Sejumlah pendukung klub Persib Bandung menyalakan flare usai pertandingan Liga 1 antara Bhayangkara Fc melawan Persib Bandung di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Ahad (24/7/2022). Pertandingan berakhir imbang dengan skor 2-2 | ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/nym.

Olahraga

Pembelaan Pelatih Soal Lunglainya Skuad Persib

Robi Darwis mengakui masih banyak evaluasi yang diberikan oleh jajaran pelatih.

BANDUNG -- Persib Bandung gagal merebut poin penuh dalam laga perdana Liga 1 2022/2023 dari Bhayangkara FC. Skor pertandingan berakhir 2-2 di Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Ahad (24/7). 

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts mengakui, ada sorotan soal fisik pemain pada laga tersebut. Namun, dia menilai pemain tidak mengalami kelelahan pada akhir laga. 

"Pemain secara kondisi fisiknya sudah bagus dan banyak berlari. Hasilnya juga bagus dari detak jantung mereka," kata Robert di Stadion Sidolig, Kota Bandung, Selasa (26/7).

Namun, untuk beberapa pemain, seperti David Da Silva, kata dia, wajar jika mengalami kelelahan. Hal itu karena David baru pulih dari cedera sehingga kondisi fisiknya berbeda dibandingkan pemain lainnya. "David kelelahan dan itu normal karena dia tidak berlatih seperti yang lain. Beckham mengalami benturan sehingga normal dia diganti, bukan karena kelelahan, tapi karena benturan," ujar Robert. 

Di sisi lain, Robert pun mengakui kondisi fisik yang belum matang dari Robi Darwis terpengaruhi oleh kondisinya yang baru bermain di liga profesional. Sebagai pemain promosi musim ini, Robert memberikan kepercayaan dengan memainkan Robi sejak menit pertama hingga akhirnya harus ditarik keluar karena kelelahan. 

 

"Robi sudah melakukan tugas dengan baik, dia bekerja keras dan wajar dia mengalami kelelahan di kakinya," kata Robert.

Beruntung, pemain lain tidak memiliki masalah sehingga pertandingan masih bisa dikuasai oleh Persib, meski akhirnya Persib kebobolan pada menit akhir. "Kami juga masih memberikan ancaman pada menit-menit akhir meski tidak bisa melakukan penyelesaian akhir dengan baik," ujar Robert.

Robi Darwis mengakui masih banyak evaluasi yang diberikan oleh jajaran pelatih. Pada laga perdana itu, Robi sadar bahwa kesalahannya tengah menjadi sorotan publik yang menyebabkan Persib kebobolan. 

"Sebenarnya kalau dibilang beda iya, karena jenjangnya beda, ini senior dan tekanan berbeda. Mungkin di junior gak ada suporter. Kalau ada, sedikit, tapi kalau senior dengan ribuan Bobotoh dan tekanan dari luar, itu jadi tantangan," kata Robi. 

Di sisi lain, Robi menyebut bahwa dalam usianya yang baru 18 tahun ini banyak perbedaan cara bermain di level senior. Termasuk bagaimana menjaga fisik tetap prima agar di kemudian hari bisa bermain selama 90 menit penuh. 

"Kalau evaluasi, ya lebih kayak 'oh gini situasinya', di Liga 1 itu lawan dan situasi beda dengan usia Robi. Itu jadi pengalaman banget buat Robi bagaimana bermain lebih dewasa," kata dia. 

Penyelenggaraan FIBA Asia Cup 2022 Tuai Pujian 

Perbasi akan mempersiapkan tim terbaik untuk bisa kembali berprestasi di SEA Games.

SELENGKAPNYA

Helat Piala Presiden, PBSI Cari Talenta Muda

Panitia juga telah menggelar sayembara desain Piala Presiden yang diikuti 130 karya peserta.

SELENGKAPNYA