Sejumlah suporter Arema FC menyalakan suar atau flare seusai tim yang mereka dukung mencetak gol ke gawang PSIS Semarang pada laga uji coba di Stadion Jatidiri Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (4/6/2022). | ANTARA FOTO/Aji Styawan

Olahraga

Di Leg II Semifinal, Arema FC Lebih Santai

PSS Sleman juga takluk 0-2 dari Borneo FC di kandang sendiri.

JAKARTA -- Arema FC akan menjamu PSIS Semarang pada leg kedua semifinal Piala Presiden 2022 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Senin (11/7). Tim asuhan Eduardo Almeida mempunyai modal bagus untuk pertandingan tersebut setelah mengamankan kemenangan 2-0 pada leg pertama di Stadion Jatidiri, Semarang, Kamis (7/7).

Pasukan Singo Edan setidaknya hanya butuh hasil imbang untuk melaju ke babak final. Pertandingan antara kedua tim di leg pertama berlangsung sengit. Bahkan, PSIS lebih mendominasi di babak pertama, tapi tidak ada gol yang berhasil disarangkan ke gawang kiper Arema Adilson Maringa.

Di babak kedua, Arema berhasil memecahkan kebuntuan pada menit ke-77 lewat tendangan bebas Abel Camara. Selanjutnya, Gian Zola menggandakan keunggulan pada menit ke-88.

 

Meskipun sudah melangkahkan satu kaki ke babak final, Eduardo memastikan anak asuhnya tetap berambisi memenangkan pertandingan di leg kedua. Bagi pelatih asal Portugal itu, penting meraih kemenangan di hadapan Aremania.

"Pasti kami akan tetap all-out di leg kedua, tampil spartan, dan mengincar hasil positif. Kami tak akan terlena," kata Eduardo, Kamis (7/7).

Di lain pihak, pelatih PSIS Sergio Alexandre merasa timnya masih punya peluang untuk membalikkan keadaan. Pelatih asal Brasil itu menilai Taisei Marukawa dkk sudah bermain dengan baik dan mampu menciptakan banyak peluang.

Sergio pun menjamin, persaingan untuk melaju ke babak final belum berakhir. Segala kemungkinan bisa terjadi di leg kedua nanti. "Mungkin kami kurang beruntung kali ini. Tapi, semua masih bisa terjadi di Malang," kata dia.

Di partai berbeda, PSS Sleman juga takluk 0-2 dari Borneo FC di kandang sendiri. Ini menjadi modal yang bagus bagi Borneo saat menjamu Super Elang Jawa di Samarinda.

Kendati demikian, pelatih Borneo Milomir Seslija tak ingin anak asuhnya terlena. Dia memahami, apa pun bisa terjadi dalam sepak bola. Oleh karena itu, ia berharap tim Pesut Etam tetap tampil maksimal di leg kedua nanti.

"Saya sudah sampaikan ke pemain, mereka harus tampil serius karena ini adalah peluang untuk lolos ke final. Jadi, saya tidak akan membatasi pemain, pokoknya tampil lepas saja," kata mantan pelatih Arema FC itu.

 

Matheus Pato mencetak kedua gol kemenangan Borneo tersebut di babak pertama. Tambahan dua gol itu membawanya menyamai perolehan top skorer turnamen ini, Carlos Fortes. Keduanya kini sama-sama telah mengemas lima gol dan menjadi kandidat terkuat peraih sepatu emas Piala Presiden 2022.

Sementara itu, pelatih PSS Seto Nurdiyantoro mengatakan, timnya masih berambisi untuk lolos ke babak final meski ia menyadari hal itu tidak akan mudah. Oleh karena itu, Seto memastikan akan mempersiapkan skuad Super Elang Jawa sebaik mungkin agar bisa membalikkan keadaan di Stadion Segiri, Samarinda, Kalimantan Timur.

Kedua partai tersebut akan berlangsung pada hari yang sama, Senin (11/7). Laga Arema kontra PSIS berlangsung pada sore hari, sedangkan Borneo melawan PSS pada malam hari. Di kedua partai tersebut, tim tuan rumah pada leg kedua sama-sama punya keunggulan dua gol dan hanya membutuhkan hasil imbang untuk lolos ke babak final.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Jabeur Melewati Batas

Sebagai atlet Muslim, Jabeur mengaku ada beberapa hal yang menghambatnya.

SELENGKAPNYA

Bola Liar Rumor Kepindahan Ronaldo

Tekanan justru datang dari pelatih anyar Man United, Erik ten Hag.

SELENGKAPNYA

Gregoria Lolos ke Perempat Final Malaysia Masters

Gregoria memiliki motivasi besar agar bisa meraih kemenangan.

SELENGKAPNYA