Anggota Brimob Polda Jabar bersama keluarga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membawa peti jenazah almarhum Emmeril Khan Mumtadz saat prosesi pemakaman di Islamic Centre Baitul Ridwan, Cimaung, Kabupaten Bandung, Senin (13/6/2022). | REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA

Jurnal Haji

Tahlil untuk Eril Bergema di Depan Ka'bah

Ridwan Kamil beserta sang istri, Atalia Praratya, melantunkan tahlil untuk almarhum Eril di depan Ka'bah

OLEH ARIE LUKIHARDIANTI, A SYALABY ICHSAN

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil beserta sang istri, Atalia Praratya, melantunkan tahlil untuk almarhum Emmeril Kahn Mumtadz di depan Ka'bah, Makkah, Arab Saudi. Dalam momen yang terekam dari unggahan Gus Miftah di Instagram ini juga terlihat adik Eril, Camillia Laetitia Azzahra.

Pria yang akrab disapa Emil ini tampak khusyuk mengucapkan doa-doa untuk putra sulungnya. Begitu juga Gus Miftah sambil memegang foto Eril. 

"Tahlil untuk almarhum Emmeril Kahn. Al-Fatihah," tulis Gus Miftah, Selasa (5/7).

Menurut Emil, banyak jamaah haji asal Indonesia yang turut mendoakan Eril. Dia pun merasa terharu dengan begitu banyaknya doa yang mengalir untuk Eril. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Gus Miftah (gusmiftah)

Sebelum berangkat haji, Emil sempat menyatakan bahwa keberangkatannya ke Tanah Suci kali ini untuk berhaji atas nama Eril. "Mudah-mudahan haknya sebagai Muslim sempurna, menjadi haji mabrur yang dibadalkan oleh orang tuanya," ujar Emil.

Emil yang juga Amirul Hajj Jabar mengunjungi penginapan jamaah asal Jabar bersama Wali Kota Bogor Bima Arya pada Selasa (5/7) malam. Dalam unjungan tersebut, dia menyapa sekaligus memastikan jamaah haji asal Jabar mendapatkan pelayanan optimal dan menjalankan ibadah haji dengan khusyuk.

“Saya ingin memastikan bapak/ibu tidak kekurangan satu apapun. Kalau ada kurang-kurang, tolong laporkan kepada petugas," kata dia.

Menutut dia, pelayanan kesehatan jamaah haji Jabar sudah maksimal. Hal ini karena hadirnya klinik-klinik kesehatan di setiap hotel per sektor. Ada beberapa jamaah yang sakit. Sebagian akan memperoleh badal haji karena kondisi fisik yang tidak memungkinkan. 

"Sistem pelayanan untuk jamaah haji, khususnya Jawa Barat, sangat dimaksimalkan," tulis kata Emil lewat akun Instagram-nya, Rabu (6/7).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Ridwan Kamil (ridwankamil)

Sistem organisasi pelaksanaan haji pun dinilainya sudah sangat lengkap. Dengan begitu, setiap masalah yang dialami jamaah haji, khususnya asal Jabar, akan ditangani oleh tim khusus.

Dia pun mengapresiasi pelayanan katering dan penginapan. Jamaah mendapatkan makanan bercitarasa Indonesia tiga kali sehari agar merasa betah. “Kamar nyaman dan bersih untuk bertiga atau berempat," kata dia.

Selain memastikan sistem pelayanan berjalan optimal, Emil menyemangati dan mendoakan jamaah agar tetap sehat, fokus beribadah, dan pulang ke Indonesia dalam keadaan selamat. 

Kendati pelayanan sudah maksimal dan logistik aman, Emil meminta semua pihak menyiapkan diri dengan sebaik-baiknya saat puncak haji sebab jutaan manusia akan berkumpul.

Dia meminta, semua materi pelatihan dan pengajaran manasik sewaktu di Tanah Air dipraktikan. Emil pun meminta jamaah haji asal Jabar fokus beribadah supaya pulang ke Indonesia menjadi haji yang mabrur.

"Kesempatan itu rahasianya Allah SWT. Makanya, cara mensyukurinya adalah menjadi haji mabrur. Jangan mikirin di Bogor kumaha, di Cirebon kumaha, di Bandung kumaha, fokus di sini. Kurangi main HP-nya, HP-nya geser ke aplikasi Alquran, aplikasi hadis," ujarnya. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Menanti Air Bersih Bagi Seluruh Warga Kamal Muara

Warga Kamal Muara diharapkan tidak perlu lagi membeli air dengan harga mahal.

SELENGKAPNYA

Islam dan AS: Overlapped

Catatan Perjalanan Imam Besar Masjid Istiqlal di Amerika Serikat.

SELENGKAPNYA

Membangun Ketahanan Sistem Kesehatan Daerah

Terdapat berbagai macam rute transmisi mikroorganisme dapat menular dari seseorang ke orang lain.

SELENGKAPNYA