Erling Braut Haaland | REUTERS/Ina Fassbender

Sepak Bola

06 Aug 2022, 04:30 WIB

Menanti Debut Haaland

Guardiola meminta Man City berfokus pada partai melawan West Ham.

LONDON -- West Ham United bersiap menjalani partai perdana melawan juara bertahan Manchester City pada pekan pertama Liga Primer Inggris 2022/2023 di London Stadium, Ahad (7/8) malam WIB nanti. Kedua tim tentu berambisi mengamankan hasil positif. 

Tugas berat dipikul pelatih West Ham David Moyes karena harus membendung kekuatan Manchester City. Apalagi, the Citizens saat ini telah membangun skuad yang diharapkan lebih kuat dari musim sebelumnya. 

Pada aktivitas transfer musim panas, Man City telah mendatangkan beberapa pemain yang dibutuhkan oleh juru taktik Pep Guardiola, seperti Kalvin Phillips, Julian Alvarez, Stefan Ortega Moreno, dan penyerang Erling Braut Haaland. Keempat pemain baru tersebut juga sudah menjalani latihan bersama dengan skuad the Eastland menjelang dibukanya musim Liga Primer Inggris akhir pekan ini.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Erling Braut Haaland (@erling.haaland)

Sorotan tajam pendukung Manchester Biru mengarah kepada Haaland menyusul kegagalannya saat pertandingan Community Shield melawan Liverpool pekan lalu. Bomber Norwegia itu menunjukkan performa kurang siap di pertandingan kompetitif pertamanya. Haaland gagal menginspirasi Man City hingga menderita kekalahan 1-3 di tangan Liverpool pada Community Shield 2022.

Guardiola tak menuntut terlalu keras kepada pemain barunya mengenai performa di atas lapangan. Ia mengeklaim, para fan harus menunggu. "Kami telah menunjukkan dalam beberapa tahun terakhir memiliki skuad kecil dan kami berada di sana pada tahap terakhir," kata Guardiola dilansir laman resmi klub, Jumat (5/8).

Guardiola enggan menitikberatkan hal tersebut kepada satu pemain seperti Haaland. Ia berharap semuanya berjalan secara tim dengan kolektivitas tinggi.

"Sesuaikan saja cara dia bermain, dan kami akan mengadaptasi trik akhir untuknya. Saya tidak ragu, tetapi gol yang akan dicetaknya saya tidak tahu," kata pria asal Spanyol itu.

Terlepas dari hal tersebut, Guardiola memilih berfokus pada partai melawan West Ham. Pasalnya, ia melihat pertarungan gelar Liga Inggris musim ini terlalu berat dan semua klub telah melakukan perubahan untuk menjadi lebih baik.

"Saya pikir musim depan tidak bisa lebih sulit, tetapi memang begitu. Setiap klub menjadi lebih baik, mereka memiliki keinginan. Setiap orang. Bukan hanya satu tim, banyak tim melakukannya dengan baik, kualitas dan pelatihnya luar biasa. Itulah mengapa Liga Inggris adalah yang terbaik," kata Guardiola.

Adapun Haaland berpeluang untuk membungkam kritik yang tertuju kepadanya saat berkunjung ke London. Eks striker Borussia Dortmund itu tak sabar untuk memperkuat timnya menjalankan musim ini.

"Saya menantikan atmosfer dan rivalitas kami melawan mereka, fan saling berhadapan. Saya sudah berkali-kali menyaksikan pertandingan di Inggris dan ini adalah sesuatu yang sangat saya sukai," ungkap Haaland.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by West Ham United (@westham)

Lebih lanjut Haaland mengakui, pertandingan versus the Hammers tentu akan berjalan dengan sulit dan inilah daya tarik Liga Inggris.

Pada laga nanti, Aymeric Laporte diperkirakan tidak akan memperkuat Man City setelah menjalani operasi lutut. Ia bakal absen hingga September 2022.

Di sisi lain, pelatih West Ham David Moyes memuji aktivitas transfer Manchester City, terlebih dengan kehadiran Haaland. Ia pun menyebut Haaland akan memberikan efek positif dalam skuad the Eastland.

"Dia akan beradaptasi dengan cepat karena dia berada di klub sepak bola papan atas. Ia seorang striker terbaik di dunia saat ini," kata Moyes. 

West Ham belum menikmati pramusim yang positif menjelang musim baru. Setelah memenangkan pertandingan pembukaan musim panas, klub London itu gagal memenangkan enam pertandingan berikutnya melawan tim-tim seperti Boreham Wood, Ipswich Town, dan Reading.

Prediksi Susunan Pemain:

West Ham United (4-2-3-1)

Pemain: Lukasz Fabianski; Coufal, Zouma, Dawson, Cresswell; Nasi, Soucek; Bowen, Fornals, Benrahma; Antonio

Manchester City (4-2-3-1)

Pemain: Ederson; Walker, Dias, Ake, Cancelo; Rodri, Bernardo; Alvarez, De Bruyne, Foden; Haaland

 


Trayektori Karier Konate

Klopp optimistis Konate bisa disertakan kala melawat ke markas Fulham.

SELENGKAPNYA

Tekad PSM Pertahankan Tren Positif Saat Jamu Persija

Persija baru bangkit dari kekalahan pada laga perdana.

SELENGKAPNYA
×