Penumpang bersiap menaiki Kereta Api Gumarang tujuan Surabaya di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Jumat (8/7/2022). | ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Ekonomi

KAI: Volume Penumpang Naik 42 Persen

KAI sempat mengalami tekanan karena turunnya jumlah penumpang yang signifika.

JAKARTA -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mencatat peningkatan volume penumpang kereta api jarak jauh pada semester I 2022 hingga 42 persen dibandingkan periode yang sama pada 2022. Pada periode tersebut jumlah penumpang kereta api jarak jauh mencapai 119,8 juta orang. 

“Volume pelanggan pada semester I 2022 didominasi pelanggan kereta rel listrik (KRL) di wilayah Jabodetabek di mana jumlahnya mencapai 89,9 juta penumpang,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus di Jakarta, Selasa (19/7). 

Joni menjelaskan, kenaikan jumlah penumpang tersebut juga ditunjang oleh meredanya pandemi Covid-19. Selain itu, juga dipengaruhi tingkat vaksinasi yang makin membaik dan relaksasi persyaratan perjalanan di awal tahun 2022. “Kinerja angkutan penumpang KAI grup pada semester I 2022 mengalami recovery yang signifikan,” ujar Joni. 

Joni mengatakan, tren positif tersebut menunjukkan mulai meningkatnya mobilitas masyarakat. Selain itu, juga meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap angkutan kereta api. 

 

Joni menambahkan, pada tahun ini KAI juga terus memperluas layanan dengan mengoperasikan kembali jalur KA Garut-Cibatu pada 24 Maret 2022. Jalur tersebut dibuka pertama kali pada 1889 dan berhenti beroperasi pada 1983.  “Dalam reaktivasi jalur sepanjang 19 km tersebut, juga dioperasikan kembali tiga stasiun, yaitu Stasiun Garut, Wanaraja, dan Pasirjengkol,” kata Joni.

 Pada periode semester I 2022, KAI juga kembali menyelenggarakan angkutan Lebaran setelah dua tahun vakum akibat kasus pandemi Covid-19 masih tinggi. Joni mengungkapkan, volume penumpang pada angkutan Lebaran 2022 mencapai 4,39 juta orang yang diselenggarakan selama 22 hari, yakni 22 April hingga 13 Mei 2022.  

KAI juga konsisten mematuhi aturan pemerintah terkait perjalanan menggunakan kereta api di tengah regulasi transportasi kereta api karena pandemi. Mulai 17 Juli 2022, KAI menerapkan aturan yang menyesuaikan terbitnya SE Kementerian Perhubungan Nomor 72 Tahun 2022.

photo
Petugas Dinas Jalan Rel KAI melakukan perawatan rel kereta api di jalur relasi Manggarai-Tanah Abang, Pasar Rumput, Jakarta, Selasa (5/7/2022). Perbaikan dan perawatan rel itu dilakukan untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan penumpang seiring meningkatnya frukuensi perjalanan moda transportasi KRL Jabodetabek. - (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Joni menyebutkan, KAI melayani sebanyak 398.260 pelanggan atau rata-rata 132.753 pelanggan kereta api  jarak jauh pada libur Idul Adha sejak Jumat (8/7) hingga Ahad (10/7).  Angka tersebut naik 46 persen dibanding rata-rata volume pelanggan KA jarak jauh pada Juni 2022, yakni 90.913 pelanggan per hari.

Joni menyampaikan, pada periode tersebut KAI mengoperasikan rata-rata 229 perjalanan KA jarak jauh per hari. Adapun rute favorit pelanggan, antara lain, Jakarta-Bandung pp, Jakarta-Yogyakarta pp, Jakarta-Surabaya pp, Jakarta-Semarang pp, Jakarta-Purwokerto pp, Jakarta-Kutoarjo pp, Jakarta-Cirebon pp, Surabaya-Yogyakarta pp, Surabaya-Semarang pp, Surabaya-Jember pp, Surabaya-Madiun pp.

Sebelumnya, KAI mencatat kenaikan jumlah penumpang. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sektor transportasi tersebut sempat mengalami tekanan karena turunnya jumlah penumpang yang signifikan akibat pandemi dari 2020 sampai 2021. “Selama dua tahun ini angkutan penumpang mengalami tekanan namun 2022 sudah terlihat pemulihannya, terlihat sejak April 2022,” kata Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo.

 

Sementara itu, Didiek mengatakan, angkutan barang dalam tiga tahun tetakhir tidak mengalami dampak tekanan yang signifikan. Ia mengatakan, angkutan barang menjadi penopang KAI sejak terdampak pandemi Covid-19. 

Didiek menjelaskan, angkutan penumpang KAI pada 2019 berhasil mengangkut 429 juta orang dalam waktu satu tahun. Kemudian, pada 2020 karena pandemi turun signifikan 56 persen, alhasil KAI hanya mengangkut 186 juta penumpang karena adanya pembatasan mobilitas.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Mitigasi Kelangkaan Pangan Sejak Jauh Hari

Akuakultur berpotensi memberi kontribusi signifikan terhadap ketahanan pangan.

SELENGKAPNYA

Wakil Indonesia Ramai-Ramai Mundur dari Chinese Taipei Open

Rionny tetap menyampaikan evaluasi untuk perbaikan di turnamen-turnamen yang akan datang.

SELENGKAPNYA

Empat Tim Lolos Langsung ke Perempat Final

Tim terakhir yang lolos langsung ke perempat final adalah Iran setelah mengalahkan Jepang.

SELENGKAPNYA