Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo. | ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/wsj.

Ekonomi

24 Jun 2022, 05:01 WIB

Jalur KA Sawahlunto-Muara Kalaban Direaktivasi

KAI juga sedang melakukan perbaikan lokomotif uap atau Mak Itam buatan Jerman pada 1965.

JAKARTA — Empat Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yakni PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI, PT Bio Farma (Persero), PT Pupuk Indonesia (Persero), dan PT Semen Indonesia (Persero) bersinergi. Keempat BUMN tersebut mendanai reaktivasi jalur kereta api (KA) lintas Sawahlunto-Muaro Kalaban. 

"Dengan kolaborasi empat BUMN ini, KAI didukung pendanaan dan dalam bentuk sponsorship," kata Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (23/6). 

Didiek menyebutkan, panjang lintasan kereta yang akan direaktivasi tersebut sekitar empat kilometer (km). Jalur tersebut nantinya akan melayani kereta wisata yang akan ditarik oleh lokomotif uap E1060 atau lebih dikenal dengan sebutan Mak Itam.

Didiek mengatakan, pengaktifan kembali jalur tersebut juga merupakan bagian dari arahan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir untuk membangkitkan kembali pariwisata di Sumatra Barat. "Tidak hanya mencari keuntungan, tapi ini lebih besar lagi bagi masyarakat," kata Didiek. 

Didiek memastikan peletakan batu pertama reaktivasi jalur tersebut akan dilakukan dalam waktu dekat atau ditargetkan pada akhir Juni atau Juli 2022. Ia menyampaikan, pengerjaan reaktivasi membutuhkan waktu selama enam bulan dan diharapkan bisa beroperasi pada awal Januari 2023.

Melalui dukungan Bio Farma, Pupuk Indonesia, SIG, dan KAI akan melakukan perbaikan prasarana berupa perbaikan rel, jembatan, terowongan, dan prasarana pendukung lainnya. Saat ini, KAI juga sedang melakukan perbaikan lokomotif uap atau Mak Itam buatan Jerman pada 1965. 

 

"Nanti masing-masing BUMN akan mendapatkan naming rights dan berbagai benefit komersial lainnya pada stasiun serta kereta yang nanti dioperasikan," kata Didiek. 

Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir mengatakan, kerja sama tersebut menjadi bukti konkret sinergi BUMN. Honesti mengatakan, upaya tersebut juga merupakan upaya untuk menggerakkan ekonomi setelah pandemi. "Kami juga berkomitmen membantu sukseskan ini meskipun Bio Farma tidak ada wilayah kerja di Padang," kata Honesti. 

Sementara itu, Direktur Utama Pupuk Indonesia Nugroho Christijanto mengharapkan kolaborasi tersebut dapat menggerakkan sektor pariwista. Begitu juga dengan mengembalikan perekonomian di Sumatra Barat. 

"Pupuk Indonesia di wilayah kerja intens dengan pertaniannya. Kami juga punya wilayah kerja. Tentunya ini juga bisa kami upayakan dalam menyosialisasikan Pupuk Indonesia dalam konteks kerja sama kita," kata Nugroho. 

Direktur Utama Semen Indonesia Donny Arsal menambahkan, pihaknya mendukung pengoperasian kembali kereta api lintas Sawahluto-Muara Kalaban. Donny mengharapkan, sinergi tersebut dapat mendukung Situs Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto yang ditetapkan UNESCO sebagai warisan dunia baru. 

"Semoga dengan diaktifkannya kembali jalur kereta ini dapat memberikan pilihan destinasi wisata dan edukasi baru yang dapat menopang kebangkitan ekonomi, menciptakan peluang usaha, dan juga mampu membuka lapangan kerja," kata Donny. 


×