Pengunjung mengambil gambar petunjuk arah di titik nol kilometer Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (19/4/2022). | ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/wsj.

Nasional

12 Jul 2022, 03:45 WIB

Perpres Insentif Investor IKN Segera Terbit

Pemerintah tengah menyiapkan aturan turunan dari UU IKN yang mengatur tentang insentif.

JAKARTA—Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengaku, pemerintah tengah menyiapkan aturan turunan dari Undang-Undang Ibu Kota Nusantara (UU IKN) yang mengatur tentang insentif baik fiskal dan non-fiskal bagi investor.

Aturan ini, kata dia, akan segera diterbitkan dalam waktu dekat. Selain mengatur terkait insentif untuk para investor di IKN, aturan ini juga akan mengatur terkait pembiayaan dan pendanaan pembangunan ibu kota baru.

“Sedang kita siapkan, perpresnya sebentar lagi keluar, termasuk pembiayaan dan pendanaan berdasarkan turunan dari UU,” tutur Suharso di Komplek Istana Presiden, Jakarta, Senin (11/7).

Selain itu, pemerintah juga tengah menyiapkan Peraturan Pemerintah (PP) lainnya, yaitu tentang Kewenanganan Khusus Otorita IKN yang harus dikonsultasikan dengan DPR terlebih dahulu. “PP-PP lain sudah keluar, tapi untuk kewenangan kan harus bicara dengan DPR,” ujarnya.

Suharso mengatakan, pemerintah akan membuka diri untuk bekerja sama dengan berbagai investor dalam pembangunan IKN selama mengikuti Key Performance Indicator (KPI) yang telah ditetapkan. "Investasi pokoknya sepanjang mengikuti KPI kita tadi, yang ada disusun oleh kami di Bappenas, kan ada 24 KPI itu yang kita ikuti saja. Jadi kami akan mengikuti itu, kami akan lihat apakah sesuai atau tidak," tegasnya.

photo
Petugas mengoperasikan alat berat saat menyelesaikan akses jalan di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (19/4/2022). - (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/wsj.)

Selain itu, pihaknya juga ingin memastikan terkait status lahan.Suharso ingin memastikan bahwa seluruh lahan di IKN telah dikuasai negara sehingga tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari. Suharso mengatakan, pembangunan IKN akan segera dimulai. Salah satu yang disiapkan yakni memastikan jalan logistik, pasokan air, dan juga infrastruktur dasar lainnya termasuk listrik.

Tahap pertama yang akan dilakukan yakni pelaksanaan pengembangan lahan (land development). Menurut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, penandatanganan kontrak untuk pengerjaan pengembangan lahan di IKN akan dilakukan pada 15 Juli.

“Dari 15 Juli ini, land development sudah tanda tangan kontrak. Kemudian nanti ada jalan tol, jalan nasional dari Pulau Balang sampai ke IKN. Kemudian jalan kawasannya sendiri dari jalan nasional itu ke arah titik nol dan Istana, kemudian Istana dan Kantor Presiden. Kemudian Kemenko, empat Kemenko sudah kita mulai bangun,” ujar Basuki, Senin (11/7).

Selanjutnya, pemerintah akan menyiapkan hunian sementara untuk menampung sekitar 200 ribu pekerja konstruksi di IKN. Diharapkan, para pekerja konstruksi dapat disiplin dalam bekerja.

“Kita siapkan rumah-rumah untuk para pekerja konstruksi itu, dapur umumnya. Jadi nanti ada kedisiplinan, jam 7 berangkat, jam 12 jemput makan, jam 1 berangkat. Walaupun itu bukan baru, tapi cara baru di dunia konstruksi,” ujarnya.

Pada pembangunan tahap pertama ini, pemerintah akan fokus pada pembangunan berbagai gedung di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP), seperti Istana Presiden, Istana Wakil Presiden, kantor kementerian, hingga lembaga tinggi negara. Pembangunan infrastruktur dasar ini masih menggunakan dana APBN. “Mungkin nanti kalau ada rumah sakit, universitas, itu bisa investasi,” kata dia.

Basuki juga menyebut, Presiden Jokowi akan berkunjung ke IKN setiap tiga bulan sekali. Hal ini dilakukan untuk memberikan semangat para pekerja konstruksi serta meyakinkan masyarakat bahwa pemindahan ibu kota negara akan tetap dilaksanakan.  ';

Wabah PMK Tahan Lonjakan Harga Daging

Harga sapi kurban melonjak karena terdapat kebutuhan ternak yang sehat.

SELENGKAPNYA

Stagflasi Global?

Inflasi kelak akan hilang dengan sendirinya dan pertumbuhan global akan kembali normal.

SELENGKAPNYA

Idul Adha dan Tauhid Cinta

Tauhid cinta dapat menembus batas ruang dan waktu, melampaui orientasi duniawi.

SELENGKAPNYA
×