lily Chodidjah Wahid (kanan) | Republika/ Tahta Aidilla

Khazanah

Innalillahi, Tokoh NU Lily Chodidjah Wahid Wafat

Lily Chodidjah Wahid merupakan sosok teladan

JAKARTA — Kabar duka datang dari keluarga besar Nahdlatul Ulama (NU). Salah seorang tokoh organisasi masyarakat (ormas) Islam tersebut, Nyai Hajjah Lily Chodidjah Wahid, berpulang ke Rahmatullah pada Senin (9/5). Cucu pendiri NU Hadratus Syekh Hasyim Asy’ari itu diketahui wafat sekitar pukul 16.28 WIB di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional dr Cipto Mangunkusumo, Jakarta.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Antara kemarin, jenazah putri pahlawan nasional KH Abdul Wahid Hasyim itu disemayamkan di rumah alamat West Covina Blok SH 6/31, Kota Wisata Cibubur, Bogor, Jawa Barat. Dari rumah duka, jenazah akan dimakamkan di kompleks Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, pada hari ini.

Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Ahmad Fahrur Rozi menyampaikan belasungkawa atas wafatnya tokoh perempuan Nahdliyin tersebut. Menurut dia, adik presiden keempat RI KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) itu merupakan sosok teladan. Sifatnya yang pemberani serta berprinsip menjadi contoh bagi generasi muda, khususnya di kalangan NU.

photo
Lily Chodidjah Wahid (kanan) 

“Beliau tokoh perempuan yang mewarisi semangat keluarga Gus Dur, pemberani, hangat, menyenangkan, terus terang, serta mudah bergaul dengan siapa pun. Jadi, kita semua sangat merasa kehilangan,” ujar kiai yang akrab disapa Gus Fahrur itu saat dihubungi Republika, Senin (9/5) malam.

Ibarat buah jatuh tak jauh dari pohonnya. Koordinator Bidang Dakwah Fatayat NU Miftahul Jannah mengatakan, keteladanan yang ditunjukkan Hj Lily Wahid di sepanjang hayatnya mencerminkan didikan keluarga ulama besar.

“Kami semua turut berdukacita atas wafatnya salah satu tokoh perempuan Indonesia, Hj Lily Chodidjah binti A Wahid Hasyim. Semoga almarhumah husnul khatimah, diterima amal ibadahnya oleh Allah,” ujar Miftahul kepada Republika, kemarin.

Lily Chodidjah Wahid lahir di Jombang pada 4 Maret 1948. Di dunia politik, almarhumah pernah menjabat sebagai wakil ketua Dewan Syuro DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Periode 2009-2014, Lily menjadi anggota DPR RI Komisi I.

 

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Ekonomi Kian Pulih

BPS mencatat aktivitas produksi, konsumsi, dan investasi mengalami peningkatan.

SELENGKAPNYA

Presiden Targetkan Tiga Besar di SEA Games

Tim Indonesia yang akan berpartisipasi dalam gelaran SEA Games tahun ini berjumlah 499 atlet yang terdiri dari 313 atlet putra dan 186 atlet putri.

SELENGKAPNYA

Minyak Goreng Hingga Bensin Kerek Inflasi

Tingginya angka inflasi pada April memberikan sentimen negatif terhadap kurs rupiah.

SELENGKAPNYA