Pemain Liverpool Takumi Minamino (kiri) mempertahankan bola yang dibawanya yang akan direbut pemain Norwich City Dimitris Giannoulis dalam pertandingan Liga Inggris, di Stadion Anfield Liverpool, Inggris, pada Rabu 2 Maret 2022. | AP/Jon Super

Olahraga

12 May 2022, 12:33 WIB

Klopp Sanjung Mentalitas Pemain Liverpool

Kemenangan 2-1 itu sekaligus menjaga peluang Liverpool untuk terus bersaing dalam perebutan gelar juara Liga Inggris musim ini.

BIRMINGHAM -- Tidak butuh waktu lama bagi Liverpool untuk bisa bangkit setelah kehilangan dua poin karena ditahan imbang Tottenham Hotspur, 1-1, akhir pekan lalu. The Reds langsung kembali ke jalur kemenangan dengan raihan tiga angka dalam lawatan ke markas Aston Villa di laga tunda Liga Primer Inggris, Rabu (11/5) dini hari WIB.

Kemenangan 2-1 itu sekaligus menjaga peluang the Reds untuk terus bersaing dalam perebutan gelar juara Liga Inggris musim ini. Mengantongi koleksi poin yang sama dengan Manchester City yang duduk di puncak klasemen sementara dengan raihan 86 poin, Liverpool hanya tertinggal jumlah selisih gol dari juara bertahan Liga Inggris tersebut.

Terlepas dari satu laga sisa yang masih dikantongi the Citizens, Liverpool setidaknya masih bisa memberikan tekanan kepada City dalam perburuan gelar Liga Primer Inggris musim ini. Tidak hanya soal bertahan di perburuan titel Liga Inggris, pelatih Liverpool Jurgen Klopp menyebut kemenangan ini menjadi bukti ketangguhan karakter dan mentalitas para penggawa the Reds.

Kebobolan pada menit ketiga laga via gol Douglas Luiz, Liverpool langsung membalas dengan gol Joel Matip pada menit keenam. Tandukan Sadio Mane memanfaatkan umpan lambung Luis Diaz akhirnya menjadi gol kemenangan the Reds di laga ini. Karakter dan mentalitas inilah yang perlu dipertahankan Liverpool pada empat laga sisa pada musim ini.

''Jika bukan karena mentalitas, karakter, dan kualitas yang dimiliki para pemain, kami tidak akan berada di posisi sekarang ini. Kini, dari laga ini, satu-satunya pilihan buat kami adalah untuk terus bertahan di jalur ini pada akhir musim ini,'' tutur Klopp, seperti dilansir laman resmi klub, Rabu (11/5).

Pelatih asal Jerman itu merujuk pada keberhasilan the Reds untuk terus bertahan dan menjaga peluang meraih titel juara di tiga kompetisi berbeda. Setelah memastikan raihan trofi Piala Liga Inggris, Liverpool berpeluang menambah koleksi tersebut dengan raihan trofi Piala FA, titel juara Liga Champions, dan mahkota juara Liga Inggris.

Klub asal Merseyside itu masih memiliki potensi menjadi tim pertama pada sepanjang sejarah yang meraih empat trofi sekaligus dalam satu musim kompetisi (quadruple) pada musim ini. Sayangnya, ada sedikit kekhawatiran terselip dalam momen kebangkitan the Reds ini.

Kekhawatiran itu tertuju pada cedera hamstring yang dialami gelandang bertahan asal Brasil, Fabinho. Hanya tampil selama setengah jam di Stadion Villa Park, Fabinho terpaksa ditarik keluar karena cedera.

Gelandang berusia 28 tahun itu diragukan untuk bisa tampil di kesempatan pertama the Reds untuk menambah koleksi trofi pada musim ini, tepatnya saat menghadapi Chelsea di babak final Piala FA yang dihelat di Stadion Wembley, akhir pekan ini.

''Saya tidak tahu, dia merasakan sakit di bagian otot. Dia mungkin merasa positif, tapi saya tetap tidak yakin dengan kondisinya. Saya masih harus menunggu hasil laporan (tim medis),'' ujar Klopp.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Liverpool Football Club (liverpoolfc)


Amunisi Baru Manchester City Itu Bernama Erling Haaland

Saat Manchester City mengalahkan Dortmund musim lalu, Erling Haaland mampu melewati Ruben Dias.

SELENGKAPNYA

Mereka Mendaftar Haji dengan Uang Receh

Haji adalah dambaan banyak Muslim di banyak negeri.

SELENGKAPNYA

Rowing Bersinar di SEA Games 2021

Kontingen rowing Indonesia di SEA Games 2021 Vietnam menyelesaikan hari yang sukses.

SELENGKAPNYA
×