Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko (kanan) saat menghadiri acara pernikahan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman dengan adik Presiden Idayati di Graha Saba Buana, Sumber, Solo, Jawa Tengah, Kamis (26/5/2022). | ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Kisah Dalam Negeri

27 May 2022, 03:45 WIB

Ketua MK Resmi Jadi Adik Ipar Jokowi

Presiden Jokowi yang menjadi wali nasab dari pihak mempelai perempuan langsung menikahkan salah satu adik perempuannya.

OLEH FAUZIAH MURSID

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman resmi menjadi suami Idayati, adik Presiden Joko Widodo, usai menjalani akad nikah di Gedung Graha Saba Solo, Kamis (26/5). Melalui prosesi akad nikah yang dilakukan mulai pukul 09.00 WIB, Presiden Jokowi yang menjadi wali nasab dari pihak mempelai perempuan langsung menikahkan salah satu adik perempuannya tersebut.

Selanjutnya, Anwar mengucapkan ijab kabul dengan lancar tanpa pengulangan. Sebagai mahar, Anwar memberikan seperangkat alat shalat dan sebuah jam tangan. Sebelumnya, Idayati memasuki lokasi akad nikah dengan diapit oleh kedua saudara perempuannya Iit Sriyantini dan Titik Ritawati.

Mempelai wanita terlihat cantik dengan mengenakan kebaya berdesain simpel dengan warna krem keemasan. Sedangkan mempelai pria tampil senada dengan beskap sikepan. Tampil sederhana, Presiden Joko Widodo terlihat mengenakan beskap hitam dengan dilengkapi blangkon Solo.

Bertindak sebagai saksi, Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin sebagai saksi dari mempelai wanita dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa sebagai saksi dari pihak mempelai pria. Sedangkan sebagai penghulu yakni Kepala KUA Banjarsari Surakarta Arba'in Basyar.

photo
Pengemudi becak menerima bantuan dari Presiden Joko Widodo usai kegiatan kunjungan dan membagikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) minyak goreng di Pasar Gede, Solo, Jawa Tengah, Kamis (26/5/2022). Usai menjadi wali nikah adiknya Idayati dengan Ketua MK Anwar Usman, Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan dan membagikan bantuan langsung tunai (BLT) kepada masyarakat di Pasar Gede, Pasar Mojosongo, Pasar Harjodaksino dan Taman Balekambang. - (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Ma’ruf dan Wury tiba di lokasi prosesi pernikahan di Gedung Graha Saba Buana, Jalan Letjen Suprapto Nomor 80 B, kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah sekitar pukul 09.00 WIB. Dia mengenakan setelan jas hitam dan kemeja putih dibalut dasi merah, sedangkan Wury mengenakan kebaya bernuansa broken white senada dengan kerudung coklat dan selendang motif batik.

Prosesi akad nikah diawali dengan pembacaan Alquran yang dilakukan oleh Agus Maarif, dan bertindak sebagai penghulu M. Arba'in Basyar, serta nasihat pernikahan diberikan Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar. Nasaruddin berharap agar pasangan baru tersebut selalu dilimpahkan kebahagiaan.

"Perkawinan mempertemukan hal yang berbeda, cita-cita perkawinan untuk menciptakan kebahagiaan. Perkawinan akan saling memaafkan, cinta yang sejati akan saling memaafkan segalanya. Perkawinan yang ideal mengerti satu sama lain," kata Nasaruddin.

Sementara itu, sejumlah tokoh terlihat hadir pada acara akad nikah tersebut, salah satunya Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Terlihat pula ibu negara Iriana Joko Widodo yang mengenakan kebaya brokat berwarna hijau. Iriana didampingi salah satu putranya, Gibran Rakabuming Raka, yang juga merupakan Wali Kota Surakarta serta istrinya, Selvi Ananda, yang mengenakan kebaya berwarna merah.

 
Prosesi akad nikah diawali dengan pembacaan Alquran yang dilakukan oleh Agus Maarif.
 
 

Harta kekayaan

Ketua Mahkamah Agung (MK) Anwar Usman resmi menjadi adik ipar Presiden Joko Widodo setelah meminang Idayati yang merupakan adik dari kepala negara saat ini. Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dikutip Kamis (26/5), Anwar tercatat memiliki harta kekayaan dengan total Rp 31,517 miliar. Harta tersebut terdiri dari aset bergerak dan tidak bergerak, surat berharga serta kas dan setara kas.

Harta tak bergerak berupa 31 tanah dan bangunan yang tersebar di berbagai wilayah yakni Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB); Kota Tangerang Selatan, Banten; Kabupaten/Kota Bekasi, Jawa Barat; dan Lumajang, Jawa Timur. Total data harta tanah dan bangunan senilai Rp 5.176.100.000.

Harta bergerak Anwar senilai total Rp 301 juta. Harta itu berupa lima unit kendaraan yaitu mobil Toyota Minibus 2022 senilai Rp 80 juta, mobil Toyota Minibus 2008 senilai Rp 105 juta, mobil Toyota Kijang Minibus 1997 senilai Rp 18 juta, mobil Toyota Corolla Altis 2002 senilai Rp 95 juta dan sepeda motor Honda 2005 senilai Rp 3 juta.

Anwar juga memiliki surat berharga senilai Rp 123 juta. Kemudian, kas dan setara kas sekitar Rp 25,916 miliar. Berdasarkan LHKPN, mantan asisten hakim agung di Mahkamah Agung (MA) ini tercatat tidak memiliki utang. 


Bolehkah Menikah atau Menikahkan dalam Keadaan Ihram?

Mayoritas ulama melarang orang yang sedang berihram menikahkan.

SELENGKAPNYA

Mati dalam Keadaan Fitrah

Dari Allah fitrah dan hendaknya kembali kepada Allah dalam keadaan fitrah. Bersih semua.

SELENGKAPNYA

Mengenali Sifat Dengki

Orang yang mendengki tak akan mendapatkan apa-apa kecuali cela dan hina

SELENGKAPNYA
×