Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmadja (tengah) memberikan keterangan pers saat konferensi pers terkait perpanjangan cuti Gubernur Ridwan Kamil di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (30/5/2022). | REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA

Nasional

31 May 2022, 03:45 WIB

Titik Pencarian Eril Dioptimalkan

Pencarian Eril di Sungai Aare menggunakan kapal boat dan drone.

BANDUNG -- Proses pencarian putra pertama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, yang terseret arus di Sungai Aare di Bern, Swiss masih terus dilakukan. Saat ini, proses pencarian sudah memasuki hari kelima.

Ridwan Kamil hingga saat ini masih berada di Swiss memantau langsung proses pencarian anak sulungnya. Oleh karena itu, Pemprov Jabar mengajukan izin dengan alasan penting ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk Ridwan Kamil.

"Sebelumnya kan Izin perjalanan ke luar negeri telah keluar. Tapi karena ada musibah Pemprov Jabar mengambil inisiatif mengajukan izin untuk Pak Gubernur dari 29 Mei sampai 4 Juni ke Kemendagri," ujar Sekretaris Daerah Provinsi Jabar Setiawan Wangsaatmaja saat jumpa pers di Gedung Sate, Senin (30/5).

Setiawan menjelaskan, Mendagri telah memberikan surat izin ke luar negeri dengan alasan penting pada 28 Mei 2022. Isi surat tersebut disebutkan, pertama, pemerintahan di Jabar harus terus berjalan. Kedua, yang menjadi pimpinan selama izin dipimpin oleh Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum. Tapi, harus selalu berkoordinasi karena tanggung jawab tetap berada di tangan gubernur.

"Jadi, otomatis jalannya pemerintahan ini sampai 4 Juni 2022 dipimpin sementara oleh Pak Wagub. Tapi harus berkoordinasi dan tanggung jawab tetap ada pada gubernur," kata dia.

Setiawan menjelaskan, terkait izin ini Gubernur Jabar Ridwan Kamil sebelumnya telah izin untuk perjalanan dinas ke luar negeri hingga 28 Mei 2022. Rinciannya, kata dia, dari 21 sampai 23 Mei 2022 berada di Italia. Kemudian, pada 24 sampai 26 Mei di Inggris dan pada 27 hingga 28 Mei di Swiss.

Di Italia, lanjut Setiawan, Ridwan Kamil membicarakan masalah pembaharuan energi yang sudah menjadi isu internasional. Kemudian, menurut Setiawan, di Inggris mengangkat topik sumber daya manusia yang menjadikan Jabar unggul.

"Saat di Swiss, Pak Gubernur berencana untuk membahas soal waste management. Selama kurun waktu tersebut, izin sudah keluar perjalanan luar negeri sekarang mengajukan izin lagi," kata dia.

Sementara itu, adik kandung Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzaman mengatakan, keluarga mengucapkan terima kasih pada Pemprov Jabar yang telah berinisiatif mengajukan izin pada Kemendagri untuk Gubernur Ridwan Kamil.

photo
Perwakilan keluarga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzaman saat konferensi pers terkait perpanjangan cuti Gubernur di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin (30/5/2022). - (REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA)

"Dua hari lalu saya ditelepon Kang Emil, menanyakan soal izin karena posisi masih di luar negeri. Padahal hari Senin harus sudah dinas di Bandung. Jadi menanyakan apakah bisa ada situasi yang memungkinkan untuk masih di Swiss," kata Elpi.

Keluarga Ridwan Kamil juga berterima kasih karena Presiden Joko Widodo pun memberikan dukungan secara langsung. "Ini membesarkan hati kami selaku keluarga dalam menjalani musibah ini," ujar dia.

Sebelumnya, Gubernur Jabar Ridwan Kamil sendiri mengikuti langsung proses pencarian anaknya, Eril, pada Sabtu (28/5). Bahkan, Ridwan Kamil mengajukan cuti. Hal itu terekam dari foto proses pencarian yang diunggah di situs resmi Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia.

Dilansir situs resmi Kementerian Luar Negeri-KBRI Bern (kemlu.go.id/bern) , tim yang dipimpin oleh Polisi Maritim Bern melanjutkan pencarian Eril pada Sabtu (28/5). Pencarian intensif dilakukan dengan kapal dan drone di beberapa lokasi kritis di sepanjang sungai Aare.

Selain itu, tim penyelam pun dikerahkan di beberapa lokasi yang dapat diakses di sepanjang sungai. Setelah proses pencarian dilakukan, Kepala Polisi Maritim Urs Käser dan Kepala Kepolisian Regional Bern Thomas Mueller menyampaikan laporan hasil pencarian kepada orang tua Emmeril (Ridwan Kamil) bahwa sampai Sabtu sore waktu setempat, pencarian belum membuahkan hasil yang diharapkan.

Gunakan Boat

Adik Kandung Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzaman memaparkan, untuk perkembangan atau progres pencarian Eril di hari kelima, dilakukan pencarian menggunakan boat. "Rutenya zigzag, satu boat tiga orang. Dua orang akan menggunakan teropong yang melihat ke kedalaman," ujar Elpi.

Menurut Elpi, otoritas Swiss, memperbolehkan pihak keluarga dan KBRI untuk turut serta lebih dekat. "Kami mendapatkan foto video laporan sudah ada beberapa penyelam yang menyelam di kedalaman dan ada drone yang digunakan," kata dia.

Di sesi terakhir, kata dia, pihak kepolisian melakukan koordinasi dan evaluasi. Mereka, terbuka menerima saran dari keluarga termasuk mengakomodir titik pencarian yang dioptimalkan.

photo
Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmadja (kiri) bersama perwakilan keluarga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzaman (kanan) memberikan keterangan pers saat konferensi pers terkait perpanjangan cuti Gubernur di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin (30/5/2022). - (REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA)

Saat ditanya apakah jumlah petugas yang melakukan pencarian ada tambahan, Elpi mengatakan, tak ada informasi terbaru terkait hal itu. "Kepolisian maritim meningkatkan effort. Karena kasus ini terpantau menjadi perhatian publik. Mereka pun memberikan update di media sosial," kata dia.

Polri melalui Divisi Hubinter (Sekretaris NCB Interpol Indonesia) juga secara aktif memantau perkembangan pencarian Eril. Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo mengatakan dalam upaya pencarian Eril, Polri telah melakukan langkah-langkah proaktif.

"Langkah-langkah proaktif Polri sudah dilakukan, prinsipnya Polri Polri bekerja sama dengan KBRI dan Interpol, Kepolisian Swiss setempat terus memantau secara aktif perkembangan di lapangan," kata Dedi.  ';

Biaya Haji Membengkak

Komisi VIII DPR menyayangkan penambahan anggaran yang mendadak.

SELENGKAPNYA

Presiden Minta Kampanye Pemilu Dipersingkat

KPU periode sebelumnya sempat mengusulkan masa kampanye Pemilu 2024 selama 120 hari.

SELENGKAPNYA

Menkeu: Daerah Berminat Bangun Kawasan Industri Halal 

Wapres berpesan agar KIH yang telah dibangun di sejumlah daerah dioptimalkan.

SELENGKAPNYA
×