Pekerja melakukan pemerataan dan aerasi lapangan di stadion Brawijaya, Kota Kediri, Jawa Timur, Kamis (23/6/2022). Stadion kandang Persik Kediri tersebut dilakukan pemerataan dan aerasi selama dua pekan agar permukaan lapangan tidak bergelombang seiring a | ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani

Olahraga

Klub Siap Sambut Musim Baru Liga 1

Bertemu dengan tim kuat pada laga pembuka bisa memengaruhi mental tim ke depannya.

JAKARTA -- PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah merilis jadwal Liga 1 untuk musim 2022/2023. Pekan pertama akan dibuka oleh empat pertandingan pada 23 Juli, yakni Bali United melawan Persija Jakarta, PSS Sleman menghadapi PSM Makassar, Madura United melawan Barito Putra, dan PSIS Semarang menghadapi Rans Nusantara FC.

Jadwal Liga 1 yang sudah keluar tersebut memberikan kepastian kepada seluruh klub peserta untuk mempersiapkan timnya. Setelah selesainya rangkaian pertandingan Piala Presiden, mereka mengevaluasi berbagai kekurangan untuk menghadapi musim baru.

Chief Operating Officer (COO) Bhayangkara FC Kombes Sumardji mengatakan, sejauh ini tak ada masalah dengan jadwal Liga 1 untuk musim 2022/2023. The Guardian siap bermain pada waktu sore atau malam hari. Menurutnya, yang terpenting jadwal tersebut berdasarkan asas kebersamaan.

“Tidak saling merugikan itu sudah ada di situ. Dan, kalau kita lihat jadwal, jadwal yang ada Bhayangkara bisa dijalankan dengan baik,” kata Sumardji kepada Republika, Kamis (14/7).

Bhayangkara harus bertemu dengan tim kuat pada pekan pertama, yakni melawan Persib, pada 24 Juli. Klub asal Bandung itu salah satu raksasa sepak bola Indonesia yang diisi oleh pemain top. Tak banyak tim yang bisa dengan mudah mengalahkan Persib.

 

Namun, Sumardji mengatakan, Bhayangkara tak gentar menghadapi salah satu favorit juara itu pada pekan pertama. Ia mengaku tim telah mempersiapkan diri dengan baik dan kondisi sejauh ini siap menyambut musim baru. Ia menegaskan, tak ada yang perlu diragukan. “Kita semakin kompak dan solid,” ujarnya.

Bertemu dengan tim kuat pada laga pembuka bisa memengaruhi mental tim ke depannya. Jika menang, akan meningkatkan rasa kepercayaan diri. Sebaliknya, apabila menelan kekalahan, bukan tak mungkin menurunkan mental pemain.

Sumardji enggan mengungkapkan materi apa yang akan digenjot untuk menghadapi Persib karena masuk ke dalam hal teknis. Hanya saja, ia memastikan Bhayangkara siap terhadap segala kemungkinan terjadi dalam laga tersebut. Ia berharap hasilnya sesuai dengan yang diinginkan.

photo
Pekerja melakukan perawatan rumput di Stadion Indomilk Arena, Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu (6/7/2022). Stadion yang menjadi markas klub Persita Tangerang tersebut menjalani perawatan rutin jelang dimulainya Liga 1 pada 23 Juli 2022. - (ANTARA FOTO/Fauzan)

Bhayangkara kedatangan pemain baru dari Afghanistan, yakni Adam Najem, untuk menggantikan Katsuyoshi Kimishima. Ia mengatakan, Adam sudah datang minggu lalu dan berlatih dengan tim. “Saya sekilas melihat bisa nyetel dengan yang lain, cepat beradaptasi dia,” tuturnya.

CEO PSIS Semarang Yoyok Sukawi mengatakan, tak mendapatkan permasalahan mengenai jadwal yang sudah dirilis oleh PT LIB. Ia menegaskan, PSIS dalam keadaan siap menjalani jadwal padat pada musim baru nanti. PSIS Sendiri akan menghadapi Rans Nusantara FC pada pekan pertama. “Tim dalam kondisi siap tempur,” kata Yoyok.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Jonatan tak Teradang

Rinov/Pitha memetik kemenangan atas ganda campuran asal Malaysia.

SELENGKAPNYA

Selandia Baru Kalahkan India 

Tim India saat ini dihuni mayoritas pemain muda.

SELENGKAPNYA

Pelajaran Berharga Iblis Merah dari Bangkok

Kemenangan ini membuat pemain MU mendapatkan sedikit kepercayaan diri.

SELENGKAPNYA