteng akan terus memaksimalkan penindakan dengan menggunakan ETLE statis untuk pelanggar lalu lintas itu sendiri. Meskipun, sampai saat ini ETLE statis masih terpasang di satu titik, yaitu di Jalan Tjilik Riwut Kota Palangka Raya.

"Memang saat ini Kalteng hanya memiliki satu titik ETLE dan sejauh ini informasi yang didapatkan, sudah ada dua kabupaten yang mengonfirmasi dukungan penyelenggaraan ETLE di wilayahnya, yaitu Kabupaten Kotawaringin Timur dan Kabupaten Kotawaringin Barat," katanya.

photo
Pengendara berjalan mengikuti isyarat lampu lalu lintas di kawasan yang terdapat kamera pengawas atau Closed Circuit Television (CCTV) di Jalan Tjilik Riwut, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Jumat (8/4/2022). - (ANTARA FOTO/Makna Zaezar/wsj.)

Di sisi lain, dalam penerapan ETLE, Ditlantas Polda Kalteng juga telah menginstruksikan seluruh Satlantas di jajaran Polda Kalteng untuk segera berkoordinasi dengan instansi terkait dan pemerintah daerah. Yakni, agar dapat menyelenggarakan penindakan secara ETLE terkait ditariknya tilang manual pada seluruh jajaran.

"Untuk menyikapi instruksi dari pimpinan maka kami sudah melayangkan surat telegram kepada jajaran perihal penarikan tilang manual yang ada di seluruh Satlantas di jajaran Polda setempat, sehingga kita berfokus dengan penegakan hukum melalui tilang ETLE," tegas Heru.

Dirlantas Polda Kalteng berharap agar seluruh kabupaten di wilayah Kalteng dapat segera menyelenggarakan penindakan pelanggaran lalu lintas secara ETLE. Untuk menyiasati belum terpenuhinya ETLE di seluruh daerah, Dirlantas pun juga telah meminta kepada Korlantas untuk dapat menyelenggarakan ETLE Mobile di Kalteng.

photo
Pengendara melintas di bawah kamera pengawas atau Closed Circuit Television (CCTV) yang terpasang di Jalan Engku Putri, Batam, Kepulauan Riau, Kamis (1/9/2022). - (ANTARA FOTO/Teguh Prihatna)

ETLE Mobile ini nantinya akan di pasang di mobil-mobil patroli dan memiliki fungsi yang sama seperti ETLE biasa. Yaitu, merekam berbagai pelanggaran yang telah dilengkapi fitur artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan sehingga mampu merekam semua jenis pelanggaran kendaraan bermotor.

"Kami berharap agar secepatnya Kalteng memiliki akses untuk ETLE mobile sehingga pelanggaran yang tidak terjangkau oleh ETLE statis tetap dapat ditindak dengan bertujuan untuk membudayakan masyarakat tertib berlalu lintas sehingga angka kecelakaan dapat kami tekan, khususnya di Kalteng," ujar Heru Sutopo.

Sebelumnya, Direktur Penegak Hukum (Dirgakkum) Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Brigjen Pol Aan Suhanan menyampaikan, pihaknya siap memaksimalkan peran ETLE statis dan mobile. Menurut Aan, kesiapan Korlantas dalam memaksimalkan peran ETLE itu dapat dilihat dari jumlah ETLE statis dan mobile yang mereka miliki.

"Korlantas Polri sampai saat ini sudah memiliki 280 lebih ETLE statis dan 800 lebih ELTE mobile untuk menilang pelanggar lalu lintas. Di samping itu, Korlantas juga memiliki 50 ETLE mobile yang terintegrasi dengan mobil," ujar dia. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Sumpah Pemuda Arab

Tampilnya Partai Arab Indonesia (PAI) pimpinan AR Baswedan cukup mengejutkan.

SELENGKAPNYA

Prof Sunario Sastrowardoyo Sang Konseptor Kongres Pemuda

Sunario termasuk salah satu tokoh perintis kemerdekaan yang sangat disegani jasa-jasanya.

SELENGKAPNYA

MUI Bahas Empat Fatwa tentang Zakat

Kerja Komisi Fatwa MUI harus didukung Baznas

SELENGKAPNYA