Timnas basket Selandia Baru sebelum mengalahkan India dengan kemenangan besar 100-47 di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (13/7) siang. | Twitter Tall Black

Olahraga

Selandia Baru Kalahkan India 

Tim India saat ini dihuni mayoritas pemain muda.

JAKARTA -- Tim Selandia Baru mengamankan kemenangan pertama di Grup D FIBA Asia Cup 2022. Tim berjuluk Tall Blacks itu menaklukkan India dengan kemenangan besar 100-47 di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (13/7) siang.

Pertandingan sepertinya akan berjalan seimbang setelah India mampu mencetak poin awal dan menjaga keunggulan sampai 3,5 menit awal. Namun, satu dunk Sam Timmins berawal dari tembakan bebas yang gagal membuat Selandia Baru berbalik unggul 9-8. 

Setelahnya, Selandia Baru tak terkalahkan. Tim asuhan Pero Cameron melejit dengan permainan full court press serta memanfaatkan keunggulan dalam rebound. Kuarter pertama ditutup dengan keunggulan 30-12. Kuarter kedua, India hanya bisa mencetak 9 angka dan kemasukan 34 poin sehingga tertinggal 21-64 saat halftime.

India dapat sedikit bernapas pada kuarter ketiga dengan mencetak 14 poin dan kemasukan 16 angka. Selandia Baru masih memimpin 80-35 pada akhir kuarter ketiga. India berusaha memberikan perlawanan terbaik, tapi gagal membendung serangan-serangan Selandia Baru. 

 

Saat laga tersisa 1 menit 22 detik, Taylor Britt melepaskan lay up yang masuk. Namun, dia mendapatkan satu hadiah tembakan bebas karena bigman muda India Aryan melanggarnya. Satu tembakan bebas Britt menggenapkan skor menjadi 100-47 untuk Selandia Baru. Tak ada lagi poin tercipta meski kedua tim berusaha menambah angka.

Arvind Kumar Muthu Krishnan mencetak 13 poin untuk India, sementara Pranav Prince menyumbang 10 poin. Dari Selandia Baru, tujuh pemain mencetak dobel digit. Sam Mennenga mengumpulkan angka tertinggi 21 poin plus 9 rebound. Taine Murray mencetak 13 angka dan Britt 12 poin. Adapun Flynn Cameron, Kruz Perrott-Hunt, Takiula Fahrensohn, dan Sam Timmins masing-masing menyumbangkan 10 poin.

"Jadi, kami siap menantikan pertandingan selanjutnya. Kami melupakan gim yang sudah dijalani dan menatap pertandingan selanjutnya. Lawan kami sangat bagus (Lebanon—Red)," kata pelatih Pero Cameron selepas laga.