Menteri BUMN Erick Thohir memberikan sambutan saat menghadiri acara Halal Bi Halal dan Peringatan 12 Mei Tragedi Trisakti bersama Aktivis 98, Keluarga Pejuang Reformasi di Jakarta, Kamis (12/5/2022). | Prayogi/Republika.

Nasional

Pengamat: Silaturahim Erick Thohir Ciptakan Hal Positif

Erick Thohir dinilai harus segera membangun silaturahmi agar kembali nilai positif.

JAKARTA -- Pengamat politik Hendri Satrio mengatakan, silaturahim yang dilakukan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir bernilai positif. Erick melakukan silaturahim dengan Ketua DPR Puan Maharani dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

Erick bertemu Puan pada Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) di Jakarta, Ahad (5/6) pagi. Kemudian, ia bertemu dengan ketua umum PAN  Zulkifli Hasan untuk menghadiri acara silaturahmi akbar PAN. 

"Erick Thohir harus segera membangun silaturahmi agar kembali nilai positif, pascagonjang-ganjing Formula E. Soalnya, Formula E sudah sukses tetapi tidak ada iklan BUMN-nya,” kata Hendri.

Hendri menjelaskan, silaturahim jangan berhenti kedua tokoh tersebut. "Silaturahim harus terus dibangun apalagi dengan tokoh-tokoh lainnya, jangan hanya menteri, dengan level kepala daerah, pimpinan ormas dan yang lainnya itu akan lebih bagus," kata Hendri.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Erick Thohir (erickthohir)

Tidak adanya BUMN sebagai sponsor Formula E ini disoroti oleh anggota Komisi VI DPR RI Herman Khaeron. Ia mengatakan, mengatakan, keputusan BUMN tidak mensponsori Formula E memunculkan kesan politis. 

Sebab sebelumnya, BUMN mensponsori ajang balapan MotoGP di Mandalika. “Formula E di dalamnya ada pesan bahwa ini adalah balapan mobil elektrik, mobil listrik yang juga Indonesia ke depan menggalakkan terhadap penggunaan mobil listrik," kata Herman. 

Namun, anggota Komisi VI DPR Deddy Y Sitorus, menyebutkan, tidak ada keharusan bagi BUMN untuk menjadi sponsor bagi bagi ajang balapan mobil listrik Formula E. Hal yang paling penting, biasanya sponsorship yang berbiaya besar selalu melibatkan BUMN terkait dengan penyelenggara kegiatan sejak awal perencanaan. 

"Kegiatan sponsorship itu banyak pertimbangannya. Terutama seperti keterkaitan jenis kegiatan dan spektrum penonton, target dengan bisnis atau produk BUMN itu sendiri," kata dia, dalam keterangannya.

Bertukar pikiran

Pada silaturahmi akbar PAN, Erick mengatakan, ia banyak bertukar pikiran dengan Zulkifli dan tokoh lain PAN mengenai ekonomi ke depan. Saat ini, Indonesia sedang menghadapi tekanan akibat situasi ekonomi dunia.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Erick Thohir (erickthohir)

"Alhamdulillah menghadiri undangan dari PAN, Pak Zul. Kami sampaikan bahwa pemerintah memastikan hadir, di mana subsidi BBM kami jaga," ujar Erick.

Erick juga mengatakan, ia berupaya menjaga kondisi BUMN tetap sehat. Hal ini terlihat dari capaian laba bersih BUMN secara konsolidasi yang meningkat signifikan dari Rp 13 triliun pada 2020 menjadi Rp 90 triliun pada 2021. 

Erick mengatakan, Zulkifli mengapresiasi perbaikan kinerja BUMN dan meminta agar bersih-bersih BUMN terus ditegakkan. "Tadi saya laporkan juga mengenai Waskita Beton yang sama Kejaksaan juga, kami pasti akan coba terus lakukan bersih-bersihnya karena penting sekali kita bersama-sama menjaga kepercayaan publik,” kata dia.

Ketum PAN Zulkifli Hasan mengapresiasi kebijakan pemerintah yang tidak memberatkan masyarakat. "Saya minta kepada Pak Erick sampaikan kepada pemerintah, Pak Presiden agar BBM, gas 3 kg, listrik 450, jangan naik, rakyat lagi susah, kata Pak Menteri BUMN oke, itu sudah programnya Bapak Presiden. Kami mengucapkan alhamdulillah dan terima kasih, selainnya halal bi halal," kata Zulhas.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Dinasti-Dinasti Kecil di Andalusia Mengawali Era Taifa

Era Taifa bermula sejak runtuhnya pengaruh Umayyah di Iberia abad ke-11.

SELENGKAPNYA

Era Taifa di Andalusia

Pudarnya pengaruh Kekhalifahan Umayyah di Spanyol abad ke-11 mengawali babak sejarah kelam.

SELENGKAPNYA

Wijbrands, Pers Pribumi, dan Tuli Hindia Timur

Wijbrands telah mendapat cap sebagai pelopor jurnalistik di Hindia Belanda.

SELENGKAPNYA