Peluncuran Wikimu di Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Jakarta, Sabtu (22/10) | Dok PP Muhammadiyah

Khazanah

Wikimu Momentum Muhammadiyah Respons Perubahan Zaman

Kehadiran Wikimu merupakan ikhtiar untuk mengembangkan ensiklopedia Muhammadiyah secara digital

JAKARTA – Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Prof Dadang Kahmad menyampaikan, Muhammadiyah perlu mengantisipasi perubahan zaman agar tidak ditinggalkan orang. Hal ini disampaikannya saat peluncuran Wikimu Ensiklopedia Digital Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Sabtu (22/10).

“Peluncuran Wikimu merupakan momen yang sangat bagus dalam rangka merespons perubahan zaman,” ujar Dadang.

Ia kemudian mengutip pernyataan Kiai Haji Ahmad Dahlan bahwa Muhammadiyah yang akan datang berbeda dengan Muhammadiyah masa kini, Muhammadiyah sekarang ini lain dengan Muhammadiyah yang akan datang.

 
Daya lihat Kiai Haji Ahmad Dahlan cukup jeli sebagai seorang pemimpin, ia melihat masa depan berbeda dengan masa yang lalu.
PROF DADANG KAHMAD Ketua PP Muhammadiyah
 

Maka, kata dia, teruslah bersekolah menuntut ilmu di mana saja berada, jadilah guru dan kembalilah kepada Muhammadiyah. Jadilah dokter sesudah itu kembalilah kepada Muhammadiyah. Jadilah master, insinyur, dan profesional lalu kembalilah kepada Muhammadiyah.

“Daya lihat Kiai Haji Ahmad Dahlan cukup jeli sebagai seorang pemimpin, ia melihat masa depan berbeda dengan masa yang lalu,” kata Dadang saat peluncuran Wikimu.org dan Diskusi Media bertema “Transformasi Muhammadiyah di Era Digital”, Sabtu (22/10).

 

Ia mengingatkan, hendaklah melihat ke masa lalu dan masa yang akan datang. Artinya, Muhammadiyah pada abad pertama yang lalu dengan abad kedua yang sekarang berbeda. Pada abad pertama, berbasis fisik yang megah-megah seperti UMJ dan Universitas Ahmad Dahlan (UAD).

"Tapi abad kedua nanti orientasinya berbeda, kita akan lebih banyak ke digitalisasi, karena itu persiapan yang sangat kuat dan baik perlu (dilakukan Muhammadiyah untuk) mengantisipasi perubahan-perubahan, agar tidak menjadi sesuatu yang ditinggalkan orang," ujar Dadang.

Sementara, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Haedar Nashir menyampaikan selamat atas peluncuran Wikimu Ensiklopedia Digital Muhammadiyah. Menurut dia, hal ini sebagai langkah baru sekaligus tonggak serangkai dari jejak Muhammadiyah di era digital. Di era revolusi 4.0, kehadiran Wikimu merupakan ikhtiar untuk mengembangkan ensiklopedia Muhammadiyah secara digital.

photo
Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir. - (ANTARA FOTO/Irfan Anshori)

“Dengan Wikimu diharapkan berbagai macam informasi, pengetahuan, isu-isu yang terkait dengan Muhammadiyah dalam berbagai aspeknya dapat ditelusuri, dapat diakses, dan menjadi informasi rutin yang akurat mengenai persyarikatan Muhammadiyah,” kata Haedar.

Lebih lanjut, Haedar menyampaikan, Wikimu yang diterbitkan dan dikelola oleh Majelis Pustaka dan Informasi Pimpinan Pusat Muhammadiyah melengkapi berbagai program Muhammadiyah yang menampilkan segala isu, pemikiran, dan informasi Muhammadiyah, khususnya dalam sistem digital.

Wikimu ini merupakan keniscayaan baru ketika Muhammadiyah dituntut zaman yang selalu lekat dengan berbagai bentuk sistem digital."Insya Allah dengan Wikimu maka Muhammadiyah akan menjadi organisasi yang semakin terpublikasi luas secara masif, mudah, cepat, dan akurat," ujarnya.

 

 

Dengan Wikimu maka Muhammadiyah akan menjadi organisasi yang semakin terpublikasi luas secara masif, mudah, cepat, dan akurat.

 

PROF HAEDAR NASHIR Ketua Umum PP Muhammadiyah
 

 

Ia juga berharap Wikimu betul-betul dikelola dan menyajikan informasi yang sebenar mungkin, sebaik mungkin, dan seakurat mungkin, sehingga kesahihannya dapat diterima masyarakat luas dan menjadi rujukan publik, termasuk kaum milenial.

“Semoga Wikimu dapat menjadi langkah dan jejak baru Muhammadiyah dalam mengemban misi dakwah dan tajdid di era baru,” kata Haedar. 

Lakukan Tes Keunikan Anak Sejak Dini

Cari tahu kemampuan, minat hingga bakat buah hati.

SELENGKAPNYA

Relasi Tuhan dan Hamba

Dalam perspektif tasawuf, hubungan primer Allah dan makhluk-Nya terjalin bagaikan langit dan bumi.

SELENGKAPNYA

Sumpah Pemuda di Rumah Pondokan

Para pemuda dan mahasiswa yang menghadiri acara ini cukup membeludak.

SELENGKAPNYA