Petugas memakamkan jenazah pasien positif Covid-19 di lokasi pemakaman Covid-19 TPU Pasir Putih, Depok, Jawa Barat (21/6). Penyebaran dan penularan Covid-19 di Kota Depok, Jawa Barat mengalami peningkatan yang cukup drastis. Satgas Penanganan Covid-19 Kot | Prayogi/Republika.

Bodetabek

13 May 2022, 05:01 WIB

Depok Siapkan Lahan Permakaman Baru di Sawangan 

Pemerintah Kota Depok berkomitmen menyiapkan permakaman yang layak.

DEPOK — Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) Kota Depok saat ini sedang menyiapkan lahan baru untuk tempat pemakaman umum (TPU) di Kelurahan Sawangan, Kecamatan Sawangan. TPU tersebut memiliki kapasitas 14 ribu liang lahat.

"Kami telah membuka lahan TPU baru di wilayah Sawangan dan insya Allah bisa digunakan tahun ini," ujar Kepala Disrumkim Kota Depok Dudi Mi’raz di Balai Kota Depok, Kamis (12/5).

Menurut Dudi, lahan tersebut merupakan fasilitas sosial (Fasos) dan fasilitas umum (fasum) warga Perumahan Telaga Golf yang sudah diserahkan ke aset Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Depok. "Kami membuka lahan permakaman ini karena sudah menjadi aset yang diserahkan ke Pemkot Depok. Ini juga menjadi kebutuhan warga sekitar," ujarnya.

Ia menambahkan, lahan yang disediakan seluas kurang lebih empat hektare. Namun, yang sedang dimatangkan baru seluas satu hektare.

"Satu hektare bisa menampung sekitar 3.500 liang lahat. Sehingga jika kita memiliki empat hektare, liang lahat yang bisa tergali sebanyak 14 ribu liang lahat. Tiga hektare lainnya harus ada land clearing. Karena jenis tanahnya tidak merata. Untuk kapasitas, kami rasa masih cukup dan aman untuk warga Kota Depok," ujar Dudi. 

photo
Petugas Tempat Pemakaman Umum (TPU) mengikuti lomba gali kubur di TPU Pondok Rajeg, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (29/3/2022). Kegiatan yang diadakan Pemerintah Kabupaten Bogor tersebut sebagai bentuk apresiasi kepada petugas gali kubur yang ikut berjuang selama pandemi COVID-19. - (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Lahan permakaman itu merupakan lahan makam baru ke-14 yang dikelola Pemkot Depok. Sebelumnya, pihak Telaga Golf juga telah melaksanakan tasyakuran pembukaan lahan TPU baru. "Wali Kota Depok Mohammad Idris hadir langsung bersama unsur lainnya saat tasyakuran," ujar Kepala Disrumkim Kota Depok Dudi Mi’raz di Balai Kota Depok, Kamis (12/5).

Menurut Dudi, lahan permakaman itu berada di wilayah Telaga Golf Sawangan. Kendati demikian, tempat pemakaman ini nantinya akan dibuka untuk seluruh warga Kota Depok.

"Sebelumnya, ada desakan dari warga Telaga Golf untuk memanfaatkan lahan ini sebagai TPU. Kebetulan lahan ini merupakan fasilitas sosial dan fasilitas umun warga Telaga Golf yang sudah diserahkan ke aset Badan Keuangan Daerah (BKD)," katanya.

Dudi menambahkan, meskipun lahan makam ini seluas empat hektare, yang sedang dimatangkan baru seluas satu hektare dan akan digunakan pada 2022 ini. "Insya Allah tahun ini sudah bisa digunakan. Saat ini masih tahap pematangan atau perataan tanah. Mudah-mudahan bisa segera selesai, agar bisa dimanfaatkan," katanya. 

 
';

Manchester City Dekati Gelar Juara

Guardiola mengatakan Manchester City hanya perlu empat poin untuk menjadi juara.

SELENGKAPNYA

PLTGU Riau Resmi Beroperasi

Menteri ESDM: PLTGU Riau bakal meningkatkan keandalan listrik di Sumatra. 

SELENGKAPNYA

Bio Farma Bentuk Bio-Health Fund

Bio-Health Fund yang dikembangkan Bio Farma akan mendanai pengembangan startup biotek dan layanan kesehatan.

SELENGKAPNYA
×