Warga negara asing (WNA) bersiap menyeberang ke Labuan Bajo, NTT dengan menggunakan kapal pinisi di Pelabuhan Serangan, Denpasar, Bali, Kamis (28/10/2021). | ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo

Nusantara

Pengembangan Wisata Laut di NTT

Selain Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur juga menggelar Parade Pesona Kebangsaan di Kota Ende.

OLEH RAHAYU SUBEKTI

Pemerintah terus menggenjot akselerasi promosi pariwisata kelautan di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) kembali mengadakan familiarization trip (Famtrip).

Kegiatan ini digelar pada 24-28 Mei 2022 dan resmi dibuka secara simbolis pada welcoming dinner yang diadakan di Jayakarta Hotel Labuan Bajo pada Selasa 24 Mei lalu.

Direktur Utama BPOLBF Shana Fatina menjelaskan program tersebut dibuat untuk mengakselerasi atau mempercepat promosi pariwisata di wilayah koordinatif BPOLBF. Khususnya yang tersebar di wilayah Flores, Alor, Lembata, dan Bima (Floratama).

Dia menuturkan, Famtrip kali ini mengusung tema pilgrimage tourism atau wisata religi dan cultural tourism atau wisata budaya. Para peserta diajak untuk mempromosikan potensi wisata dengan mengunjungi destinasi-destinasi wisata religi dan budaya di wilayah Flores yakni di Kabupaten Manggarai Barat, Ngada, Nagekeo, Flores Timur, dan Sikka yang berlangsung sejak 24 hingga 28 Mei 2022.

photo
Warga negara asing (WNA) menaiki sekoci saat akan menyeberang ke Labuan Bajo, NTT dengan menggunakan kapal pinisi di Pelabuhan Serangan, Denpasar, Bali, Kamis (28/10/2021). - (ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo)

Shana menyampaikan, pemilihan tema Famtrip tahun tersebut merupakan cara untuk mengembangkan potensi wisata yang ada di wilayah Floratama selain potensi alamnya. “Kami memilih tema culture tourism untuk dapat mengeksplorasi lebih jauh lagi tentang kebudayaan yang ada di Floratama,” tutur Shana, Senin (30/5).

Shana menambahkan, tema wisata religi dipilih karena Flores merupakan destinasi yang menenangkan. Selain itu juga dapat memberikan ketenangan, inspirasi, dan tentunya membuat kita jauh lebih dekat dengan sang pencipta.

Direktur Pemasaran BPOLBF Raisa Lestari Niloperbowo mengharapkan kegiatan Famtrip tersebut dapat menunjukan keindahan wisata di Floratama dapat terekspos lebih luas. Raisa menilai masih sangat banyak potensi wisata lain selain wisata alam yang juga tak kalah menarik.

"Semoga dengan adanya kegiatan ini bisa menyiarkan betapa indahnya wilayah Floratama pada khusus nya dan NTT pada umumnya, dan yang menjadi poin utama agar dapat semakin menambah angka kunjungan wisatawan," ujar Raisa.

photo
Sebuah kapal wisata pinisi melintas di perairan dekat Dermaga Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Jumat (30/7/2021). - (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/wsj.)

Wisata Pancasila

Selain Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur juga menggelar Parade Pesona Kebangsaan di Kota Ende. Hal ini untuk menyambut hari lahir Pancasila pada 1 Juni mendatang. Shana Fatuna menilai, parade ini menjadi momentum kebangkitan pemulihan pariwisata.

"Kegiatan itu merupakan momentum pemulihan pariwisata di Pulau Flores, umumnya di NTT," kata Shana.

Ia menjelaskan, saat ini Indonesia sedang menuju endemi Covid-19 dengan semakin tingginya tingkat vaksinasi dan Presiden Joko Widodo juga sudah mengizinkan membuka masker pada kegiatan di ruang terbuka. Tentunya, hal ini menandakan kegiatan kebudayaan, festival, dan aktivitas wisata sudah bisa dilakukan dengan semakin optimal.

Wisatawan pun semakin percaya diri untuk melakukan perjalanan.Ia berharap kegiatan parade kebangsaan, serta festival lainnya di Flores guna mendukung pariwisata Labuan Bajo yang terus berbenah diharapkan bisa menarik minat dan keingintahuan wisatawan berwisata di NTT.

photo
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo menikmati pemandangan di Kawasan Puncak Waringin, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Kamis (14/10/2021). - (ANTARA FOTO/Setpres/Agus Suparto)
 

Shana menjelaskan bahwa Kabupaten Ende masuk dalam Key Tourism Area Kelimutu-Ende dalam rencana Integrated Tourism Master Plan (ITMP) Flores. "Secara khusus ada dua tema besar yaitu Geopark Kelimutu dan Bumi Pancasila Ende," tambah dia.

Lebih lanjut, kata dia, dalam pengembangannya Kelimutu sudah termasuk dalam persiapan menuju geopark, termasuk penguatan sarana dan prasarana, ekosistem desa wisata pendukung dengan delapan desa di sekitarnya.

Kemudian, juga penguatan travel pattern wisata trekking dan pembukaan jalur wisata baru termasuk produk-produk ekonomi kreatif kerjasama dengan komunitas di sekitar moni dan detusoko.

"Kemudian Bumi Pancasila termasuk rencana penataan kawasan jalur napak tilas Bung Karno di Ende, mulai dari taman renung, pantai kota raja yang sudah ditata, rumah pengasingan, serambi Soekarno dengan SVD Katedral Ende, dan lainnya," ujar dia. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Presiden Minta Kampanye Pemilu Dipersingkat

KPU periode sebelumnya sempat mengusulkan masa kampanye Pemilu 2024 selama 120 hari.

SELENGKAPNYA

PKS Diprediksi Usung Anies

Anies sudah melemparkan kode siap dipinang saat menghadiri Milad ke-20 PKS.

SELENGKAPNYA