Perdana Menteri Swedia Magdalena Andersson (kiri) mendampingi Jendral Angkatan Darat AS Mark Milley, di Stockholm, Sabtu (4/6/2022). | Fredrik Persson/TT News Agency via AP

Internasional

07 Jun 2022, 03:45 WIB

Finlandia dan Swedia Ikut Latihan NATO

Finlandia dan Swedia sama-sama memiliki sejarah panjang non-blok militer.

BRUSSEL -- Organisasi Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) menggelar latihan angkatan laut yang dipimpin Amerika Serikat (AS) di Laut Baltik pada Ahad (5/6). Latihan ini diikuti oleh lebih dari 7.000 pelaut, penerbang, dan marinir dari 16 negara, termasuk Finlandia dan Swedia.

Latihan angkatan laut tahunan bertajuk BALTOPS pertama kali digelar pada 1972. Latihan ini tidak ditujukan untuk menanggapi ancaman khusus apa pun.  Tetapi NATO mengatakan bahwa partisipasi Swedia dan Finlandia dalam latihan tahunan dapat meningkatkan ketahanan dan kekuatan pasukan gabungan.

Finlandia dan Swedia sama-sama memiliki sejarah panjang non-blok militer. Namun, pemerintah mereka memutuskan melamar untuk bergabung dengan NATO pada Mei lalu. Kedua negara tersebut berubah haluan akibat invasi Rusia ke Ukraina yang berlangsung sejak 24 Februari.

Selama beberapa tahun terakhir, Moskow telah berulang kali memperingatkan Helsinki dan Stockholm agar tidak bergabung dengan aliansi militer Barat. Moskow juga memperingatkan bahwa mereka akan mengambil tindakan pembalasan, jika Helsinki dan Stockholm bergabung dengan NATO.

Menjelang latihan angkatan laut, yang melibatkan 45 kapal dan 75 pesawat, pejabat tinggi militer AS mengatakan, sangat penting bagi NATO untuk menunjukkan dukungan kepada pemerintah di Helsinki dan Stockholm.

“Penting bagi kami, AS, dan negara-negara NATO lainnya untuk menunjukkan solidaritas dengan Finlandia dan Swedia dalam latihan ini,” ujar Kepala Staf Gabungan AS Mark Milley, saat konferensi pers di atas kapal perang amfibi USS Kearsarge, yang ditambatkan di pusat Kota Stockholm.

Milley berbicara dengan Perdana Menteri Swedia Magdalena Andersson, dan menekankan bahwa Laut Baltik adalah perairan yang penting secara strategis. Menurut Milley, Laut Baltik adalah salah satu jalur laut terbesar di dunia.

"AS belum pernah memindahkan kapal perang sebesar USS Kearsarge setinggi 843 kaki ke Ibu Kota Swedia, di mana kapal itu harus berlayar melalui jalur sempit di kepulauan Stockholm," kata Milley.

Latihan ini menajdi simbolis karena akan membuat Rusia dalam posisi militer yang sulit. Alasannya, garis pantai Laut Baltik akan hampir sepenuhnya dikelilingi oleh anggota NATO, kecuali kantong Baltik Rusia di Kaliningrad, Kota St. Petersburg dan sekitarnya.

photo
Perdana Menteri Swedia Magdalena Andersson (kanan) bersama Panglima Militer Swedia Micael Bydén (kiri) mendampingi Jendral Angkatan Darat AS Mark Milley, di Stockholm, Sabtu (4/6/2022). - (Fredrik Persson/TT News Agency via AP)

Sebagai mitra dekat NATO, Finlandia dan Swedia telah berpartisipasi dalam latihan angkatan laut sejak pertengahan 1990-an. Latihan tahunan BALTOPS 22 dijadwalkan berakhir di pelabuhan Kiel Jerman pada 17 Juni.

Kementerian Rusia diretas

Dalam perkembangan berbeda, laman resmi Kementerian Konstruksi, Perumahan, dan Utilitas Rusia telah diretas. Pencarian di internet untuk situs tersebut mengarah ke sebuah tulisan "Glory to Ukraine" dalam bahasa Ukraina.

Kantor berita negara Rusia, RIA, mengutip seorang perwakilan kementerian yang mengatakan, laman itu tidak aktif. Namun, data pribadi pengguna dilindungi. RIA mengatakan, media lain telah melaporkan bahwa peretas menuntut uang tebusan untuk mencegah pengungkapan data pengguna kepada publik.

Reuters tidak dapat memastikan outlet media mana yang dikutip oleh RIA. Banyak perusahaan milik negara Rusia dan kantor berita telah mengalami upaya peretasan sporadis sejak Rusia mengirim melancarkan serangan ke Ukraina pada 24 Februari.  ';

Apakah Boleh Kurban Terkena PMK?

Apakah sah menyembelih hewan kurban yang terkena penyakit PMK?

SELENGKAPNYA

Menikmati Takdir Kematian

Nikmati saja jatah hidup ini dengan beramal saleh sampai kematian tiba.

SELENGKAPNYA

Timnas Bulu Tangkis Indonesia Bidik Dua Gelar

Sektor ganda putra dan tunggal putra timnas bulu tangkis berpeluang meraih gelar.

SELENGKAPNYA
×