Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS) Janet Yellen. | AP/Evan Vucci

Internasional

Yellen Prediksi Harga BBM di Amerika Naik

Minyak Rusia dibiarkan tetap mengalir ke pasar global untuk menjaga pasokan agar harga tetap terkendali.

WASHINGTON -- Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS) Janet Yellen mengatakan, warga AS mungkin menghadapi kenaikan harga bahan bakar (BBM) pada musim dingin. Sementara Uni Eropa banyak memotong pembelian minyak dari Rusia.

Yellen menambahkan, Barat mengusulkan untuk menetapkan harga tertinggi yang diizinkan untuk minyak yang diekspor dari Rusia. Penetapan ini dirancang untuk menjaga harga.

"Ini sebuah resiko dan ini adalah risiko yang sedang kami upayakan untuk mengatasi batas harga," kata Yellen kepada CNN, Ahad (11/9).

Yellen mengatakan, kenaikan harga mungkin dapat terjadi karena Uni Eropa "akan menunda sebagian besar pembelian minyak Rusia". Selain itu, Uni Eropa juga akan memberlakukan larangan pada sarana yang memungkinkan Rusia mengirimkan minyak dengan kapal tanker.

Rencana penetapan harga tertinggi ini  telah disetujui negara-negara kaya G-7. Kebijakan ini meminta negara-negara yang berpartisipasi menolak asuransi, pendanaan, perantaraan, navigasi, dan layanan kargo minyak yang harganya di atas harga yang sudah ditetapkan untuk produk minyak dan minyak mentah.

Yellen mengatakan, pembatasan harga bertujuan untuk menurunkan pendapatan Rusia yang dapat digunakan untuk mendanai perang di Ukraina. Namun, pada saat yang sama minyak Rusia dibiarkan tetap mengalir ke pasar global untuk menjaga pasokan minyak agar harga minyak dunia tetap terkendali.

Sulit diverifikasi

Peperangan masih berlanjut di Ukraina, sejak invasi Rusia 24 Februari silam. Jerman dilaporkan menolak permintaan Ukraina akan tank tempur utama. Saat ini Ukraina mendapat dukungan dari puluhan negara termasuk Amerika Serikat, Uni Eropa, dan Jerman.  

 “Tidak ada negara yang mengirimkan kendaraan tempur infanteri atau tank tempur utama buatan Barat sejauh ini (ke Ukraina). Kami telah sepakat dengan mitra kami bahwa Jerman tidak akan mengambil tindakan seperti itu secara sepihak,” kata Menteri Pertahanan Jerman Christine Lambrecht, Senin (12/9).

photo
Api membumbung menyusul serangan Rusia ke wilayah Pokrovsk, Ukraina, Sabtu (10/9/2022). - (AP Photo/Leo Correa)

Pada Senin, Ukraina mengeklaim merebut kembali satu desa yang dikuasai Rusia. Mereka juga menggunakan momentum perlawanan untuk terus mendorong pasukan Rusia ke perbatasan.

"Di sejumlah wilayah garis depan, pejuang kami mencapai perbatasan negara (Ukraina) dengan Federasi Rusia," kata Oleh Syniehubov, gubernur Kharkiv.

Rusia mengakui perkembangan militer Ukraina dengan mengatakan, mereka sedang melakukan perubahan formasi dan taktik. Namun, sepanjang perang berlangsung, amat sulit memverifikasi klaim militer secara independen.

Keberhasilan Ukraina di wilayah Kharkiv merupakan kekalahan terbesar Moskow sejak mundur dari Ibukota Kiev dan sekitar April lalu. Ukraina merebut pusat logistik Rusia yang digunakan untuk memasok pasukan di timur Ukraina.

Namun, Istana Kepresidenan Rusia atau Kremlin mengatakan, Rusia akan mencapai tujuan militernya di Ukraina. Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov menolak menjawab secara langsung ketika ditanya apakah Presiden Vladimir Putin yakin terhadap pemimpin militer Rusia.

"Operasi militer berlanjut dan akan berlanjut sampai tujuan yang telah ditetapkan sejak tercapai," kata Peskov, Senin (12/9).

Pernyataan ini merupakan respons pertama Kremlin mengenai serangan balik Ukraina pekan lalu. Kiev mengatakan mereka telah merebut kembali sekitar tiga ribu kilometer persegi wilayahnya dalam beberapa hari.

Peskov juga mengatakan, tidak ada pembicaraan tentang kemungkinan zona demiliterisasi di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Zaporizhzhia. Sementara demiliterisasi menjadi salah satu rekomendasi Badan Energi Atom Internasional (IAEA), usai berkunjung ke PLTN terbesar di Eropa tersebut pada bulan ini.

Sementara Kepala Dewan Keamanan Rusia Dmitry Medvedev mengatakan, negaranya mungkin akan meminta penyerahan total Ukraina guna mengakhiri peperangan. Dia menyoroti penolakan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy untuk melakukan dialog. 

 

Tim Khusus Dibentuk Atasi Kebocoran Data

Data-data yang dibocorkan Bjorka diklaim merupakan data yang bersifat umum.

SELENGKAPNYA

Berbincang tentang Petani Kopi, Perempuan, dan Islam  

Wawancara Wakil Kepala United States Agency for International Development (USAID) Dr Isobel Coleman

SELENGKAPNYA

Aturan Baru Masuk PTN Resahkan Orang Tua

Aturan baru ini dinilai akan berdampak pada skema mengajar yang dilakukan guru-guru di sekolah.

SELENGKAPNYA