Kabupaten Tangerang | Youtube

Bodetabek

30 May 2022, 13:02 WIB

Pemkab Tangerang Siap Bangun Jalan di 42 Titik

Pemkab Tangerang berkomitmen memaksimalkan pembangunan jalan.

TANGERANG — Pemerintah Kabupaten Tangerang menargetkan akan melakukan pembangunan jalan dan konstruksi sumber daya air (SDA) di lebih dari 40 titik di Kabupaten Tangerang, Banten. Pembangunan akan dimulai tahun ini dengan anggaran sekitar Rp 75 miliar.

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kabupaten Tangerang Iwan Firmansyah Effendi menuturkan, pembangunan jalan dan konstruksi SDA lebih tepatnya dilakukan di sebanyak 42 titik di beberapa kecamatan se-Kabupaten Tangerang. Perinciannya, pembangunan jalan akan dilakukan di 27 ruas jalan dengan panjang 8,5 kilometer (km). Sedangkan, pembangunan konstruksi SDA di 15 titik dengan panjang 8,3 km.  

“Anggaran keseluruhan untuk pelaksanaan fisik adalah Rp 75,5 miliar untuk 42 jenis kegiatan pembangunan. Baik pembangunan peningkatan jalan maupun pembangunan konstruksi sumber daya air,” ujar Iwan, Ahad (29/5).

Rencana realisasi pembangunan tersebut, Iwan melanjutkan, akan dilaksanakan mulai 16 Juni 2022 dan ditargetkan selesai pada Oktober 2022. Saat ini proses pembangunannya masih dalam tahap tender melalui layanan pengadaan secara elektronik (LPSE).

Iwan memastikan akan terus memantau pembangunan serta pemeliharaan dan perbaikan pedestrian agar pelaksanaannya dapat sesuai dengan target dan tepat sasaran. Dia juga menerima masukan dari masyarakat mengenai kondisi jalan di Kabupaten Tangerang yang perlu dilakukan penanganan.

“Untuk kegiatan yang belum dilaksanakan, atas usulan masyarakat terhadap kondisi jalan di Kabupaten Tangerang, kami akan terus berupaya. Salah satunya adalah dilakukan upaya penanganan di APBD (Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah) Perubahan atau APBD Tahun Anggaran 2023,” katanya.

Sebagai informasi, kegiatan fisik konstruksi pada DBMSDA Tahun Anggaran 2022 memang mengalami penundaan proses tender. Hal itu karena adanya kebijakan pemerintah perihal kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) yang berpengaruh pada harga bahan dasar material serta penyesuaian nilai PPN 11 persen yang berakibat pada penyusunan ulang atau perubahan rencana anggaran biaya kegiatan.

Pembangunan jalan dan konstruksi SDA tersebut akan dilakukan, antara lain, melanjutkan pengecoran Jalan Perumahan Permata Balaraja; peningkatan Jalan Cisauk—Suradita (perbatasan Bogor); pembangunan pedestrian kawasan Puspem; rehabilitasi Jalan Gardu—Tanah Merah; rehabilitasi Jalan Pasar Kemis—Jatiuwung.

Adapun untuk pembangunan konstruksi SDA, antara lain, normalisasi saluran Ketapang Kawasan Mangrove Desa Ketapang Kec. Mauk; normalisasi saluran pembuang Cileuleus (hulu); peningkatan anak Sungai Cimaneuh RT.001/009; melanjutkan pengerjaan normalisasi Sungai Cikolear; dan melanjutkan pengerjaan normalisasi Sungai Cikepuh.

';

Kemenag: Calhaj Tes PCR Sebelum ke Asrama Haji

Selama di asrama haji, kondisi kesehatan jamaah akan langsung diamati dan dikontrol petugas dari dinas kesehatan setempat.

SELENGKAPNYA

Relasi Pertamina dengan Fiskal Kita

Relasi Pertamina dengan fiskal tentu tidak bisa hanya dilihat dari bisnis hulu migas saja.

SELENGKAPNYA
×