Jamaah calon haji melambaikan tangan kepada keluarga mereka sebelum memasuki pesawat di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Padangpariaman, Sumatra Barat, Sabtu (4/6/2022). | ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

Jurnal Haji

Nyaman ke Toilet Saat di Pesawat

Membilas setelah buang air kecil bisa menggunakan botol kecil yang ada di pesawat.

Oleh Tips Tanah Suci

Dalam perjalanan menuju ke Tanah Suci, ada satu "ketakutan" yang dirasakan jamaah calon haji (calhaj) selama di pesawat yaitu sering buang air kecil. Untuk menghindarinya, jamaah sering menahan diri minum air putih.  

Padahal, minum minimal dua liter atau delapan gelas per hari sangat dianjurkan. Dokter Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah Mutiara Nilamsari memberikan tip agar jamaah tidak perlu takut buang air kecil. 

"Minum tiga kali tegukan," kata dia.

photo
Jamaah calon haji memasuki pesawat di Terminal 2F Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (4/6/2022). - (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Dia mengatakan, pernah ada pasien di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah yang mengeluh sakit karena menahan buang air kecil di pesawat. Mutiara berbagi cara agar jamaah, utamanya yang perempuan, merasa nyaman ketika buang air kecil di pesawat. 

Pertama, tidak perlu melepas semua bawahan. Jika menggunakan celana, cukup menurunkan salah satu kakinya, jangan semua celana diturunkan.

Kedua, bagi yang ingin membilas setelah buang air kecil bisa menggunakan botol kecil atau cup plastik yang ada di pesawat. Jangan lupa membawa tisu basah nonalkohol.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Penyedia Katering Jamaah Dinyatakan Layak 

Jamaah mendapatkan 27 kali makan di Madinah dan 75 kali di Makkah.

SELENGKAPNYA

Lima Riyal Nenek Ruminah Antar Erlangga ke Baitullah

Sejumlah jamaah berusia muda ditemui di Tanah Suci.

SELENGKAPNYA

Alhamdulillah, Labbaik Ya Allah

Para petugas selalu diingatkan untuk dapat memposisikan diri sebagai petugas haji, bukan jamaah.

SELENGKAPNYA