Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan usai memberikan sambutan pada Milad ke-20 PKS di Istora Senayan, Jakarta, Ahad (29/5/2022). | Republika/Putra M. Akbar

Nasional

PKS Diprediksi Usung Anies

Anies sudah melemparkan kode siap dipinang saat menghadiri Milad ke-20 PKS.

JAKARTA—Partai Keadilan Sejahtera (PKS) diprediksi masuk poros koalisi di luar Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dan PDIP. Direktur Eksekutif Kelompok Kajian dan Diskusi Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI), Kunto Adi Wibowo menilai peluang bergabungnya PKS dengan KIB sangat kecil.

Alasan pertama, PKS kemungkinan besar akan mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden untuk 2024. Sedangkan Koalisi Indonesia Bersatu, diprediksi akan mengusung Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto sebagai capres.

"Kalau PKS mendorong Anies Baswedan, tidak akan bisa maju lewat KIB, karena Golkar paling besar share-nya di koalisi tersebut," ujar Kunto lewat pesan singkat, Senin (30/5).

Alasan kedua, KIB telah diisi partai dengan basis massa pemilih Muslim, yakni PAN dan PPP. Jika PKS bergabung dengan koalisi tersebut, koalisi tersebut akan semakin menyempitkan pemilihnya dan fokus kepada pemilih beragama Islam. "Kalau PKS benar bergabung dan itu akan menyempitkan pasar mereka (KIB) sendiri. Jadi ini akan jadi problem besar," ujar Kunto.

photo
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri Milad ke-20 PKS di Istora Senayan, Jakarta, Ahad (29/5/2022). Milad ke-20 PKS yang dihadiri oleh ribuan anggota simpatisan PKS, ketua umum partai dan tokoh-tokoh nasional itu bertemakan Kolaborasi Melayani Indonesia. - (Republika/Putra M. Akbar)

Sementara, Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah, memprediksi selain PKS, Partai Nasdem juga diprediksi bakal mengusung Anies di Pilpres 2024. "PKS dan Nasdem tidak miliki pergesekan berarti, bahkan miliki kecocokan jika yang terusung adalah PKS, dengan konsekuensi Anies menjadi bagian dari Nasdem," kata Dedi kepada Republika, Senin (30/5).

Selain PKS dan Partai Nasdem, menurutnya partai lain yang juga berpeluang mengusung Anies di Pilpres 2024 mendatang adalah Partai Demokrat. Dedi mengatakan, jika dibandingkan PKB, Partai Demokrat lebih memiliki kedekatan dengan PKS dan Partai Nasdem.

"Paling mungkin (usung Anies) adalah Demokrat, hal ini karena partai PKB itu lebih dekat kecenderungannya bergabung dengan Golkar, sehingga Demokrat lah yang paling memungkinkan bersama Nasdem dan juga PKS mengusung Anies Baswedan," ucapnya. 

photo
Presiden PKS Ahmad Syaikhu bersama Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Sohibul Iman, Wakil Ketua Umum Partai Golkar Firman Soebagyo dan Wakil Ketua DPR RI Rachmat Goberl (dari kiri ke kanan) saat menghadiri Milad ke-20 PKS di Istora Senayan, Jakarta, Ahad (29/5/2022). - (Republika/Putra M. Akbar)

Belum final

PKS sendiri menegaskan, tak ingin berada di luar pemerintahan setelah Pemilu 2024. Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera mengaku PKS juga punya proposal untuk capres yang bisa ditawarkan ke koalisi lain. Ia membantah bila nama Anies sudah final di PKS. Walaupun ada suara kader dari sekitaran Jabodetabek kemarin yang meneriakkan Anies Baswedan sebagai presiden.

"Walaupun paling gemuruh yang diperkenalkan nama Anies, tapi Itu belum final. Mas Anies memang salah satu nama yang dekat dengan PKS, namun per hari ini PKS masih mengkampanyekan Dr Salim Assegaf sebagai capres," ujarnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sendiri banjir teriakan dukungan saat menghadiri puncak perayaan Milad ke-20 PKS di di Istora Senayan, Jakarta, Ahad (29/5). Sejak kedatangannya, teriakan dukungan untuk menjadi presiden dari kader PKS terus menggema untuk Anies.

Gema dukungan berlanjut ketika Anies naik ke atas panggung untuk menyampaikan pidatonya dalam acara Milad ke-20 PKS. Ia menutup pidatonya dengan pantun, yang melemparkan kode dirinya siap kembali bersama PKS setelah masanya sebagai Gubernur DKI Jakarta selesai.

"Sepeda Habib Salim melaju kencang di jalan, Habib Aboe Bakar dan Bang Syaikhu mengikuti naik kendaraan. Bersama PKS kemarin penuh dengan kenangan, kembali bersama PKS esok penuh dengan harapan," ujar Anies menyampaikan pantunnya di depan elite PKS, Ahad (29/5).

Di sisi lain, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) juga mengaku ingin memimpin satu poros koalisi untuk Pilpres 2024. Salah satunya dengan mengajak PKS di koalisinya. Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid mengeklaim Pemilu 2024 menjadi momentum partainya memimpin poros koalisi.

"PKB sebenarnya melihat momentum 2024 itu momentum baru, PKB ingin memimpin poros," ujar Jazilul saat dikonfirmasi, Senin (30/5).

Ajakan koalisi untuk PKS disampaikan melalui isyarat oleh Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar saat perayaan Milad ke-20 PKS di Istora Senayan, Ahad (29/5). Cak Imin mengaku, PKB dan PKS, memiliki persamaan pandangan dalam menghadirkan Indonesia yang maju, adil, dan makmur. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Biaya Haji Membengkak

Komisi VIII DPR menyayangkan penambahan anggaran yang mendadak.

SELENGKAPNYA

Presiden Minta Kampanye Pemilu Dipersingkat

KPU periode sebelumnya sempat mengusulkan masa kampanye Pemilu 2024 selama 120 hari.

SELENGKAPNYA

Cara Hebat Meminta Maaf

Mudah meminta maaf dan mudah memberi maaf.

SELENGKAPNYA