Jonatan Christie | EPA-EFE/FAZRY ISMAIL

Olahraga

Jonatan tak Teradang

Rinov/Pitha memetik kemenangan atas ganda campuran asal Malaysia.

JAKARTA -- Pebulu tangkis tunggal putra Jonatan Christie mengalami dua kali tekanan pada awal pertandingan babak pertama Singapore Open 2022 sebelum mengakhirinya dengan kemenangan, Rabu (13/7).

Menghadapi Parupalli Kashyap asal India, pebulu tangkis Indonesia unggulan kelima itu mengemas kemenangan dua gim langsung, 21-14 dan 21-15. Pada gim pertama, Jonatan tertinggal 2-5 dari lawannya, pebulu tangkis peringkat ke-38.

Kesempatan untuk mengejar ketertinggalan angka pun datang sebelum interval pertandingan. Jonatan yang bermain lebih tekun dan sabar mampu menyematkan serangan kepada Kashyap dan mampu mendahului perolehan poin lawannya sehingga tiba pada interval dengan skor 11-8.

Kashyap tetap tertekan di bawah Jonatan hingga gim pertama usai. Pada gim kedua, Jonatan juga mengalami tekanan serupa di awal gim, tapi dengan intensitas yang tidak seketat pada gim pembuka. Kali ini, Jonatan lebih dulu memimpin 3-0, tapi terkejar hingga skor imbang 3-3.

 

 

Kemudian, wakil Indonesia tersebut tak mau ketinggalan dan menggenjot level permainannya untuk unggul 5-3 atas Kashyap. Kejar-mengejar skor pun terjadi, kedua pemain saling berebut posisi terdepan.

Namun, lagi-lagi Jonatan kembali memegang keunggulan sebelum jeda interval lewat skor 10-9. Meski hanya selisih tipis dan permainan keduanya terhenti akibat jeda interval, Jonatan terus konsisten dengan menambah perolehan poin menjadi 13-9.

Skor kedua pemain semakin terpaut jauh hingga akhirnya Jonatan mengunci kemenangan pada babak 32 besar setelah menghabiskan 37 menit pertandingan di lapangan nomor satu.

Kemenangan ini sekaligus mencatatkan skor imbang 1-1 pada catatan pertemuannya dengan Kashyap. Sebelumnya mereka bertemu di Malaysia Masters 2015, dengan kemenangan direbut oleh pebulu tangkis India itu.

Wakil tunggal putra Indonesia lainnya, yaitu Chico Aura Dwi Wardoyo, justru langsung terhenti pada babak pertama saat melawan Brian Yang asal Kanada. Juara Malaysia Masters pekan lalu itu kalah dua gim langsung, 12-21 dan 17-21, dalam laga yang dimainkan selama 33 menit.

Sementara itu, ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari merasa lega bisa melalui babak pertama Singapore Open 2022 meski awalnya sempat mengalami kendala teknis di Singapore Indoor Stadium, Rabu.

"Ya, dalam pertandingan tadi kami masih harus melakukan penyesuaian dengan lapangan, angin, dan shuttlecock-nya. Tetapi, syukurlah adaptasinya berjalan baik dan kami bisa menang," tutur Rinov dalam keterangan resmi PP PBSI di Jakarta.

 

Rinov/Pitha yang pekan lalu menjadi finalis Malaysia Masters 2022 memetik kemenangan atas ganda campuran asal Malaysia, Wong Tien Ci/Lim Chiew Sien, dengan skor 21-14 dan 21-16 yang dibukukan hanya dalam 25 menit.

Mereka menceritakan, kendala teknis di lapangan memang hal yang tidak bisa dihindari saat berlaga di arena mana pun. Namun, berkat keyakinan dan motivasi untuk menang, Rinov/Pitha bisa menuntaskan pertandingan dengan kemenangan.

"Yakin dengan kemampuan diri sendiri dan juga pasangan. Kami hanya berprinsip setiap tampil harus bisa lebih baik dari yang kemarin saja," tambah Rinov.

Dengan kemenangan ini, pada babak kedua turnamen level BWF Super 500 ini Rinov/Pitha bakal menghadapi wakil Malaysia yang menjadi unggulan ketujuh, yaitu Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Meneropong Masa Depan De Jong

Perwakilan MU dilaporkan telah berada di Barcelona untuk mendorong kepindahan Frenkie de Jong

SELENGKAPNYA

Dominasi Australia Belum Tergoyahkan

Australia mengalahkan Yordania dengan skor 78-60.

SELENGKAPNYA

Indonesia Taklukkan Saudi di Laga Perdana

Para penggawa tim basket Indonesia bermain dengan baik tanpa melakukan kesalahan.

SELENGKAPNYA