Anggota Aliansi Mahasiswa Nusantara menggunakan pakaian adat bersama warga dan pedagang mengadakan peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) di Pasar Beringharjo, Yogyakarta, Jumat (20/5/2022). | Wihdan Hidayat / Republika

Nasional

Perkembangan Penanganan Covid-19 Terus Membaik

Menkominfo mengajak masyarakat Indonesia untuk semangat bangkit bersama dari pandemi Covid-19.

JAKARTA -- Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan, perkembangan penanganan Covid-19 di tingkat nasional yang terus membaik pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) tahun ini. Karena itu, ia mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk semangat bangkit bersama dari pandemi Covid-19. 

"(Data per 13 Mei 2022) kita dapat melihat bahwa upaya kita kian menunjukkan hasil yang positif, ditunjukkan dengan kasus baru harian di bawah 400 kasus dan total kasus aktif yang sudah berada di bawah angka 5.000 kasus," kata Johnny saat memimpin Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2022, Jumat (20/5).

Menurutnya, capaian vaksinasi Covid-19 dosis kedua sudah mencapai 79 persen. Selain itu, Johnny mengatakan, seiring normalnya aktivitas masyarakat, pemerintah terus mendorong pemulihan perekonomian nasional. 

Karena itu, Johnny mengatakan, semangat persatuan yang digagas Boedi Oetomo masih relevan untuk dikontekstualisasikan dalam kehidupan berbangsa saat ini, termasuk kebangkitan dari krisis pandemi Covid-19. “Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini hendaknya tidak kita maknai sebagai seremonial saja. 'Ayo Bangkit Bersama', bentuk seruan agar kita bisa bangkit bersama dari pandemi Covid-19 yang sudah melanda dua tahun terakhir," kata dia.

Seruan ‘Ayo Bangkit Bersama’ juga disuarakan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, Harkitnas 2022 dapat menjadi pelecut untuk bangkit dari dampak akibat pandemi Covid-19. 

photo
Anggota Aliansi Mahasiswa Nusantara menggunakan pakaian adat bersama warga dan pedagang mengadakan peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) di Pasar Beringharjo, Yogyakarta, Jumat (20/5/2022). - (Wihdan Hidayat / Republika)

Khofifah berharap Jawa Timur menjadi motor berbagai kebangkitan, terutama bagian dari pemulihan ekonomi, baik secara nasional maupun dunia. "Harapannya ini juga akan membangun kemajuan dari cita-cita kemanusiaan, memajukan harkat, martabat, nusa dan bangsa," ujar dia.

Sementara itu, juru bicara Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak, mengatakan, menhan mengajak masyarakat untuk menjaga semangat nasionalisme di tengah tantangan yang makin kompleks.

Prabowo yakin bahwa Indonesia yang maju, adil dan makmur hanya dapat diwujudkan jika semua anak bangsa saling bergandengan tangan, bersatu, berlomba-lomba berbuat yang terbaik untuk bangsa dan negara.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Penyakit Manusia Paling Buruk

Alquran telah merekam penyakit kaum Nabi Luth dengan berbagai istilah keburukan, baik bagi perbuatannya maupun pelakunya.

SELENGKAPNYA

Iklan Kuota Kurban Terbatas

Setiap informasi dan konten iklan harus jujur dan tidak boleh ada manipulasi atau kebohongan.

SELENGKAPNYA

Kesucian Jiwa

Setelah jiwa kita bersih dari kotoran, kita harus mengisinya dengan kebaikan.

SELENGKAPNYA