Pemain Manchester United merayakan kemenangan 4-0 atas Liverpool di Bangkok, Thailand. | Twitter Manchester United

Olahraga

Pelajaran Berharga Iblis Merah dari Bangkok

Kemenangan ini membuat pemain MU mendapatkan sedikit kepercayaan diri.

OLEH EKO SUPRIYADI

Erik ten Hag mengawali karier kepelatihannya di Manchester United dengan sempurna setelah menang 4-0 dari Liverpool di Bangkok, Thailand. Pelatih asal Belanda itu mengaku puas meski ini hanya sebuah laga persahabatan.

Meski demikian, mantan pelatih Ajax tersebut meminta kemenangan ini tidak dilebih-lebihkan meski diraih dari rival mereka di Liga Primer Inggris tersebut. Ia menilai pelatih Liverpool Juergen Klopp menurunkan tim lapis ketiga dalam pertandingan tersebut.

Klopp, yang menggunakan lebih dari 30 pemain dalam pertandingan itu, memberikan debut kepada pemain baru, Fabio Carvalho dan Darwin Nunez. Namun, kemenangan kali ini setidaknya meningkatkan kepercayaan diri pemain MU. 

Iblis Merah menunjukkan performa yang mengecewakan selama beberapa bulan terakhir, dan sampai saat ini masih belum mampu menyelesaikan masalah yang ada. Mereka membutuhkan beberapa hal positif untuk dibawa dari Bangkok walaupun Ten Hag melihat masih ada banyak kesalahan yang dilakukan Bruno Fernandes cs.

 

Apalagi, Liverpool juga bukan tanpa peluang. Ada tiga kali upaya the Reds yang membentur tiang gawang dan kiper David de Gea setidaknya melakukan tiga penyelamatan. Namun, tetap saja, ini menjadi awal yang baik bagi Ten Hag, yang setelah ini akan membawa timnya ke Australia untuk tiga pertandingan. 

''Saya telah melihat beberapa hal yang sangat bagus dan saya pikir apa yang Anda lihat adalah kami memiliki banyak kreativitas dan kecepatan di depan. Jadi, kami memiliki potensi,'' kata Ten Hag, dikutip dari BBC, Rabu (13/7).

Paling tidak, kemenangan ini membuat pemain MU mendapatkan sedikit kepercayaan diri, setelah musim lalu tidak mampu berbuat banyak saat melawan Liverpool. Anthony Martial juga bisa memanfaatkan momentum dalam laga ini seusai kembali dari pinjaman bersama Sevilla dengan mencetak satu gol. 

Bukan itu saja, beberapa pola serangan yang dibangun Jadon Sancho cs juga mulai terlihat rapi. Serangan balik terukur juga ditunjukkan saat Facundo Pellistri mencetak gol keempat MU dalam pertandingan ini.

Namun, Ten Hag masih perlu memperbaiki sektor pertahanan yang masih terlihat rapuh. Liverpool bisa dibilang kurang beruntung tidak bisa mencetak gol dengan banyaknya peluang yang ada, termasuk tiga kali membentur tiang gawang.

Bahkan, Ten Hag menyebut timnya bisa saja kebobolan tiga sampai lima gol. "Kami memiliki banyak hal yang harus dilakukan. Anda lihat, Liverpool adalah tim yang brilian. Ketika Anda membuat kesalahan dalam bertahan, Anda dikalahkan. Jadi, banyak pekerjaan yang harus dilakukan, '' ujar Ten Hag, dikutip dari Sky Sports.

 

Klopp mengakui kekalahan Liverpool dari Manchester United. Namun, ia menegaskan, masih ada aspek positif yang didapatkan dari pertandingan pramusim. Erik ten Hag melakoni laga perdana yang fantastis sebagai pelatih MU walaupun hanya sekadar laga persahabatan di Bangkok, Thailand.

''Hasilnya sudah ada, jadi kami harus menerimanya. Itu sangat jelas di mana kami membuat kesalahan, tapi Anda harus terus bermain dan itulah yang kami lakukan. Kami bisa saja mencetak tiga atau empat gol di lima menit terakhir, tapi kami tidak melakukannya dan itu kesalahan kami,'' kata Klopp.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Mendobrak Batasan untuk Belajar Coding

Dalam dunia digital ekonomi, dasar coding dapat membantu para wanita nyaman untuk melihat satu program.

SELENGKAPNYA

Dominasi Australia Belum Tergoyahkan

Australia mengalahkan Yordania dengan skor 78-60.

SELENGKAPNYA