Pasar Ciputat di Tangerang Selatan terbakar | Youtube

Bodetabek

12 May 2022, 13:43 WIB

Sumber Api Kebakaran Pasar Ciputat dari Tiang Listrik 

Kerugian akibat Pasar Ciputat terbakar diprediksi mencapai ratusan juta rupiah.

TANGERANG SELATAN — Polsek Ciputat Timur melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) di titik kebakaran Pasar Ciputat, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Banten yang terjadi pada Rabu (11/5/2022) petang.

Kesimpulan dari hasil olah TKP tersebut yakni sumber api berasal dari tiang listrik yang mengalami arus pendek. "Sumber api dari tiang listrik. Enggak (dari lapak). Itu kan ada tiang listrik, kemudian stop kontak yang dibikin langsung ke listrik dari kabel, nyolong listrik lah bahasanya, enggak tahu siapa yang bikin aliran di situ jadi banyak kabel," tutur Kapolsek Ciputat Timur Kompol Yulianto saat dihubungi, Kamis (12/5/2022). 

Kondisi tiang listrik yang menjadi sumber api muncul dalam kebakaran tersebut dicekoki banyak kabel. Sehingga beban listrik menumpuk dan menimbulkan energi panas, hingga muncul percikan api hingga akhirnya api merembet dan menghanguskan seratusan lapak pedagang di TKP. 

"Satu tiang itu kabel kemana-mana, biasanya kalau pasar tuh listriknya kan kemana-mana. Kabelnya kabel kecil lagi, bukan standar PLN," jelasnya. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Humas Kota Tangsel (humaskotatangsel)

Yulianto menegaskan, berdasarkan olah TKP yang dilakukan bisa disimpulkan penyeban dari kebakaran Pasar Ciputat yang berlokasi di Jalan Haji Usman RT/ RW 01/01, Kelurahan Cipayung, Kecamatan Ciputat, Tangsel itu lantaran arus pendek atau korsleting listrik. "Kesimpulannya korsleting listrik karena memang bebannya enggak kuat," tegasnya. 

Kebakaran Pasar Ciputat terjadi pada Rabu (12/5) sekira pukul 16.15 WIB. Sebanyak 19 unit pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api yang berhasil dipadamlan selama dua jam. Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Tangsel mencatat ada 100 lapak pedagang serta 10 rumah warga yang hangus akibat kebakaran tersebut.

Pasar Ciputat, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), mengalami kebakaran Rabu (11/5) sore. Diduga si jago merah meluluhlantakkan sejumlah lapak daging dan sayuran seluas 500 meter persegi. 

"Yang terbakar ini keseluruhannya lapak sayur dan daging Pasar Ciputat. Luasnya sekitar 500 meter persegi," ujar Komandan Regu Posko Cireundeu Damkar Tangsel Ade Budiawan saat ditemui di lokasi kejadian, Rabu (11/5). 

Ade mengatakan, pihaknya mendapatkan informasi kebakaran sekitar pukul 16.14 WIB. Tim pemadam kebakaran lantas bergegas menuju TKP sekitar pukul 16.30 WIB. 

"Jumlah mobil pemadam kebakaran yang dikerahkan sebanyak 15 unit. Dari Tangsel 10 unit, bantuan dari DKI Jakarta empat unit, dan satu unit dari Depok. Kendala yang dialami jalan sempit masuk ke lokasi," katanya. 

Pantauan Republika, hingga pukul 18.00 WIB, api masih tampak membara di TKP, asap pun mengepul ke udara. Sejumlah warga terlihat menyelamatkan barang-barang miliknya dan masyarakat yang menyaksikan proses pemadaman pun tampak ramai. Garis polisi dipasang di TKP.  

"Masih dalam proses pemadaman, baru sekitar 80 persen. (Kesulitan dalam proses pemadaman), yaitu api besar dan bahan bangunan mudah terbakar (umumnya terbuat dari kayu)," katanya. 

Terkait penyebab dari kebakaran tersebut masih ditelusuri. Adapun ada atau tidaknya korban jiwa maupun korban luka-luka masih belum terdeteksi. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by CIPUTAT 24 JAM (ciputat24jam.id)

';

CdM: Potensi Emas Perdana Indonesia di SEA Games Tertunda

Timnas Indonesia ditargetkan meraih banyak medali emas dalam Sea Games di Vietnam

SELENGKAPNYA

Penjabat Kepala Daerah Munculkan Kerumitan Hukum dan Etika

Potensi kerumitan penunjukan Penjabat Kepala Daerah bakal muncul di publik lantaran tidak ada aturan teknis.

SELENGKAPNYA

Telkom Bukukan Pendapatan Rp 35,2 Triliun 

Kinerja anak usaha Telkom juga mengalami pertumbuhan positif pada kuartal I 2022.

SELENGKAPNYA
×