Oni Sahroni | Daan Yahya | Republika

Konsultasi Syariah

13 Jul 2022, 14:36 WIB

Berbagi Ucapan Selamat Lebaran Idul Adha

Mengucapkan selamat Id itu tidak hanya dibolehkan, tetapi berpahala atau disunahkan.

DIASUH OLEH USTAZ DR ONI SAHRONI; Anggota Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia

Assalamualaikum wr wb.

Saat momentum Idul Adha ini, menjadi lazim untuk berkirim ucapan selamat dengan beragam ungkapannya. Adakah penjelasan para ahli fikih seputar berkirim selamat Idul Adha tersebut? Mohon penjelasan Ustaz. -- Habibi, Bogor

Waalaikumussalam wr wb.

Para ahli fikih berpendapat bahwa mengucapkan selamat hari raya atau Lebaran itu tidak hanya dibolehkan, tetapi dianjurkan atau disunahkan. Al-Mausu’ah al-Fiqhiyah al-Kuwaitiyah melansir pendapat para ahli fikih seputar mengucapkan selamat Lebaran atau Id, antara lain dari Ibnu Amir Haji (al-Hanafi), “Mengucapkan selamat Id itu disunahkan (jaaizah mustahabbah fii al-jumlah)”.

Imam Malik ditanya tentang seseorang mengucapkan kepada saudaranya saat Id, "Taqabbalallahu minna wa minka ... wa ghafarallahu lana wa laka ..." Imam Malik menjawab, "Saya tidak mengetahui rujukannya, tetapi dibolehkan."

Ibnu Quddamah (al-Hanbali) menyebutkan dalam al-Muhghni, Imam Ahmad berkata, "Seseorang boleh mengatakan kepada yang lainnya taqabbalallahu minna wa minka (wa laa ba’sa ayyaqula ar-rajulu liir rajuli yaumi al-‘ied taqabbalallahu minna wa minka).” Ar-Ramli mengutip pendapat Ibnu Hajar Asqalani (asy-Syafi’i), "Itu dibolehkan."

Di antara dalil/alasan kesimpulan tersebut adalah di antaranya Ibnu Habib juga berkata, "Itu tidak ada dasar sunahnya, tetapi dibolehkan karena kebiasaan baik dan karena itu adalah doa."

 
Itu tradisi yang baik, bahkan jika dikatakan wajib bukan penafsiran yang jauh karena menyambung silaturahim
 
 

Syekh Syabibi menjelaskan, itu tradisi yang baik, bahkan jika dikatakan wajib bukan penafsiran yang jauh karena menyambung silaturahim dan menghindarkan dari silaturahim yang terputus, juga karena setiap orang diminta untuk mengungkapkan silaturahim dan kecintaannya satu sama lain.

Sebagaimana dalam hadis bahwa dari Ka'ab bin Malik dalam kisah tobatnya saat ia tidak ikut peperangan Tabuk. Kemudian, ia diberikan kabar gembira karena tobatnya diterima dan berjalan menemui Rasulullah SAW dan Thalhah bin Ubaidillah berdiri dan dia mengucapkan selamat kepadanya.

Di antara beberapa contoh ungkapan selamat Id yang disebutkan dalam kitab salaf dan khalaf adalah penulis kitab Radd al-Muhtar (al-Hanafi) yang menyebut taqabalallahu minna wa minka. Ar-Ramli mengutip pendapat Ibnu Hajar al-Asqalani (asy-Syafi’i), itu dibolehkan di mana al-Baihaqi membuat satu bab berjudul bab ma ruwiya fi qaulinnasi ba'dhihim liba'din, taqabbalallahu minna wa minka.

Ibnu Hajar al-Asqalani mengutip beberapa atsar dhaif, tetapi jika dikumpulkan menjadi hujah. Kemudian, al-Qulyubi (asy-Syafi’i) mengutip pendapat Ibnu Hajar bahwa mengucapkan selamat itu disunahkan. Menurut al-Bajuri, itu pendapat yang mu’tamad.

Syekh Athiyah Saqr setelah menyebutkan, pendapat-pendapat fikih menyimpulkan bahwa mengucapkan selamat Id itu tidak hanya dibolehkan, tetapi berpahala atau disunahkan jika berniat dengan ungkapan tersebut memberikan kabar gembira kepada saudaranya.

Sebagaimana hadis Rasulullah SAW. Dari Ibnu Abbas RA, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, “Sesungguhnya amal yang paling disukai Allah SWT setelah melaksanakan berbagai hal yang wajib adalah menggembirakan Muslim yang lain” (HR Thabrani).

Beberapa contoh ungkapan selamat Id, seperti taqabbalallahu minna wa minka, itu hanyalah contoh. Esensinya adalah doa kepada saudaranya, sehingga ungkapan lain yang tidak hanya berbahasa Arab, tetapi juga berbahasa Indonesia, tentu memiliki makna dan doa yang sama yang disunahkan dan mendapatkan pahala.

Oleh karena itu, bagian dari sunah (mandub) untuk berbagi ucapan selamat disertai doa kepada saudaranya agar semakin guyub dan terhindar dari sekat-sekat yang menyebabkan terganggunya ukhuwah.

Wallahu a'lam.


Lonjakan Harga Bebani Pedagang dan Konsumen

Pemerintah diminta memberikan perlakuan khusus terhadap cabai dan bawang merah. 

SELENGKAPNYA

Presiden Minta Penembakan di Rumah Kadiv Propram Diusut

Kapolri merespons perintah Presiden Jokowi dengan membentuk tim gabungan khusus untuk mengungkap insiden itu.

SELENGKAPNYA

Indonesia Taklukkan Saudi di Laga Perdana

Para penggawa tim basket Indonesia bermain dengan baik tanpa melakukan kesalahan.

SELENGKAPNYA
×