Petugas dari Dinas Kebersihan Mental dan Kesehatan New York membantu warga mendaftar untuk mendapat vaksin cacar monyet alias monkeypox , Selasa (26/7/2022). | AP Photo/Mary Altaffer

Internasional

New York Status Darurat Cacar Monyet

Filipina melaporkan kasus pertama cacar monyet pada Jumat.

NEW YORK -- Pejabat di Kota New York pada Sabtu (30/7) mengumumkan keadaan darurat kesehatan masyarakat akibat penyebaran virus cacar monyet. Para pejabat menyebut kota itu sebagai "pusat" wabah monkeypox atau cacar monyet.

Dalam pernyataan bersama, Wali Kota New York Eric Adams dan Komisaris Kesehatan Ashwin Vasan mengatakan, sebanyak 150 ribu penduduk kota dapat berisiko terinfeksi cacar monyet. Deklarasi tersebut akan memungkinkan pejabat untuk mengeluarkan perintah darurat di bawah kode kesehatan kota. Deklarasi ini juga mengubah ketentuan kode untuk menerapkan langkah-langkah yang dapat membantu memperlambat penyebaran.

"Kami akan terus bekerja dengan mitra federal kami untuk mengamankan lebih banyak dosis vaksin setelah tersedia. Wabah ini harus dihadapi dengan urgensi, tindakan, dan sumber daya, baik secara nasional maupun global, dan deklarasi darurat kesehatan masyarakat ini mencerminkan keseriusan saat ini," ujar Adams dan Vasan dalam pernyataan bersama.

Dua hari sebelumnya, Gubernur New York Kathy Hochul mendeklarasikan darurat bencana negara bagian. Departemen Kesehatan Negara Bagian New York menyebut cacar monyet sebagai ancaman terhadap kesehatan masyarakat.

photo
Seorang pria menjalani vaksinasi cacar monyet alias monkeypox di salah satu klinik di Quebec, Kanada, pada Juni 2022 lalu. - (Reuters)

Pada Jumat (29/7), New York telah mencatat 1.345 kasus. Sementara Kalifornia menempati urutan kedua, dengan 799 kasus. Namun, Kalifornia belum menyatakan status darurat.

Sedangkan Walikota San Francisco London Breed mengumumkan status darurat cacar monyet mulai Senin (1/8). Deklarasi ini memungkinkan jalur birokrasi dipangkas saat terjadi kondisi krisis kesehatan.

"Kita ada di tempat yang sangat menakutkan. Jadi kami tidak ingin kebutuhan kami diabaikan oleh pemerintah federal," kata Breed, Kamis (28/7).

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendeklarasikan cacar monyet sebagai darurat kesehatan global pada 23 Juli. Hingga berita ini ditulis, terdapat lebih dari 22.000 kasus cacar monyet yang dilaporkan di hampir 80 negara sejak Mei. Sekitar 75 dugaan kematian di Afrika, sebagian besar di Nigeria dan Kongo. 

Virus cacar monyet menyebar melalui kontak kulit-ke-kulit yang berkepanjangan dan dekat, termasuk jika berbagi tempat tidur, handuk, dan pakaian. Penyebaran juga bisa terjadi melalui cairan tubuh dan percikan ludah.

Di Eropa dan Amerika Utara, virus ini menyebar terutama di antara pria pelaku hubungan sesama jenis. Namun pejabat kesehatan menekankan bahwa virus tersebut dapat menginfeksi siapa saja.

Jenis virus cacar monyet yang diidentifikasi dalam wabah ini jarang berakibat fatal. Orang yang terinfeksi cacar monyet biasanya sembuh dalam beberapa minggu. Tetapi lesi dan lepuh pada kulit yang disebabkan oleh virus itu akan terasa menyakitkan.

Pada Sabtu, Spanyol melaporkan kematian kedua akibat cacar monyet. Ini diyakini sebagai dua kematian pertama di Eropa akibat cacar monyet. Laporan WHO pada 22 Juli menyebutkan, sebelumnya ada lima orang yang meninggal akibat cacar monyet dan semua kasus ini terjadi di Afrika.

Pada Jumat, kasus cacar monyet di Spanyol mencapai 4.298 kasus. Dari kasus tersebut, 3.500 kasus terjadi para pria pelaku hubungan sesama jenis. Sebanyak 120 kasus membutuhkan perawatan khusus di rumah sakit.

Brasil juga menghadapi kasus pertama cacar monyet yang meninggal, Jumat. Penderita adalah pria berusia 41 tahun. Menurut Kementerian Kesehatan Brasil, sang penderita juga sakit limfoma dan sistem kekebalan tubuh yang rendah.

Kasus di Filipina

Filipina melaporkan kasus pertama cacar monyet, Jumat. Menurut Asisten Kementerian Kesehatan Filipina Beverly Ho, pasien berusia 31 tahun ini dinyatakan sudah sembuh, namun masih menjalani isolasi di rumah. Sepuluh orang yang sempat kontak dengan sang pasien telah diperintahkan untuk menjalani karantina.

Ho mengakui, sang pasien memang baru pulang dari sejumlah negara yang menghadapi kasus cacar monyet. Namun, ia tidak memerinci lebih jauh.

"Sistem pemantauan kesehatan kita berjalan. Namun, kita semua perlu bekerja sama. Kami juga mendesak warga untuk waspada," kata Ho.

Guyonan KH Hasyim Muzadi dan Zuhud Al-Ghazali

Ada penjelasan Imam al-Ghazali yang mirip penjelasan KH Hasyim Muzadi. Semuat tanda kekacauan zaman sudah terjadi.

SELENGKAPNYA

Harta Warisan Jadi Racun, Apa Maksudnya?

Menyegerakan pembagian harta waris lebih baik.

SELENGKAPNYA

Jenis Pernikahan yang Dilarang oleh Agama

Jenis-jenis pernikahan yang dengan tegas dilarang oleh agama ada empat.

SELENGKAPNYA