Penyandang disabilitas tuli membuat batik tulis bermotif ASEAN Para Games 2022 di Batik Toeli Laweyan, Solo, Jawa Tengah, Selasa (26/7/2022). | ANTARA FOTO/Maulana Surya/rwa.

Olahraga

Menang Telak Atas Kamboja, Timnas Sepak Bola CP ke Semifinal

Setelah mengalahkan Kamboja, Indonesia kini menempati peringkat puncak.

SOLO -- Tim nasional (timnas) sepak bola cerebral palsy (CP) Indonesia berhasil menempati posisi puncak putaran pertama setelah mengalahkan Kamboja dengan skor telak 7-1 dalam pertandingan ASEAN Para Games XI 2022 di Stadion Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Selasa (2/8). Pada pertandingan sebelumnya, Indonesia juga mengemas kemenangan atas Thailand dengan skor 3-2 dan mengalahkan Myanmar 5-1.

Tujuh gol Indonesia ke gawang Kamboja dicetak oleh Muh Ridhani pada menit ke-8, Chayana menit 11, 15, 20, dan 31, Abdul Aziz Nur menit ke-38 dan Efi Yikwa menit ke-54. Satu-satu gol Kamboja dicetak oleh Lao Sophanna pada menit ke-49.

Dengan kemenangan itu, Indonesia melangkah ke babak semifinal dan akan menghadapi lawan yang sama, yakni Kamboja. Tim tuan rumah kemudian akan menghadapi pemenang antara Thailand melawan Myanmar.

Pelatih timnas sepak bola CP Indonesia Anshar Ahmad seusai pertandingan itu mengatakan, anak-anak asuhnya bermain lepas dan terbuka sehingga banyak serangan membuahkan gol ke gawang Kamboja.

"Kami sengaja menurunkan pemain lapis kedua untuk menghindari adanya pemain yang cedera. Target emas sepak bola CP sudah ada di benak para pemain," kata Anshar.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by ASEAN Para Games Solo 2022 (@aseanpg2022)

Anshar mengatakan, akurasi tendangan para pemainnya rata-rata sudah lebih baik karena terus bekerja keras melakukan latihan. Selain itu, materi pemain pada APG tahun ini juga lebih bagus.

Setelah mengalahkan Kamboja pada putaran pertama tersebut, Indonesia kini menempati peringkat puncak dan disusul Thailand pada peringkat kedua serta Myanmar dan Kamboja di posisi ketiga. "Indonesia pada babak semifinal akan bertemu Kamboja lagi untuk menentukan ke final dan lawannya nanti pemenang antara Thailand vs Myanmar," kata Anshar.

Sementara itu, pelatih Kamboja Im Sopheak Makara mengatakan, Indonesia bermain bagus. Namun, timnya bisa memasukkan satu gol dan sudah merupakan hal yang luar biasa karena Indonesia tim yang kuat dan kualitas pemain merata.

"Saya menyukai tim Indonesia karena mereka sangat menghormati dalam game ini, dan mengutamakan persahabatan yang lebih penting untuk negara-negara di Asia Tenggara," ujar Makara.

Pemain Kamboja bernomor punggung 9, Lao Sophanna, mengaku senang bisa mencetak satu gol ke gawang Indonesia. "Saya baru pertama datang di Indonesia ikut APG dan senang bermain di lapangan bagus di negara ini," kata Lao. (c02)

Guterres Ingatkan Ancaman Nuklir

Konflik Ukraina menaikkan potensi konfrontasi nuklir atau risiko kecelakaan.

SELENGKAPNYA

Kemenkominfo Normalisasi Lima PSE Diblokir

Kominfo menormalisasi akses terhadap lima PSE privat besar yang sudah diblokir.

SELENGKAPNYA

Drone Akhiri Perjalanan Pak Dokter Alqaidah, Al-Zawahiri

CIA melakukan serangan drone di ibu kota Afghanistan yang menewaskan Al-Zawahiri.

SELENGKAPNYA