Tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung | ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN

Olahraga

Gregoria Lolos ke Perempat Final Malaysia Masters

Gregoria memiliki motivasi besar agar bisa meraih kemenangan.

JAKARTA -- Indonesia masih menyisakan satu wakil tunggal putri dalam turnamen bulu tangkis Malaysia Masters 2022. Gregoria Mariska Tunjung sukses melangkah ke babak perempat final setelah mengandaskan perlawanan Kim Ga Eun asal Korea Selatan.

Dalam pertandingan yang digelar di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Kamis (7/7), Gregoria tampil optimal. Pemain yang menduduki peringkat 31 dunia itu hanya memerlukan waktu singkat, 25 menit, untuk mengalahkan wakil Negeri Ginseng itu dengan skor 21-11 dan 21-9.

"Hari ini saya bisa bermain sesuai pola dan strategi permainan yang sudah saya siapkan dari awal. Dari masuk lapangan, saya sudah langsung in dan tak mau kalah start. Itu kunci kemenangan hari ini,” kata Gregoria dalam keterangan tertulis yang diterima Republika, Kamis.

 

Juara dunia junior 2017 itu hanya ingin menerapkan pola sederhana agar lawan tidak merasa nyaman. Karena lawan memiliki postur jangkung, Gregoria mengarahkan bola-bola yang jauh dari jangkauan lawan.

“Dengan strategi semacam ini, lawan tidak nyaman. Akhirnya, banyak melakukan kesalahan-kesalahan sendiri. Kondisi itu sangat menguntungkan saya untuk bermain lebih tenang dan akhirnya bisa menang dengan cepat,” ujar Gregoria menjelaskan.

Lebih lagi, saat turun bertanding, Gregoria memiliki motivasi besar agar bisa meraih kemenangan. Ia ingin mempersembahkan kemenangan ini bagi klubnya, Mutiara Cardinal Bandung, yang tepat pada 7 Juli 2022 ini berusia 55 tahun.  

Dalam babak perempat final, Jumat (8/7), Gregoria akan bersua lagi dengan Akane Yamaguchi. Pemain asal Jepang yang juga unggulan pertama itu maju ke babak delapan besar usai mengalahkan Wang Zhi Yi asal Cina dengan skor 12-21, 21-13, dan 21-12 dalam 47 menit.

Sebelumnya, pada ajang Malaysia Open pekan lalu, Gregoria sukses mengalahkan pemain nomor satu dunia tersebut dalam babak pembuka. Kala itu, pebulu tangkis berusia 22 tahun tersebut menang dengan skor 21-14 dan 21-14.

"Untuk pertandingan melawan Akane, saya sudah melupakan soal kemenangan di Malaysia Open pekan lalu. Saya akan bermain tanpa beban lagi dan mau menampilkan permainan yang maksimal. Saya tidak berpikir lagi soal menang atau kalah. Saya hanya ingin tampil maksimal dan mengeluarkan seluruh kemampuan terbaik," kata Gregoria menegaskan.

 

Wakil tunggal putri Indonesia lainnya, Fitriani, gagal melangkah ke babak delapan besar. Mantan pemain pelatnas ini harus mengakui keunggulan ratu bulu tangkis Asia Tenggara, Ratchanok Intanon. Melawan wakil Thailand yang menempati unggulan kedelapan, Fitriani kalah dua gim langsung 21-6 dan 21-15.

Sementara itu, pasangan ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari merebut tiket ke babak perempat final turnamen Malaysia Masters 2022. Wakil Indonesia itu berhasil mengandaskan perlawanan pasangan Jepang, Yuki Kaneko/Misaki Matsutomo, 21-15 dan 21-18.

Dengan kemenangan ini, pada babak delapan besar yang digelar Jumat (8/7), Rinov/Pitha akan bertemu Robin Tabeling/Selena Piek. Pasangan Belanda ini dalam babak kedua membuat kejutan besar dengan mengandaskan unggulan pertama asal Thailand, Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai, 21-11 dan 21-16.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Apri/Fadia, Ginting, dan Rinov/Mentari Tembus Babak 16 Besar

Beberapa wakil Indonesia sudah tersingkir pada babak awal.

SELENGKAPNYA

Tugas Berat Galtier

CEO PSG Nasser Al-Khelaifi, mengaku senang bisa mendatangkan Galtier.

SELENGKAPNYA

PSIS Lebih Diunggulkan Vs Arema FC

PSIS tak akan melewatkan keunggulan sebagai tuan rumah.

SELENGKAPNYA